Bangga! Inilah 6 Animasi Karya Anak Bangsa Indonesia yang Mendunia

Bangga! Inilah 6 Animasi Karya Anak Bangsa Indonesia yang Mendunia
info gambar utama

Penulis: Thalitha Avifah Yuristiana

Akhir-akhir ini animo masyarakat terhadap animasi meningkat cukup drastis. Berbicara mengenai animasi, Disney buatan Amerika Serikat dan anime buatan Jepang akan melintas di kepala kita. Animasi karya Jepang mudah meraih popularitas. Sebut saja Attack of the Titan (AOT), Naruto, dan Detective Conan yang memiliki penggemar di Indonesia.

Namun, siapa sangka ternyata Indonesia juga memiliki sederet karya animasi yang berhasil mendunia dan tak kalah dari animasi buatan buatan Jepang. Yuk, intip hasil karya para animator Indonesia yang diakui oleh dunia internasional ini.

1. Kuku Rock You

Kuku Rock You
info gambar

Animasi ini menceritakan tentang seekor ayam kampung dari Indonesia yang terobsesi menjadi penyanyi rock bersama teman-temannya. Dalam perjalanannya untuk menjadi penyanyi rock internasional, gerombolan ayam tersebut kerap mendapat gangguan dari para kucing.

Tak tanggung-tanggung, animasi buatan Achmad Rofiq selaku managing director dari DGM Animation studio ini berhasil mendapatkan penghargaan Japan Asiagraph 2008. Wah, membanggakan, ya?

2. Si Juki The Movie

Si Juki The Movie
info gambar

Si Juki The Movie merupakan film yang diadaptasi dari komik dengan judul yang sama. Pada tahun 2017, film ini dibawa ke layar lebar oleh Kumata Studio. Film "Si Juki The MOvie" juga pernah meraih piala citra pada tahun 2018 dan pernah berkolaborasi bersama film Spongebob Squarepants dari Nickelodeon dalam ‘The SpongeBob Movie: Sponge on the Run 2020’.

Film ini bercerita tentang kehidupan sehari-hari Juki yang mendadak berubah semenjak meteor menyerang Indonesia. Seru!

3. Battle of Surabaya

Battle of Surabaya
info gambar

Battle of Surabaya merupakan judul film animasi 2D yang senantiasa jadi topik pembicaraan sejak diluncurkan pada tahun 2015. Film diproduksi oleh MSV pictures yang bercerita mengenai peristiwa bersejarah 10 November dan perjuangan para pahlawan nasional melawan penjajah saat itu.

Kini, film animasi tersebut juga dapat dinikmati dalam bahasa Inggris semenjak dirilis di Amazon pada tahun 2017 dengan judul "November 10th". Film animasi ini berhasil meraih penghargaan International Movie Trailer Festival 2013, Seoul International Cartoon and Animation Festival 2016, serta International Filmmaker Festival of World Cinema 2018.

4. Kiko and Friends

Kiko and Friends
info gambar

Satu lagi animasi yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Animasi tersebut berjudul "Kiko and Friends". Animasi ini bercerita mengenai petualangan dalam air karakter ikan mas koki yang bermutasi serta teman-temannya yang menarik diikuti.

Film ini diproduksi oleh MNC Animation pada tahun 2016 pernah mendapatkan penghargaan Asian Academy Creative Award 2019. Tak hanya itu, "Kiko and Friends" telah ditayangkan di lebih dari 56 negara di dunia.

5. Knight Kris

Knight Kris
info gambar

Film animasi yang diproduseri oleh Kurniawan Biantoro dan Johanes Paulus ini berhasil meraih penghargaan di Piala Maya 2017. Film ini juga mengikuti kompetisi Cartoon On Bay di Italia, London Independent Film Award di Inggris dan Calcutta Film Festival di India.

6. Candy Monster

Candy Monster
info gambar

Animasi ‘Candy Monster’ ini bercerita mengenai petualangan dari Chloe, anak berusia 6 tahun, ketika berhadapan dengan monster. Film yang diproduksi oleh UMN Pictures ini pernah tayang dalam Festival ke 60 di Ceko dan Chaniartoon International Comic and Animation Festival 2020.

Nah, itulah deretan film animasi karya anak bangsa Indonesia. Yang mana favoritmu, Kawan?

Referensi: Fix Indonesia | BeritaSatu

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini