9 Film Dokumenter Terbaik yang Mengangkat Isu Lingkungan, Bikin Makin Aware!

9 Film Dokumenter Terbaik yang Mengangkat Isu Lingkungan, Bikin Makin Aware!
info gambar utama

Isu terkait pemanasan global atau perubahan iklim telah menjadi perhatian masyarakat selama bertahun-tahun lamanya. Berbagai kampanye untuk meningkatkan kesadaran manusia akan lingkungan telah dilakukan. Salah satunya, dengan memberikan paparan edukasi sekaligus hiburan melalui film dokumenter.

Film dokumenter adalah film yang menggambarkan kehidupan nyata, mengenai manusia, hewan, maupun peristiwa yang terkait dengan lingkungan. Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga kelestarian bumi, beberapa sineas dan aktivis lingkungan berinisiatif untuk menciptakan karya yang dapat membuka wawasan para penonton. 

Berikut 9 film dokumenter terbaik yang wajib Kawan lihat agar semakin menyadari pentingnya menjaga lingkungan:

  • An Inconvenient Truth (2006)

An Inconvenient Truth adalah film dokumenter yang menceritakan kampanye mantan Wakil Presiden Amerika, Al Gore pada tahun 2000-an, untuk mengedukasi masyarakat tentang pemanasan global. Tayang perdana di Sundance Film Festival 2006, film ini meraih sukses besar, sampai memperoleh dua Academy Awards untuk Best Documentary Feature dan Best Original Song. An Inconvenient Truth juga banyak dipuji karena membuka kesadaran dunia internasional tentang pemanasan global. 

An Inconvenient Truth (2006) Official Trailer #1 - Al Gore Movie HD - YouTube

  • Blue (2017)

Blue mengisahkan tentang kehidupan laut yang sudah semakin berbahaya, karena disebabkan oleh perusakan habitat, penangkapan ikan skala besar, dan lain-lain. Film ini juga membahas bagaimana upaya pelestarian untuk menyelamatkan lautan dari polusi serta limbah. Penggambaran detail dan mendalam membuat Blue wajib ditonton untuk siapa saja yang peduli dengan makhluk hidup di bawah laut.

Blue Official Trailer - YouTube

  • Virunga (2014)

Film dokumenter berdurasi 1 jam 45 menit ini bertemakan hewan dan habitatnya. Bercerita tentang sekelompok orang yang berjuang untuk melindungi Taman Nasional Virunga di Kongo, rumah bagi gorila gunung, dari perang, perburuan, dan ancaman eksplorasi minyak. Film ini berfokus pada keindahan alam dan keanekaragaman hayati di Virunga, disertai suasana mencekam dan pengambilan gambar yang sinematik. Virunga memperoleh berbagai perhargaan, salah satunya Emmy Award untuk Outstanding Cinematography kategori program non-fiksi. 

Virunga Official Trailer 1 (2014) - Netflix Documentary HD - YouTube

  • Cowspiracy: The Sustainability Secret (2014) 

Berfokus dengan mengeksplorasi dampak peternakan terhadap lingkungan, serta menyelidiki kebijakan beberapa organisasi lingkungan seperti Greenpeace dan Sierra Club terkait isu ini. Cowspiracy: The Sustainability Secret juga membahas berbagai masalah lingkungan lainnya, termasuk perubahan iklim, penggunaan air, penggundulan hutan, dan zona mati laut. Film ini menggambarkan bahwa peternakan menjadi salah satu penyebab utama pencemaran lingkungan. 

COWSPIRACY - Official Trailer - HD - YouTube

  • Chasing Ice (2012)

James Balog, fotografer National Geographic, merekam kejadian alam yang luar biasa yaitu perubahan gletser. Ia melintasi Arktik dan Kutub Utara untuk membuat dokumentasi mengenai dampak perubahan iklim yang ekstrem di belahan dunia terdingin. Ide dan penggambaran film yang mengagumkan membuat Chasing Ice berhasil meraih sejumlah penghargaan, salah satunya Emmy Award untuk Outstanding Nature Programming pada 2014. 

Chasing Ice OFFICIAL TRAILER - YouTube

  • David Attenborough: A Life on Our Planet (2020)

Dalam film dokumenter feature yang unik ini, David Attenborough, seorang naturalis terkenal merefleksikan momen-momen dalam hidupnya dan perubahan dahsyat yang ia lihat selama 93 tahun hidup. Ia telah mengunjungi berbagai benua di dunia, menjelajahi alam liar dan mendokumentasikan lingkungan dengan segala keragaman dan keajaibannya. David juga menyampaikan harapan yang kuat bagi generasi mendatang, sekaligus memberikan solusi untuk membantu menyelamatkan planet dari bencana. 

David Attenborough: A Life on Our Planet | Official Trailer | Netflix - YouTube

  • Chasing Coral (2017)

Film dokumenter Netflix, Chasing Coral, merekam kumpulan tim penyelam, fotografer, dan ilmuwan yang berusaha mendokumentasikan fenomena hilangnya terumbu karang. Saat mereka melakukan perjalanan laut, ternyata ditemukan banyak terumbu karang yang memutih di laut. Produser film ini menggambarkan bahwa kematian yang mengancam kehidupan akuatik adalah tragedi lingkungan yang dibuat oleh manusia, dan hanya bisa diatasi dengan gerakan lingkungan yang aktif. 

Chasing Coral | Official Trailer [HD] | Netflix - YouTube

  • Before The Flood (2016)

Before The Flood menjadi salah satu film dokumenter yang terkenal karena merupakan kolaborasi Leonardo DiCaprio dengan National Geographic. Film ini bercerita tentang perubahan iklim ekstrem di berbagai belahan dunia, yang disebabkan oleh deforestasi, naiknya permukaan air laut, dan aktivitas manusia yang tidak memikirkan dampak keberlanjutan. Dari sini, masyarakat, pemegang kebijakan, sampai pemilik modal dihimbau untuk mulai memerhatikan isu lingkungan secara lebih serius. 

Before the Flood Official Trailer #1 (2016) Leonardo DiCaprio Documentary Movie HD - YouTube

  • A Plastic Ocean 

Film dokumenter ini bertujuan meningkatkan kesadaran penonton terhadap efek jangka panjang yang akan dirasakan jika terus membiarkan sampah plastik memenuhi laut. A Plastic Ocean dibuat oleh Craig Leeson, Tanya Streeter, dan tim peneliti selama 4 tahun di 20 lokasi perairan yang berbeda. Tak hanya menjelaskan penyebab dan konsekuensi dari sampah yang menumpuk, tapi penonton juga bisa mendapatkan pengetahuan mengenai solusi terbaik untuk mengurangi produksi sampah plastik.

A Plastic Ocean Official Trailer - YouTube

Wah, baru menonton trailer-nya saja sudah bikin merinding, ya? Apakah Kawan sudah tahu mau menonton film dokumenter yang mana? 

Referensi:

The 9 Best Environmental Documentaries To Watch in 2020 | Wanderlust

The Best Environmental Films, Movies & Documentaries of All Time (environmentshow.com)

Top 17 Best Environmental Films of 2021 | Earth.Org - Past | Present | Future

5 Film Dokumenter Bertema Lingkungan yang Bisa Membuat Anda Lebih Mencintai Bumi - Indonesiainside.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini