Avanza Makin Tak Terbendung, Ini 10 Mobil Terlaris di Indonesia September 2021

Avanza Makin Tak Terbendung, Ini 10 Mobil Terlaris di Indonesia September 2021
info gambar utama

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) baru-baru ini merilis data bulanan penjualan mobil di Indonesia periode September 2021.

Berdasarkan data tersebut, penjualan dari pabrik ke dealer (wholesales) selama September 2021 meningkat 1 persen menjadi 84.113 unit dibanding Agustus lalu yang mencatat 83.319 unit.

Memang sangat tipis, tapi melihat penjualan tahun lalu di periode sama tumbuh sebesar 73,2 persen. Sehingga bisa dinyatakan aktivitas pabrik mulai berangsur pulih imbas pandemi Covid-19.

Dengan raihan tersebut, total kumulatif penjualan wholesales sepanjang Januari–September 2021 tercatat sebanyak 627.537 unit. Naik 68,7 persen dari pencapaian tahun sebelumnya sebesar 372.048 unit.

Kebijakan relaksasi pajak (PPnBM) masih memiliki andil besar dalam mendorong masyarakat membeli mobil baru. Masa pembebasan PPnBM terhadap pembelian mobil berkapasitas 1.500 cc ke bawah habis pada Agustus 2021. Tapi Kementerian Perindustrian ingin memperpanjangnya sampai akhir tahun dan sudah memberi rekomendasi ke Kementerian Keuangan.

Dengan penuh pertimbangan, pada akhirnya di pertengahan September 2021, pemerintah resmi mengeluarkan putusan untuk memperpanjang insentif terkait melalui PMK Nomor 120/PMK 010/2021.

"Perpanjangan insentif dilakukan untuk menstimulasi konsumsi masyarakat kelas menengah seiring dengan perkembangan positif penanganan pandemi Covid-19 sehingga diharapkan terus dimanfaatkan," ujar Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu Febrio Kacaribu.

"Bagi yang sudah melakukan pembelian di awal September 2021, dana sisanya akan dikembalikan (setelah dipotong PPnBm 100 persen)," lanjut dia, dikutip Kompas.com.

10 Mobil Terlaris di Indonesia Periode Agustus 2021, Avanza Geser Xpander

Avanza kembali jadi yang terlaris

10 mobil terlaris di Indonesia September 2021 | GoodStats
info gambar

Kabar terkait peluncuran model baru tampaknya belum berarti bagi penjualan Toyota Avanza. Dengan model yang sekarang, penjualan Avanza makin tak terbendung dengan kembali menjadi mobil terlaris setelah bulan sebelumnya juga menjadi pemuncak.

Sepanjang September 2021, Avanza berhasil mencatat penjualan 7.531 unit atau naik 1.319 unit dari bulan Agustus yang mencatat 6.212 unit.

Bertenggernya Avanza sebagai mobil terlaris memberi bukti bahwa penggemar multi purpose vehicle (MPV) masih tinggi. Pencapaian itu sekaligus menjawab keraguan akan hilangnya 'magis' mobil yang sudah laku sejak belasan tahun silam.

Pasar low sport utility vehicle (SUV) juga masih memiliki porsi bagi pasar otomotif Indonesia. Terbukti Toyota Rush mampu terdistribusi sebanyak 6.003 unit, yang menempatkannya sebagai runner-up pada September 2021.

Peringkat ke-3 diisi Daihatsu Sigra sekaligus mendapat predikat low cost green car (LCGC) terlaris dengan penjualan 4.576 unit.

Mitsubishi Xpander, Kompetitor Avanza yang beberapa bulan lalu sempat menjadi pemuncak harus terlempar ke posisi ke-7 dengan mencatat penjulaan 4.207 unit. Angka tersebut mengalami penurunan dari bulan sebelumnya yang mampu mencatat 4.925 unit.

10 Mobil Terlaris di Indonesia Periode Agustus 2021, Avanza Geser Xpander

Yang mengejutkan adalah absennya Honda Brio dari 10 besar mobil terlaris di Tanah Air. Penjualan Brio hanya mencatat 507 unit atau turun 1.862 unit dari sebelumnya 2.369 unit.

Merosotnya angka distribusi Brio bukan tanpa alasan, Honda menyebut produksi model andalannya itu terganggu dengan adanya krisis chip semikonduktor. Meski begitu, Honda menyebut kondisi kelangkaan berangsur-angsur memulih dan diharapkan distribusi Brio bisa normal kembali.

Secara keseluruhan, Toyota masih mendominasi merek paling laris dengan 7 mobil. Sisanya, Daihatsu dan Mitsubishi masing-masing mencatat 2 dan 1 mobil dalam daftar 10 mobil terlaris di Indonesia periode September 2021.

Jika dibedah lagi berdasarkan penyaluran mobil terbanyak (tidak termasuk mobil niaga kecil) sepanjang Januari-September 2021, Avanza masih menjadi penguasa dengan mencatat 46.271 unit. Kemudian posisi 2 dan 3 diisi Rush dan Brio dengan masing-masing mencatat 36.610 unit dan 34.790 unit. Tren positif diproyeksikan terus bergulir hingga akhir tahun ini karena pandemi mulai mereda.

Ekspor Mobil Buatan Indonesia Meningkat, Ini Mobil Paling Laris di Luar Negeri

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Iip M. Aditiya lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Iip M. Aditiya.

Terima kasih telah membaca sampai di sini