"Tirta", Gim Buatan Indonesia yang Bisa Dimainkan di PlayStation 5

"Tirta", Gim Buatan Indonesia yang Bisa Dimainkan di PlayStation 5
info gambar utama

Industri video gim di Indonesia tengah menanjak. Pada era teknologi yang sedang berkembang pesat seperti saat ini, bermain video gim yang awalnya hobi menjadi ladang mendulang kesuksesan.

Terkait kesuksesan di dunia video gim, si penghobi bisa memilih sejumlah profesi dan yang paling sering ditemui dewasa ini ialah menjadi atlet esports. Ada yang berambisi level profesional, tetapi ada pula hanya sekadar menjadi content creator di kanal Youtube.

Selain menjadi atlet esports, juga ada yang memilih terjun sebagai pembuat video gim. Menjamurnya sekolah tinggi yang menyediakan jurusan pendidikan teknologi video gim menjadi salah satu alasannya. Dari situ, tangan-tangan putra bangsa yang kreatif mampu menciptakan video gim “Made in Indonesia”.

Sejauh ini sudah banyak pengembang video gim di Indonesia yang sudah produktif dan mencuri perhatian dunia internasional. Coba lihat video gim “Dreadout” yang dikembangkan Digital Happiness, perusahaan video gim asal Bandung, Jawa Barat. Pada 2014, video gim bertemakan horor ini mendapatkan review yang baik dari Youtuber ternama, Felix Kjellberg alias PewDiePie.

Namun, "Dreadout" bukanlah video gim Indonesia yang pertama meraih hasil manis di kancah internasional. Sebelumnya pada 2010, Agate – perusahaan video gim yang juga dari Bandung – mendulang kesuksesan lewat gim "Earl Grey and This Rupert Guy". Kala itu gim tersebut diunduh secara global oleh sebanyak satu juta orang dalam sepekan setelah diluncurkan.

Cover video gim
Cover video gim "Tirta". Sumber: Sea.IGN.com

Agate awet berkreasi. Produktivitasnya di dunia video gim tetap berjalan pada masa pandemi Covid-19 atau virus corona. Mengingat PlayStation 5 (PS5) rilis pada November 2020, video gim buatan Agate berjudul "Tirta" pun dikabarkan bisa dimainkan di konsol terbaru perusahaan elektronik Sony tersebut.

"Tirta", Jagoan Pengendali Air

Agate membuat gim "Tirta" yang bergenre adventure atau petualangan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata "tirta" berarti air. Lain lagi dalam bahasa Bali, "tirta" memiliki artian yang lebih lengkap yakni air suci yang sudah dimohonkan dan diberkati oleh Tuhan.

Dari namanya saja sudah memberikan petunjuk kalau gim satu ini berhubungan dengan elemen air. Mengenai itu bisa dilihat dari trailer gim "Tirta" di mana sang jagoan memiliki kemampuan serangan jarak jauh yang mengandalkan teknik elemental mengendalikan air ketika melawan musuh-musuhnya.

Penggemar gim franchise "Legend of Zelda" dipastikan akan familier pada "Tirta". Konsep dan fiturnya sedikit sama dengan gim populer itu, tetapi dibumbui dengan nuansa ke-Indonesia-an yakni unsur budaya Bali. Juga jangan lupa, gim "Tirta" jagoannya adalah perempuan - yang merupakan seorang pendeta wanita - dan ini mengingatkan pada film Studio Ghibli berjudul Princess Mononoke (1997).

Perjalanan sang jagoan melibatkan ritual sakral dan kuno yang harus dia selesaikan. Ada unsur kampanye menjaga lingkungan dalam gim ini, karena jagoannya mesti menghadapi kerusakan buatan manusia yang menjadi ancaman bagi banyak makhluk mitos dan makhluk yang menghuni tanah.

Sang jagoan akan menghadapi bos raksasa dan segudang monster kecil, melawan mereka dengan seni bela diri dan kemampuan elemen alam. Misi lainnya adalah pemain dapat menjelajahi pulau kuno, memecahkan teka-teki lingkungan, dan mengungkap pengetahuan permainan melalui pahatan batu yang tersembunyi di seluruh negeri.

Menembus Konsol PS5

PlayStation 5 siap memanjakan gamers mulai akhir tahun 2020. Beberapa pengembang gim sudah menyediakan amunisi hasil kreasi mereka untuk dimainkan di konsol yang dihargai Rp 6 hingga 7 jutaan itu.

Agate tentu sudah mengambil ancang-ancang lewat "Tirta" mengikuti peluncuran konsol next gen PS5 yang tersedia di pasaran. Dikutip GNFI dari IGN, sayangnya "Tirta" belum bisa dimainkan dalam waktu dekat ini. Kawan GNFI yang doyan ngegim mesti bersabar karena "Tirta" baru akan diluncurkan pada 2022 mendatang.

Cover gim
Sumber: Agate Games

Sudah dipastikan "Tirta" yang merupakan proyek terbaru Agate bisa dimainkan di PS5. Tak hanya di PS5, "Tirta" juga bisa dijajal di PC dan konsol lain seperti Nintendo Switch dan Playstation 4.

---

Referensi: Sea.IGN.com | Agate.id

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini