Youth Today: Kupas Tuntas Karier 101 bersama AIESEC in Surabaya

Youth Today: Kupas Tuntas Karier 101 bersama AIESEC in Surabaya
info gambar utama

Sabtu (24/10) lalu, AIESEC in Surabaya menggelar webinar Virtual Youth Today dengan mengusung tema “Developing soft skills useful for future career”. Webinar ini bertujuan untuk menyusun rencana masa depan melalui networking dan mengembangkan soft skills pada setiap individu.

Berlangsung selama tiga jam, acara ini berhasil dihadiri oleh 250+ delegasi yang tersebar di seluruh Indonesia serta dari berbagai latar belakang. Mulai dari pelajar, mahasiswa, pelajar, hingga para fresh graduates.

Dua pembicara yang hadir dalam kegiatan webinar ini merupakan Alumni dari AIESEC. Pertama adalah Nindya Paisan selaku at PT. Alto Network, kedua ialah Fandi Prathama, Digital Marketing Manager at Zilingo.

Pembicara pertama, Nindya Paisan memaparkan materi mengenai pentingnya soft skill untuk karir di masa depan. Menurutnya, hard skill dan soft skill mempunyai peran yang berbeda-beda, tetapi harus saling melengkapi dan berbanding lurus.

Beberapa kemampuan dasar yang harus dimiliki setiap orang antara lain Leadership dan Networking. Skills tersebut bisa dikembangkan dengan mengikuti organisasi, kompetisi, kerja paruh waktu, dan sebagainya.

Sesi selanjutnya diisi oleh Fandi Prathama yang merupakan Alumni AIESEC Surabaya. Fandi menyampaikan materi mengenai cara merancang karier 101.

Karier merupakan perjalanan hidup manusia dalam menjadi modal untuk bertahan hidup. Apalagi menurut data Badan Pusat Statistik setiap tahunnya jumlah pencari kerja meningkat sebanyak 50%

Fandi juga berbagi pengalaman selama Ia bekerja di Thailand. Menurutnya pengalaman internasional sangat diperlukan untuk menunjang karier.

“Dengan kita mengeksplor dunia, kita dapat mempelajari bagaimana hidup di luar zona nyaman, ” ujarnya.

Dalam webinar ini, juga diadakan sesi talkshow yang dibawakan oleh dua narasumber serta dipandu oleh Pauline Ciuputri selaku National IR Coordinator OGT AIESEC in Indonesia. Talkshow ini berlangsung selama 40 menit dan mengangkat isu pentingnya networking dan softskills.

Di sesi ini Fandi menjelaskan bahwa skills yang berlaku untuk beberapa tahun ke depan adalah kreativitas, komunikasi, kolaborasi, adaptasi, dan kecerdasan emosional. Nindya juga menekankan bahwa membangun jaringan sangatlah penting untuk karier di masa depan, dengan memperluas pertemanan kita dapat belajar banyak hal.

Kegiatan ini ditutup oleh Life Plan Simulation yang dibawakan oleh Nindya Paisan. Dalam sesi ini, Nindya memperlihatkan beberapa life plan dari beberapa peserta webinar yang telah dikirimkan saat mendaftar webinar ini.

Nindya juga mengajak peserta webinar untuk menceritakan perjalanan hidup mereka serta pencapaian apa yang akan mereka impikan.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini