Siap Manjakan Lidah? Inilah 4 Rekomendasi UMKM Kuliner Indonesia

Siap Manjakan Lidah? Inilah 4 Rekomendasi UMKM Kuliner Indonesia
info gambar utama

Tak bisa dipungkiri, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) termasuk salah satu penggerak utama perekonomian nasional. Adanya potensi besar pada UMKM beberapa tahun belakang ini, membuat pemerintah giat memajukan UMKM. Namun, pemerintah tak bisa berjalan sendiri dan butuh dukungan dari masyarakat.

Ada banyak UMKM lokal yang menyediakan berbagai jenis produk. Salah satunya UMKM yang menjual ragam kuliner dengan kualitas terbaik. Tak hanya mengutamakan cita rasa, para pelaku UMKM juga mengemas produknya dalam bentuk instan atau siap masak dan dikonsumsi.

Berikut rekomendasi empat UMKM lokal dengan produk seputar kuliner yang bisa Kawan nikmati.

Boemboe Mandhe

Boemboe Mandhe © Instagram.com/boemboe_mandhe
info gambar

Boemboe Mandhe merupakan UMKM asal Batusangkar, Sumatra Barat yang berdiri sejak tahun 2014. Boemboe Mandhe hadir membawa kekayaan rempah dalam berbagai variasi bumbu masakan khas Padang. UMKM satu ini memberi kemudahan bagi siapapun dandi manapun untuk dapat menikmati cita rasa olahan Padang, melalui kemasan praktis dan efisien.

Seluruh produknya berasal dari rempah terbaik perkebunan alam Sumatra Barat yang terkenal subur dan berlimpah ruah rempahnya. Terbuat dari resep racikan turun temurun dari leluhur, pengolahan Boemboe Mandhe tidak menggunakan bahan pengawet, pewarna, maupun perasa buatan.

Boemboe Mandhe memiliki 13 varian bumbu, yakni bumbu rendang, bumbu serbaguna, bumbu soto, bumbu sate, bumbu bakar, bumbu gulai ayam, bumbu gulai ikan, bumbu cancang, bumbu opor, bumbu asam pedas, bumbu ayam kecap, bumbu ayam goreng, dan bumbu itiak lado hijau koto gadang.

Bumbu praktis ini bisa menjadi solusi ketika ingin memasak berbagai olahan. Apalagi, saat bepergian ke luar negeri, produk dari UMKM ini bisa mengobati kerinduan Kawan akan cita rasa nusantara. Boemboe Mandhe terus berkembang memasarkan produknya ke seluruh nusantara bahkan mancanegara, seperti Arab Saudi, Kuwait, Jepang, Korea, Australia, dan Malaysia.

Ladang Lima

Ladang Lima © Instagram.com/ladanglima.id
info gambar

UMKM lokal satu ini merupakan UMKM asal Surabaya, Jawa Timur yang berdiri sejak 2013. Ladang Lima berkomitmen untuk terus menyediakan produk makanan yang Healthy, Easy, and Gluten Free dengan menggunakan bahan baku tepung singkong lokal.

Ladang Lima memiliki makna “ladang” yang berarti tempat singkong bertumbuh, dan “lima” yang berarti lima manfaat sehat dalam tepung singkong. Produk Ladang Lima di produksi menggunakan teknologi modern dan proses yang higienis, serta menggunakan bahan baku berkualitas. Ladang Lima bukan sekadar melakukan bisnis, tetapi juga berkomitmen menghadirkan makanan sehat dan enak yang mudah dikonsumsi maupun dimasak.

Pemilihan bahan dasar singkong bukan tanpa alasan, hal ini karena tepung dari singkong mengandung gizi lebih baik dari tepung terigu dan gluten free. Ladang Lima juga berupaya mengurangi impor terigu dengan memanfaatkan jumlah singkong yang melimpah di Indonesia. Bahkan, para petani lokal menanam singkong secara alami tanpa pestisida sehingga tidak mencemari bumi.

Tak hanya tepung singkong, ada beberapa produk turunan lainnya, seperti mie sayur sehat (veggie noodle), tepung premix pancake, tepung bumbu serbaguna, cookies (blackmond, blackthins, pumpberry) dan pasta gluten free (cassava pasta fussili, mac and cheese, dan bolognese pasta).

Cemilin Cemilan Anti Miskin

Cemilin Cemilan Anti Miskin © Instagram.com/cemilincemilanantimiskin
info gambar

Cemilin Cemilan Anti Miskin merupakan UMKM lokal yang baru berdiri di awal tahun 2020 lalu. UMKM ini menyediakan makanan ringan khas Jawa Barat dengan ciri khasnya jajanan bercita rasa pedas, mengikuti selera kebanyakan masyarakat Sunda.

UMKM satu ini membuat produknya secara homemade. Produk makanan ringan di sini, memiliki banyak varian. Mulai dari pangsit goreng, makaroni meledag, cilok guyur, hingga tom yum suki. Makanan ringannya cocok menjadi teman makan nasi, mie, bakso, dan lainnya. Memasaknya pun sangat mudah, hanya perlu mengikuti cara yang tertera di kemasan.

Tak hanya itu, UMKM asal Pandeglang, Banten ini juga menghadirkan kemasan dalam bentuk frozen food sehingga dapat bertahan selama satu sampai dua minggu, dengan penyimpanan yang benar. Dengan begitu, produknya aman dikirim ke seluruh daerah di Indonesia.

Bukan cuma menyediakan makanan saja, Cemilin Cemilan Anti Miskin juga menyediakan minuman segar, seperti pie pie drink, minuman susu dengan sirup nanas atau mango sago, es mangga dengan tambahan susu, potongan asli buah mangga, mutiara sago, dan jelly.

Shojiru

Shojiru © Instagram.com/healthyshojiru
info gambar

Shojiru merupakan UMKM asal Bogor yang memulai usahanya pada tahun 2014. UMKM ini menyajikan minuman sehat botanikal dari bahan alami dan organik terbaik. Produk Shojiru bisa menjadi solusi untuk Kawan yang ingin memulai gaya hidup sehat.

Produknya diracik dari rempah alami pilihan, tanpa bahan pengawet, penguat rasa, dan pemanis buatan. Shojiru menggunakan gula merah (gula kelapa) dan kombinasi madu sebagai pemanis sehingga aman bagi penderita diabetes dan obesitas. Dengan menggunakan teknik pengemasan yang baik, produk Shojiru dapat bertahan lama selama masih tersegel dan sudah bersertifikat BPOM.

Shojiru menawarkan varian utama, yaitulemonade red ginger honey (minuman jahe merah dengan lemon dan madu). Ada pula varian lainnya, seperti citronnelle limoen (minuman sereh dan jeruk nipis), lemongrass red ginger juice (minuman jahe merah dengan sereh), cinnamon red ginger juice (minuman jahe merah dengan kayu manis), dan wedang uwuh.

Perpaduan antara jahe merah, buah lemon, kayu manis, sereh, gula kelapa, dan madu menjadi kombinasi tepat yang mampu menjaga imunitas tubuh, menyegarkan tubuh, dan menangkal berbagai penyakit. UMKM satu ini memasarkan produknya melalui tempat penjualan oleh-oleh, kantin rumah sakit, gerai produk herbal, minimarket, hingga supermarket yang tersebar di beberapa wilayah kota Bogor.

Lengkap sekali, ya, Kawan? Mulai dari bumbu masak, bahan masak, makanan, jajanan, hingga minuman semua tersedia di UMKM negeri ini. Yuk, manjakan lidah dengan produk terbaik mereka sekaligus mendukung keberadaan UMKM lokal. Kawan tertarik mencicipi yang mana?* (Comm)

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini