Mau Sukses Hadapi UTBK 2022? Ikuti 7 Tips Ini Agar Semakin Percaya Diri

Mau Sukses Hadapi UTBK 2022? Ikuti 7 Tips Ini Agar Semakin Percaya Diri
info gambar utama

Kawan yang saat ini duduk di tahun terakhir SMA, pasti sudah tidak sabar untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Untuk Kawan yang berencana mendaftar ke perguruan tinggi negeri (PTN), tentu harus ikut tes seleksi terlebih dahulu. 

Jika tidak lulus dari nilai rapor, UTBK SBMPTN atau Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah kesempatan yang bisa Kawan coba untuk masuk ke kampus negeri idaman. 

Sebelum kemungkinan pendaftarannya dibuka pada Februari 2022, Kawan tentu harus mulai menyiapkan diri dari sekarang. Apakah SBMPTN 2022 masih jauh? Tentu tidak. Jika Kawan disibukkan dengan tugas sekolah, belajar online, ekskul, dan berbagai aktivitas lainnya, tanpa terasa, UTBK sudah di depan mata. 

Lalu, apa saja yang harus Kawan lakukan supaya lebih siap menghadapi SBMPTN 2022 nanti? Yuk, simak beberapa tips berikut ini!

  • Menguatkan Tekad dan Menyusun Target

Hal pertama yang harus Kawan lakukan adalah menguatkan tekad dan target. Saat ini, sebaiknya Kawan segera dalami program studi dan universitas apa yang menjadi tujuan. 

Kawan bisa melakukan riset sederhana untuk mengetahui rata-rata skor UTBM atau passing grade dari jurusan dan PTN yang diminati. Setelah itu, jangan lupa buat target ya! 

Buat motivasi dan to-do-list apa saja yang harus dicapai dalam waktu sekian bulan. Lalu, pasang tulisan ini di tempat yang sering Kawan lihat, misalnya meja belajar, depan cermin, mading kamar, atau layar handphone agar selalu merasa termotivasi. 

  • Buat Strategi Jurusan dan PTN Idaman Berdasarkan Peluang

Setelah tahu keinginan Kawan, jangan lupa untuk riset lebih dalam mengenai segala informasi di jurusan dan PTN yang diincar. Ketahui skor rata-rata yang lolos di tahun sebelumnya, berapa kuota mahasiswa baru yang tersedia, berapa jumlah peminat, dan lain-lain. 

Lihat juga tren setiap tahun pada jurusan tertentu di suatu PTN. Pertama, ketahui dulu kisaran skor UTBK yang diperlukan untuk masuk prodi pilihan Kawan berdasarkan SBMPTN tahun lalu. Setelah tahu skornya, Kawan bisa menyusun strategi dalam mengerjakan soal, agar skornya bisa lolos dan besar kemungkinan diterima. 

Kedua, pilih jurusan pertama sebagai prioritas utama. Jika Kawan tidak lolos di pilihan 1, maka akan diseleksi di pilihan 2. Maka, Kawan perlu menempatkan prodi dengan kriteria lulusan skor tinggi di atas prodi yang skor lulusnya lebih rendah. Mengapa? Tentu agar saat pilihan 1 tidak lolos (artinya bisa jadi skor Kawan kurang tinggi atau karena banyak nilai peserta lain yang lebih bagus hingga memenuhi kuota), Kawan masih memiliki peluang di pilihan 2. 

Dengan pemetaan yang baik, Kawan dapat menimbang dimana posisi Kawan di antara para peserta SBMPTN yang lain. Mungkin saja, pilihan jurusan dan PTN Kawan berubah karena melihat peluang dan data pemetaan. 

  • Kumpulkan Informasi UTBK 2022 Sedetil dan Sebanyak Mungkin

Sebelum hari pelaksanaan ujian, perhatikan semua aturan dan ketentuan. Bisa jadi, ujian masuk PTN pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. 

Misalnya saja, pada UTBK 2020, mata ujian TKA ditiadakan sehingga yang diuji hanya TPS saja. Atau kelompok ujian dan mata uji, jadwal, serta sesi ujian pada UTBK 2019 dan UTBK 2020 yang berbeda. Umumnya, jadwal registrasi dan pengumuman ujian masuk PTN tiap tahun akan selalu ada perbedaan. 

Tak lupa, ketahui dokumen apa saja yang dibutuhkan pada saat pendaftaran hingga pelaksanaan. Jangan sampai hal-hal teknis yang sebenarnya simpel ini menghambat keberhasilan Kawan saat ujian nanti. 

  • Belajar Jangan Cuma Menghapal, Tapi Pahami Konsep

Dalam mengerjakan soal UTBK nanti, Kawan tidak cukup dengan hanya menghapal. Mengapa harus memahami konsep soal? Karena dengan mengetahui jenis atau tipe soal yang biasanya muncul, Kawan akan semakin kenal dengan polanya. 

Untuk beberapa soal juga tidak cukup hanya dengan menghapal. Misalnya tes ujian bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan TPA. Diperlukan pemahaman akan konsep dan jenis soal, agar Kawan lebih siap saat mengerjakan. 

Lalu, sebaiknya perbanyak soal dalam bentuk Higher Order Thinking Skill (HOTS). Pasalnya, soal HOTS akan membantu Kawan melakukan penalaran tingkat tinggi dari proses memahami konsep ilmu, tidak hanya menghapal saja.

  • Ikut Bimbel dan Gunakan Metode Belajar yang Paling Sesuai

Sebenarnya, ikut bimbingan belajar itu tidak wajib. Akan lebih baik jika Kawan sudah merasa mampu dan yakin dengan belajar mandiri. Namun, ada beberapa kelebihan dari bimbel yang harus Kawan ketahui. 

Baik dari bimbel online maupun konvensional, Kawan bisa memperoleh berbagai materi dan latihan soal yang mendekati ujian nanti. Selain itu, ada mentor yang siap membimbing serta memberikan strategi khusus dalam menjawab soal, sehingga akan lebih tepat sasaran. 

Terapkan juga metode belajar yang paling sesuai dan menyenangkan menurut diri pribadi Kawan. Misalnya metode Podomoro, mind mapping, dan lain sebagainya. 

  • Perbanyak Latihan Soal dan Ikut Try Out

Sudah banyak diketahui kalau soal UTBK memiliki pola yang tidak jauh berbeda setiap tahunnya. Maka, intensitas latihan soal yang tinggi akan membuat Kawan semakin yakin saat mengerjakan. 

Kawan bisa mengukur kemampuan sendiri dengan cara mengerjakan berbagai jenis soal, baik dari internet, tempat bimbel, atau buku persiapan ujian. Biasakan untuk menyimpan soal di handphone agar saat waktu tertentu yang luang, Kawan bisa iseng latihan mengerjakan.

Lalu, rajinlah ikut Try Out yang tersedia dimana saja. Mengapa? Try Out adalah soal yang diperkirakan sama bentuknya dengan ujian UTBK asli. Dengan memperbanyak ikut Try Out dan melihat nilainya, Kawan bisa lebih memperoleh bayangan untuk ujian nanti. 

  • Jaga Kondisi Tubuh Agar Tetap Prima

Setelah melakukan semua hal sebelumnya, yang tidak kalah penting adalah menjaga kondisi tubuh agar tetap fit. Istirahat yang cukup, minum banyak air putih, makan buah dan sayur, dan berolahraga. 

Ingat, tak hanya otak yang dioptimalkan tetapi juga harus memperhatikan kesehatan mental dan fisik. Rasanya, tidak lucu jika Kawan sudah sangat siap, namun tiba-tiba sakit saat hari pelaksanaan ujian. Tidak mau kan hal itu terjadi?

Nah, apakah Kawan sudah siap untuk menghadapi UTBK 2022 nanti? Jangan lupa menerapkan tujuh tips tadi ya!

Referensi:

Coba Terapkan: 4 Tips Jitu Agar Lolos UTBK-SBMPTN 2022 (akupintar.id)

Sukses Menghadapi UTBK, Ikuti 6 Tips Berikut Ini! - Ruang Mahasiswa

Ini Dia 5 Tips Belajar UTBK 2022 dalam Waktu Empat Bulan, Dijamin Lolos PTN Impian! | wirahadie.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini