Honda Luncurkan PCX 160, Bukti Industri Manufaktur Indonesia Makin Menggeliat

Honda Luncurkan PCX 160, Bukti Industri Manufaktur Indonesia Makin Menggeliat
info gambar utama

Kawan GNFI, PT Astra Honda Motor (AHM) secara resmi meluncurkan All New Honda PCX dan All New Honda PCX e:HEV pada Jumat (5/2/2021), secara virtual. Produk baru honda ini menyajikan perubahan menyeluruh pada mesin, rangka, desain, dan fitur yang diklaim semakin canggih.

Ini membuktikan di tengah pandemi Covid-19 ini industri manufaktur semakin membaik secara ekonomi dengan tetap produktif merakit kendaraan-kendaraan baru. Kita sama-sama tahu, pandemi Covid-19 tahun lalu membuat industri manufaktur terjun bebas, baik secara penjualan maupun produksi.

Motor produksi anak bangsa ini menyasar pada pengguna skuter matik (skutik) yang menginginkan motor yang mampu memdongkrak sisi prestis, gaya hidup, maupun kenyamanan dalam berkendara dengan sematan teknologi anyar.

Wajar saja disebut prestis, harganya saja antara Rp30 juta hingga Rp40 jutaan. Lantas, apa saja kelebihan motor ini ketimbang generasi sebelumnya? Berikut ulasannya.

Mesin dan desain yang sepenuhnya baru

All New Honda PCX 160 secara umum dibekali mesin yang lebih bertenaga dengan kapasitas 160 cc 4-katup enhanced Smart Power plus (eSP+), serta memiliki teknologi minim gesekan dan dijanjikan bakal memiliki performa yang lebih meningkat ketimbang model pendahulunya.

AHM mengklaim jika skutik premium ini mampu memberikan kesempurnaan puncak saat dikendarai, baik untuk kebutuhan harian maupun jelajah (turing).

Motor juga diitunjang fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC), khusus pada tipe ABS dan e:HEV, yang tentunya memberikan rasa aman bagi pengendara saat melintasi jalan yang licin.

President Director AHM, Keiichi Yasuda, mengatakan bahwa selama satu dekade kehadirannya di Indonesia, skutik premium Honda PCX bakal terus memberikan nilai tambah, seperti kenyamanan berkendara dan cita rasa elegan bagi pengendaranya.

“Dilengkapi mesin terbaru 160cc dengan 4 katup eSP+, menjadikan All New Honda PCX series semakin nyaman dikendarai dalam berbagai situasi, baik di perkotaan maupun jarak jauh. Perubahan pada ukuran ban yang semakin besar juga mendukung skutik premium ini semakin nyaman dan tampil berkesan,” terang Yasuda dalam konferensi pers virtual tersebut.

Nah, dengan bekal mesin, desain, dan fitur mutakhir ini, All New Honda PCX 160 diharapkan dapat semakin melengkapi kesenangan berkendara bagi pencinta skutik premium, tekhusus bagi mereka yang menginginkan teknologi tinggi pada sebuah motor.

Sementara Executive Vice President Director AHM, Johannes Loman, menyebut bahwa apresiasi masyarakat pengguna motor di Indonesia terhadap model Honda PCX, menginspirasi perusahaan untuk terus mengembangkan model ini.

“All New Honda PCX series memiliki performa tinggi dan nyaman dikendarai di berbagai situasi. Hal ini diperkuat dengan komitmen kami kepada seluruh konsumen Honda di Indonesia untuk selalu memberikan layanan terbaik di jaringan penjualan dan servis yang tersebar di pelosok negeri, yang tetap memperhatikan protokol kesehatan” ujar Loman.

Honda PCX 160
info gambar

Spesifikasi mesin secara umum

All New Honda PCX 160 mengusung mesin generasi terbaru yang mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 11,8 kW pada 8.500 rpm dengan torsi puncak 14,7 Nm pada 6500 rpm.

Sementara untuk varian paling mahal, yakni All New Honda PCX e:HEV, dilengkapi dengan motor assist dan riding mode dengan pilihan mode normal (D) dan sport (S) untuk memberikan sensasi berkendara yang responsif dalam menghadirkan performa optimal.

Dalam mendukung performanya, All New Honda PCX 160 mampu mengonsumsi bahan bakar mencapai 45 km/liter. Pengetesan itu dilakukan melalui pengaktifan fitur ramah lingkungan Idling stop system (metode ECE R40) dengan metode pengetesan EURO-3.

Catatan penjualan motor Honda di tahun 2020

Jika membicarakan penjualan motor Honda di tahun lalu, pagebluk membuat penjualan sepeda motor turun drastis akibat pandemi Covid-19. Padahal, jika merunnut tahun-tahun sebelumnya, AHM adalah salah satu penguasa penjualan motor di Indonesia.

Sepanjang tahun lalu, AHM hanya mampu menjual 2,9 juta unit motor, atau turun 40,8 persen dari tahun sebelumnya (4,91 juta unit).

''Penjualan tahun 2020 sebesar 2.892.000 atau kita sebut 2,9 juta unit," kata Johannes Loman, pada pertengahan Januari 2021 lalu.

Lalu untuk 2021, Loman menyebut target penjualan AHM akan ditingkatkan sekira 10 persen dari 2020. Artinya jika pada 2020 berhasil menjual motor sebesar 2,9 juta unit, maka target 2021 kurang lebih 3,19 juta unit.

Pada November tahun lalu, Direktur Pemasaran AHM Thomas Wijaya juga bilang bahwa penjualan motor turun 40 persen, sesuai dengan penurunan market roda dua nasional.

Mengutip data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), pada 2019 penjualan motor mencapai 6,4 juta unit, kemudian pada 2020 drop menjadi 3,6 juta unit.


penjualan motor 2019-2020

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini