Diklaim Terbaik se-Jawa Barat, Akan Ada Pulau Nusa Kelapa di Garut

Diklaim Terbaik se-Jawa Barat, Akan Ada Pulau Nusa Kelapa di Garut
info gambar utama

Sebuah destinasi wisata baru akan segera diresmikan. Destinasi tersebut bernama Situ Bagendit, berada di sebuah perairan di Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, 4 kilometer dari pusat kota Garut. Kawasan Situ Bagendit ini akan direvitalisasi dan akan dijadikan sebagai kawasan wisata kelas dunia.

Kejelasan mengenai dimulainya proyek ini juga terlihat dari penandatanganan kontrak antara pihak Balai Prasana Permukiman Wilayah Jawa Barat (Jabar) dengan pihak PT Adhi Karya (Persero) Tbk. sebagai kontraktor pelaksana penataan pada kawasan Situ Bagendit.

Kontrak juga disaksikan oleh Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat, Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR RI Danis Hidayat Sumadilaga, dan Rudy Gunawan selaku Bupati Garut melalui daring, pada Senin (26/10) lalu.

Gambar proyek Situ Bagendit Garut, Jawa Barat | Foto: ridwankamil/Twitter
info gambar

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga telah memastikan dimulainya proyek ini melalui unggahan Twitter miliknya, Selasa (3/11) lalu. Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan memulai merevitalisasi kawasan Situ Bagendit pada pekan depan.

“Akan dimulai minggu depan untuk dijadikan destinasi wisata terbaik di Jawa Barat. Program ini adalah follow up dari masukan Pemprov Jawa Barat kepada Pak Jokowi saat kunjungan kerja di Garut di awal tahun 2019,” tulis Ridwan Kamil pada cuitan Twitter-nya.

Disertai pembangunan Pulau Nusa Kelapa

Gambar proyek Situ Bagendit Garut, Jawa Barat | Foto: ridwankamil/Twitter
info gambar

Penataan Situ Bagendit memiliki nilai kontrak sebesar Rp81.172.754.000. Nantinya, akan ada banyak lingkup pekerjaan seperti pintu masuk dan parkir, area plaza, dermaga pariwisata, amphiteathre, pujasera, bangunan masjid serta bangunan penunjang lainnya.

Pada tahap pertama, lahan yang dibutuhkan seluas 3,5 hektare dengan pedestrian sepanjang 6,7 kilometer, juga pembangunan Pulau Nusa Kelapa seluas 2,3 hektare.

Proyek selesai dalam waktu 14 bulan

Gambar proyek Situ Bagendit Garut, Jawa Barat | Foto: ridwankamil/Twitter
info gambar

Pembangunan kawasan Situ Bagendit akan dilakukan selama 435 hari (kurang lebih 4 bulan). Namun mengutip TribunJabar, Ridwan Kamil mengharapkan pihak kontraktor dapat mengerjakan lebih cepat dari target dengan cara membuat 2 shift dalam satu hari karena pembangunan mayoritas berpusat pada landscape serta tak memerlukan kerumitan engineering.

Batas akhir pengerjaan proyek ini adalah 31 Desember 2021, sehingga pada libur akhir tahun 2021 wisatawan dapat segera menikmati destinasi yang diklaim terbaik di Jawa Barat ini.

“Insya Allah akhir tahun depan sudah bisa pangling untuk dipergunakan seluasnya untuk masyarakat. Doakan semoga lancar,” kata Ridwan Kamil dalam cuitan Twitter miliknya.

Sumber: Akun Twitter Ridwan Kamil | PikiranRakyat | GalaJabar | TribunJabar

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini