3 Situs Newsgames Ini Bikin Pengalaman Baca Berita Lebih Seru

3 Situs Newsgames Ini Bikin Pengalaman Baca Berita Lebih Seru
info gambar utama

Pernah membayangkan bagaimana bila berita dan permainan digabungkan menjadi satu? Berita yang biasanya memiliki vibes serius dan kaku kini dapat dipadukan dengan games yang biasanya memiliki vibes lebih santai dan menyenangkan. Wah, bagaimana bisa ya?

Mari berkenalan dengan newsgames. Dikutip dari jurnal Journalism meets games: Newsgames as a new digital genre. Theory, boundaries, utilization newsgames diartikan sebagai produk dari dua budaya yang berbeda. Newsgames adalah konvergensi antara jurnalisme dan permainan digital. Istilah newsgames pertama kali digunakan oleh seorang perancang permainan dan peneliti akademis yang berfokus pada videogame bernama Gonzalo Frasca pada tahun 2003.

Perkembangan newsgames sendiri ternyata sudah berlangsung cukup lama. Newsgames pertama kali diadopsi oleh NBCNEWS.com yang merilis “Baggage Screening: Can You Spot The Threats?” pada tahun 2001, yang merupakan sebuah permainan simulasi dengan pengguna berperan menjadi petugas screening bagasi di bandara. Pada saat itu newsgames ini masih dikategorikan sebagai multimedia infografik.

Sedangkan di Indonesia, terdapat beberapa media yang juga merilis newsgames melalui situs resminya. Bagi Kawan yang ingin memiliki pengalaman baru dalam membaca berita, newsgames berikut ini dapat Kawan coba.

Lebih paham vaksin corona bersama Virtual Interaktif Kompas

Tampilan layar newsgames Virtual Interaktif Kompas. | Sumber: tangkapan layar pribadi/Virtual Interaktif Kompas
info gambar

Bagi sebagian orang, mungkin membaca berita menjadi tantangan tersendiri, sebab memerlukan konsentrasi tinggi untuk mencernanya. Belum lagi berita dengan topik-topik tertentu yang cenderung serius atau pembahasannya terlalu ilmiah atau teknis membuat sebagian orang kehilangan minat untuk membaca berita sampai tuntas. Namun, bagaimana jadinya bila Kawan dapat membaca berita mengenai vaksin Covid-19 tetapi dengan cara yang menyenangkan?

Sesuai namanya, Virtual Interaktif Kompas menyediakan sebuah cara untuk memahami seputaran vaksin Covid-19 dengan metode yang interaktif. Melalui kontennya yang berjudul “Virion: Cerita Virus Corona Buat yang Malas Serius” pada bagian Virion edisi ketiga, VIK membuat “Petualangan Teks Menemukan Vaksin Covid-19” menggunakan genre choose your own adventure.

Melansir dari Visual Interaktif Kompas, Kompas mengusung proyek gamifikasi ini untuk menjawab kejenuhan publik dan mengomunikasikan salah satu isu kompleks yaitu vaksin Covid-19. Kawan dapat mencoba newsgames ini melalui situs VIK.

Hitung penggunaan kantong plastikmu dengan BBC Indonesia

Tampilan layar newsgames BBC Indonesia. | Sumber: tangkapan layar pribadi/BBC Indonesia
info gambar

Apabila Kawan merupakan pengguna situs Chrome dan pernah mengalami kehilangan jaringan internet, mungkin Kawan cukup akrab dengan permainan Dinosaur T-Rex Game milik Google Chrome. Permainan ini biasanya muncul saat Kawan sedang mengakses Chrome tetapi tidak memiliki jaringan internet. Cara bermainnya cukup dengan menekan tombol spasi dan tombol arah atas-bawah untuk mengontrol jalannya dinosaurus.

Nah, bagaimana bila ada permainan yang serupa tetapi berhubungan dengan topik berita? Seperti yang dilakukan oleh BBC Indonesia. Saat mengunggah berita mengenai persoalan pengurangan kantong kresek tak cukup mengatasi masalah sampah plastik di Jakarta pada tahun 2019 lalu, BBC Indonesia juga menyertakan newsgames sebagai pengantar sebelum membaca berita di bawahnya.

Cara bermainnya cukup sederhana, hampir mirip seperti permainan Dinosaur T-Rex Game, newsgames ini akan mengajak Kawan melewati rintangan-rintangan kantong plastik yang ditawarkan oleh pedagang-pedagang dengan cara melompatinya. Jika telah selesai, jumlah kantong plastik yang berhasil dihindari akan menunjukan seberapa besar kontribusi Kawan dalam mengurangi konsumsi kantong plastik harian di Jakarta. Kawan dapat mencoba newsgamer ini melalui situs BBC Indonesia.

Paham sejarah Reformasi Mei 1998 dengan newsgames Tirto.id

Tampilan layar newsgames Tirto.id. | Sumber: tangkapan layar pribadi/Tirto.id
info gambar

Belajar sejarah sambil bermain. Terdengar menyenangkan? Pada tahun 2018 lalu, Tirto.id merilis newsgames berjudul “Reformasi Mei 1998, Apa yang Terjadi 20 Tahun Lalu?” sama seperti BBC Indonesia, newsgames ini dirilis bersamaan dengan artikel berita mengenai kilas balik 20 tahun Reformasi Mei 1998. Newsgames berperan sebagai pengantar sebelum membaca berita. Setelah Kawan menyelesaikan newsgames tersebut, Kawan kemudian akan diarahkan menuju laman artikel berita.

Cara bermainnya sederhana dan mudah dipahami. Kawan akan diajak melihat peristiwa tersebut melalui sudut pandang masyarakat yang hidup di waktu itu, dengan menentukan jalan pilihan yang akan Kawan seolah-olah Kawan berada di peristiwa tersebut.

Meski masih terdengar asing, newsgames juga cocok lo menjadi aktivitas pengisi waktu luang. Tidak hanya mendapatkan sensasi bermain games yang menyenangkan, Kawan juga dapat memiliki pengalaman membaca berita dengan gaya baru yang tak kalah seru. Selamat mencoba!

Referensi: Virtual Interaktif Kompas | BBC Indonesia | Tirto.id | Ingentaconnect

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini