Berkenalan dengan Produk Skincare Lokal Terpopuler

Berkenalan dengan Produk Skincare Lokal Terpopuler
info gambar utama

Skincare merupakan rangkaian produk kecantikan yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit. Produknya meliputi sabun pembersih wajah, pelembap, tabir surya, hingga serum untuk mengatasi masalah kulit spesifik, misalnya kulit kusam atau jerawat.

Beberapa tahun belakangan ini, produk perawatan kulit dari jenama lokal semakin diminati. Sebelumnya, kebanyakan produk skincare didominasi merek-merek luar negeri, termasuk Amerika Serikat, Jepang, dan Korea.

Secara kualitas, produk skincare lokal pun tak kalah baik dari merek luar negeri. Apalagi saat ini, pilihannya pun semakin beragam, dari segi formula hingga fungsinya yang menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna di Indonesia. Keunggulan lainnya adalah harganya rata-rata cukup terjangkau.

Meski namanya belum sebesar merek-merek internasional, skincare lokal tetaplah layak untuk dicoba karena dari berbagai testimoni pengguna pun mendapatkan tanggapan positif.

Nah, ada beberapa merek skincare lokal yang populer di Indonesia, berikut daftarnya:

Avoskin

Avoskin merupakan merek produk perawatan wajah yang didirikan oleh Anugrah Pakerti yang pernah menjadi salah satu CEO berpengaruh di Asia 30 Under 30 versi Forbes Merek Avoksin pertama kali dirilis tahun 2014 di bawah naungan PT. AVO Innovation & Technology.

Keunggulan dari produk-produk Avoskin ialah menggunakan bahan-bahan natural, alami, dengan kemasan ramah lingkungan. Tak hanya itu, mereka juga menggunakan bahan baku dari petani lokal di daerah Jawa dan Bali. Hingga tahun 2021, namanya makin dikenal masyarakat Indonesia.

Beberapa produknya yang paling populer antara lain Miraculous Refining Series, Retinol Series, Advance Action Eye Ampoule, Intensive Nourishing Eye Cream, The Great Shield Sunscreen, dan Perfect Hydrating Treatment Essence. Pada 26 April 2021, Avoskin juga berkolaborasi dengan brand kosmetik lokal BLP Beauty dengan meluncurkan produk Multipurpose Tinted Sunscreen.

Menurut data Compas, Avoskin berhasil menjadi brand skincare lokal terlaris di marketplace Shopee dan Tokopedia, dengan total penjualan sebesar Rp 5,9 Miliar selama periode 1-18 Februari 2021.

Skin Dewi

Perjalanan Skin Dewi dimulai ketika sang pendirinya, Dewi Kauw, melahirkan anak keduanya yang memiliki Atopic Dermatitis, yaitu munculnya ruam di seluruh tubuh dan terasa gatal serta memerah. Demi mengatasi kondisi kulit yang dialami anaknya, ia pun mencoba berbagai cara.

Sampai suatu saat, wanita lulusan teknik kimia University of Washington, Amerika Serikat, ini berada di Jerman. Di sana, ia melihat banyak produk yang menggunakan bahan organik, termasuk obat yang dijual di swalayan. Dari momen inilah, Dewi terpikir bahwa bahan organik mungkin bisa untuk mengobati kondisi kulit anaknya.

Sebelum terjun ke industri kosmetik organik, ia pun mengambil pendidikan organic skincare di Formula Botanica, School of Natural Sciences. Sampai akhirnya, lahirlah Skin Dewi yang mengandalkan bahan-bahan organik dalam setiap produknya.

Beberapa produk milik Skin Dewi antara lain Temulawak Balancing Emulsion, Ginkgo Biloba Firming Cream, Calendula Soothing Gel, Hazelnut Cleansing Milk, dan Vitamin C Treatment, Raspberry Cleansing Milk.

Sensatia Botanicals

Sensatia Botanicals merupakan brand skincare asal Bali yang menggunakan bahan-bahan alami, bebas kandungan SLS, halal, dan ramah lingkungan. Berbagai produknya diformulasikan khusus untuk mengatasi masalah kulit dan tipe berbeda.

Beberapa produk terkenal dari Sensatia Botanicals antara lain Facial Toner Acne Clarifying, Seastem Marine Essence, Rejuvenating Pomegranate Cleansing Oil, Clarifying Cica Sheet Mask, Kakadu Plum & Argan Botanical Eye Serum, Acne Clarifying Charcoal Mask, dan Sandalwood Dream Facial C Serum.

Somethinc

Di industri skincare tanah air, Somethinc ini termasuk pendatang baru. Produk pertama mereka rilis pada tahun 2019 dan berfokus pada permasalahan kulit yang banyak dialami wanita Indonesia. Mereka juga menggunakan bahan berkualitas tinggi, paraben free, dan cruelty free.

Beberapa produk paling populer dari Somethinc antara lain, HYALuronic B5, Niacinamide + Moisture Beet Serum, AHA BHA PHA Peeling Solution, Level 1% Retinol, Criously 24K Gold Essence, dan Game Changer Tripeptide Eye Concentrate Gel.

Meski terbilang masih baru, penjualan produk Somethinc tak main-main. Brand kosmetik ini menempati posisi ketiga dalam deretan skincare lokal terlaris pada periode 1-18 Februari 2021, yaitu meraih total penjualan sebesar Rp 8,1 Miliar.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini