Deretan Kampus yang Punya Stadion di Indonesia, Ada Kampus Kamu?

Deretan Kampus yang Punya Stadion di Indonesia, Ada Kampus Kamu?
info gambar utama

Stadion, pada umumnya identik dengan olahraga sepakbola. Namun, disamping berfungsi sebagai tempat bermain sepakbola, stadion juga menjadi pusat aktivitas olahraga atletik. Yaitu olahraga seperti olahraga lari sprint, lompat jauh ,hingga lempar lembing. Nah, bagi Kawan yang suka berolahraga seperti jogging dan lari, stadion bisa menjadi tempat yang cocok buat Kawan.

Nah, beberapa kampus di Indonesia juga memiliki stadion sendiri, Kawan. Di dalam stadion ini ada tribun penonton, lapangan sepakbola dan juga lintasan atletik. Kampus-kampus yang memiliki stadion sendiri ini, biasanya digunakan sebagai fasilitas penunjang jurusan olahraga yang ada di kampus tersebut. Penasaran nggak, kampus mana aja yang punya stadion sendiri?

Universitas Negeri Yogyakarta

Stadion UNY│@dik_ikophotography/Instagram
info gambar

Tetangga UGM ini dikenal sebagai salah satu universitas dengan jurusan terbaik di Indonesia. Nggak heran kalau UNY memiliki stadion sepakbola sendiri. Stadion UNY mungkin bisa dibilang salah satu stadion milik universitas terbaik di Indonesia, kebersihan dan perawatan stadion UNY pun juga sangat terjaga.

Stadion UNY memiliki fasilitas lengkap dan berstandar internasional. Bahkan stadion UNY juga sering digunakan Tim Nasional Sepakbola Indonesia dan beberapa tim sepakbola profesional untuk latihan. UNY juga memiliki GOR berstandar internasional, yang juga sering dipakai untuk perhelatan kompetisi olahraga tingkat nasional.

Universitas Indonesia

Kelengkapan fasilitas di Universitas Indonesia tidak perlu dipertanyakan lagi, salah satunya adalah stadion yang ada di kawasan UI. Seperti halnya stadion, di dalam Stadion UI terdapat lapangan sepakbola yang dikelilingi lintasan atletik, area untuk lompat jauh, dan tribun untuk penonton. Stadion UI juga terbuka untuk umum, biasanya masyarakat sekitar banyak yang mengunjungi kawasan Stadion UI pada akhir pekan untuk berolahraga.

Universitas Negeri Malang

Stadion Universitas Negeri Malang dikenal juga sebagai Stadion Cakrawala UM. Stadion ini menjadi salah satu fasilitas penunjang bagi Fakultas Ilmu Keolahragaan UM. Selain itu, Stadion Cakrawala juga bisa digunakan oleh mahasiswa dan dosen UM untuk berolahraga, dan menjadi tempat berkegiatan UKM yang ada di UM, khususnya UKM di bidang olahraga.

Stadion Cakrawala UM memiliki fasilitas serupa seperti stadion-stadion kampus sebelumnya, hanya saja tribun yang ada di stadion ini sedikit lebih besar dari stadion-stadion sebelumnya. Stadion ini juga pernah digunakan tim sepakbola profesional lokal untuk latihan.

Stadion UI│@univ_indonesia/Instagram
info gambar

Universitas Diponegoro

Universitas yang terletak di Kota Semarang ini,  memiliki komplek olahraga yang di dalamnya juga terdapat sebuah stadion sepakbola. Stadion ini dikenal juga sebagai Stadion Tembalang. Untuk fasilitasnya tidak perlu ditanyakan lagi, bahkan stadion ini juga sempat direnovasi pada tahun 2015. Stadion ini sempat direncanakan menjadi homebase dari PSIS Semarang, tim sepakbola profesional asal Kota Semarang.

Universitas Sebelas Maret

Stadion milik UNS memiliki fasilitas yang cukup baik dan terawat. Stadion UNS bahkan memiliki dua tribun, yaitu tribun di sisi barat dan sisi timur. Karena kualitasnya yang baik, stadion ini sempat menjadi salah satu lapangan latihan untuk perhelatan Piala Dunia U-20, dimana Kota Solo menjadi salah satu host Piala Dunia U-20 di Indonesia. Sayangnya, Piala Dunia U-20 yang seharusnya dilaksanakan pada tahun 2020 lalu harus ditunda karena pandemi Covid-19.

Nah, itu dia beberapa kampus yang memiliki stadion di Indonesia. Selain lima kampus itu, masih ada banyak lagi kampus di Indonesia yang memiliki stadion. Sayangnya nggak semua kampus bisa kita bahas disini, karena pasti akan menjadi pembahasan yang sangat panjang. Nah, kalo kampus kamu punya stadion nggak?

Referensi: BolaUMUNY CommunityKampusUndip

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini