Audit Sertifikasi CHSE: Velodrome Jakarta Raih Nilai Memuaskan

Audit Sertifikasi CHSE: Velodrome Jakarta Raih Nilai Memuaskan
info gambar utama

Pandemi Covid-19 menjadi titik perubahan signifikan bagi kesadaran publik tentang kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan. Hal ini sangat berpengaruh terhadap upaya peningkatan kualitas layanan, dan produk di industri pariwisata Indonesia.

Pun bagi fasilitas-fasiltas atau venue sarana olahraga dan rekreasi "Jakarta International Velodrome" atau biasa disebut Velodrome Jakarta. Guna memastikan layanan prima bagi publik pengguna, aset Pemprov DKI Jakarta yang digunakan Asian Games 2018 ini memastikan diri diaudit sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Environment Sustainability) dari Kemenparekraf.

Proses audit diselenggarakan pada Kamis (10/12) lalu, untuk memenuhi panduan pelaksanaan CHSE pada penyelenggaraan kegiatan MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition) yang diterbitkan Kemenparekraf RI.

Daftar periksa yang dipenuhi oleh Velodrome Jakarta meliputi dimensi kebersihan (22 point), dimensi kesehatan (54 point), dimensi keselamatan (16 point), dan dimensi kelestarian lingkungan (13 point).

Velodrome Jakarta dikelola oleh BUMD Jakpro, memiliki lintasan balap sepeda bersertifikasi UCI (Union Cycliste Internationale)
info gambar

Velodrome Jakarta berhasil melalui proses audit dengan memenuhi seluruh aspek dimensi dengan total nilai 100 atau memuaskan. BUMD DKI Jakarta, PT Jakarta Propertindo (Perseroda) atau dikenal JAKPRO selaku pengelola venue, merawat dengan sangat baik seluruh fungsi-fungsi CHSE sarana olahraga yang berlokasi di Rawamangun, Jakarta Timur ini.

"Fasilitas balap sepeda kami mengantongi sertifikat dari UCI (Union Cycliste Internationale). Ini merupakan pengakuan terbaik dari badan dunia penyelenggara event bersepeda dan balap sepeda internasional," tutur Direktur Utama JAKPRO, Dwi Wahyu Daryoto di Gedung KONI Pusat.

UCI sendiri bermarkas di Aigle, Switzerland, memberikan sertifikat kelas dunia yang dapat dioptimalkan pemanfaatannya guna mencetak atlet-atlet berprestasi yang dapat membawa nama harum Indonesia.

Perwakilan pengelola Velodrome di lokasi, Raswandika Sutman berterima kasih kepada publik pengguna venue, terutama dalam masa pandemi ini yang berkenan menggunakan arena outdoor dengan mematuhi penuh protokol kesehatan Covid-19.

"Kami mengapresiasi kerja sama masyarakat pengguna mengikuti prosedur kami dari mulai mengisi formulir daring, ketentuan 3M dan spesifik ketentuan penggunaan sarana lapangan basket dan olah raga lainnya," ujarnya.

Di samping menyediakan ruang publik yang dapat diakses gratis, Velodrome Jakarta juga menyediakan venue untuk berbagai perhelatan, seperti konser musik, pameran, wisuda, bahkan dapat disulap menjadi arena ice-skating atau tematik lainnya.

Dari media sosial instagram @jakartainternationalvelodrome dapat diikuti kabar-kabar terbaru seputar kegiatan komunitas bersepeda, aktivitas kuliner food truck, hingga seni pertunjukan. Kawasan ini menerapkan konsep good event yang memerhatikan aspek kebersihan dan tata kelola sampah yang benar. Talkshow live dari lokasi secara online menjadi penghubung informasi terkini tentang Velodrome Jakarta, yang diselenggarakan setiap Jumat sore dengan topik-topik hangat.

Kehangatan komunitas setiap Jumat sebelum pandemi bertajuk
info gambar

Velodrome Jakarta merupakan salah satu quick win agenda transformasi venue-venue yang dikelola JAKPRO. Dengan standar tinggi CHSE, industri MICE di venue yang disebut-sebut para pesepeda Eropa dan Asia sebagai satu di antara 5 track terbaik dunia ini, siap menyambut kerja sama lintas negara.

Para operator MICE dan promotor musik dunia, serta partner-partner strategis internasional telah melirik untuk kemungkinan menjadikan Velodrome Jakarta sebagai bagian dari jejaring sportainment global.*

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini