Ciri Khas 6 Kopi Nusantara yang Mendunia

Ciri Khas 6 Kopi Nusantara yang Mendunia
info gambar utama

Siapa di antara Kawan yang hobi menyeruput kopi? Tahukah Kawan kalau Indonesia memiliki beragam kopi yang rasanya tidak kalah dengan kopi mancanegara?

Sebagai negara penghasil kopi yang berbagai varietasnya terkenal di dunia, Indonesia memiliki beragam jenis kopi di berbagai daerah. Berikut ini sederet kopi khas Indonesia yang mendunia. Yuk, cari tahu!

1. Kopi Luwak

Kopi Luwak
info gambar

Kopi luwak merupakan seduhan kopi yang dibuat menggunakan biji kopi dari sisa kotoran luwak atau musang kelapa. Tak dipungkiri bahwa biji kopi ini memiliki rasa yang khas. Kopi ini dihargai cukup mahal, bahkan termasuk kopi termahal di dunia.

Bukan tanpa alasan, harga mahal tersebut akan terbayar dengan rasanya yang khas dan sangat lembut. Faktor yang mempengaruhi harga kopi luwak adalah proses fermentasi yang unik dan tidak mudah dilakukan.

2. Kopi Jawa

Kopi Jawa
info gambar

Sejenis dengan kopi Arabika, Java Coffee atau Kopi Jawa merupakan kopi khas Indonesia yang juga terkenal di dunia. Kopi Jawa mulai diproduksi ketika pemerintah kolonial Belanda berada di Indonesia abad ke-17. Sampai saat ini, kopi Jawa masih menjadi salah satu produsen kopi yang terbesar di dunia.

3. Kopi Toraja

Kopi Toraja
info gambar

Kopi ini berasal dari daerah Toraja-Kalosi karena rasa khasnya seperti rasa tanah dan hutan. Proses pembuatan kopi ini cukup unik, yaitu setelah biji kopi dipetik, langsung diproses sehingga rasanya tak banyak berubah. Kopi Toraja ini juga sangat digemari masyarakat Jepang dan Amerika Serikat.

4. Kopi Gayo

Kopi Gayo
info gambar

Kopi yang berkembang sejak tahun 1908 ini berasal dari dataran tinggi Gayo di Aceh. Kopi Gayo cukup terkenal di dunia karena memiliki aroma dan kenikmatan yang khas. Dalam beberapa penghargaan, kopi Gayo berhasil menyabet prestasi sebagai kopi terbaik di dunia.

5. Kopi Wamena

Kopi Wamena
info gambar

Kopi Wamena termasuk kopi organik yang memiliki kualitas terbaik karena dataran Papua masih sangat subur sehingga menghasilkan kopi yang sangat baik.

Kopi Wamena memiliki aroma kopi yang harum, tekstur halus, dan rasa cukup manis. Beberapa menikmat kopi kerap menyandingkan kopi ini dengan kopi Jamaica Blue Mountain, yang merupakan kopi Arabika premium asal Jamaica.

6. Kopi Kintamani

Kopi Kintamani
info gambar

Kopi yang berasal dari Kintamani, Bali ini merupakan kopi organik yang menggunakan sistem pengairan tradisional. Kopi ini memiliki tekstur yang halus dan menciptakan rasa yang lembut di lidah.

Itulah 6 jenis kopi khas Indonesia. Setiap kopi tentunya memiliki ciri khas rasa dan proses pembuatan yang berbeda-beda. Yuk, konsumsi kopi-kopi di atas! Dengan begitu, Kawan juga mendukung perkembangan petani kopi di Indonesia. (YUR)

Referensi:FutureReady

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Kawan GNFI Official lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Kawan GNFI Official.

Terima kasih telah membaca sampai di sini