Membangun Confidence-Building Measure antar Angkatan Laut ASEAN lewat ANTEEP 2021

Membangun Confidence-Building Measure antar Angkatan Laut ASEAN lewat ANTEEP 2021
info gambar utama

Dalam rangka meningkatkan profesionalisme Perwira TNI Angkatan Laut (TNI AL) dan mempererat hubungan sesama anggota ASEAN, Delegasi TNI AL mengikuti 1st ASEAN Naval Experience Exchange Training Program (ANTEEP) 2021 secara virtual.

ANTEEP merupakan kegiatan dua tahunan yang dirancang untuk mengembangkan profesionalisme perwira Angkatan Laut ASEAN melalui program pertukaran pengalaman saat berada di medan tugas.

Kegiatan ini diselenggarakan dengan metode seminar, workshop maupun latihan praktek sebagai wadah untuk menyampaikan pengalaman mereka yang bersifat pragmatis dalam bidang umum seperti navigasi, komunikasi, pembekalan di laut, SAR di laut, penyelamatan kapal, latihan multilateral angkatan laut, dukungan logistik, pelatihan kadet/instruktur angkatan laut dan pengalaman lainnya.

1st ANTEEP 2021 yang diselenggarakan oleh Vietnam People’s Navy mengambil tema “Damage Control Training” dihadiri mid-level officer dari Angkatan Laut Brunei Darussalam, Filipina, Indonesia, Kamboja, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Pada pertemuan ini, delegasi TNI AL terdiri dari perwira yang bertugas di Sopsal, Pushidrosal, Koarmada I, dan Kolinlamil, menyampaikan pengalamannya yang bersifat pragmatis yang dapat diaplikasikan pada berbagai tipe kapal perang, baik yang memiliki sistem penyelamatan kapal canggih maupun konvensional serta dapat diaplikasikan di pendirat.

Keikutsertaan dalam forum ini memberikan dampak yang cukup baik dalam meningkatkan profesionalisme para peserta dari TNI Angkatan Laut. Selain itu, penyelenggaraan ANTEEP ini juga bermanfaat bagi TNI Angkatan Laut dalam membangun confidence-building measure antar Angkatan Laut ASEAN. TNI AL direncanakan akan bertindak sebagai tuan rumah pada penyelenggaraan ANTEEP pada tahun 2025 mendatang.

Tuan rumah, AL Vietnam | Dispen TNI AL
info gambar

Kegiatan ANTEEP juga merupakan bagian dari wujud nyata Program Prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dalam bidang pembangunana SDM TNI AL yang unggul, serta pelaksanaan tugas diplomasi TNI Angkatan Laut yang tertuang dalam UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, di mana para perwira TNI Angkatan Laut melaksanakan unjuk kemampuan, profesionalisme dan pengalamannya kepada Angkatan Laut negara lain.

Di samping itu, pelaksanaan ANTEEP ini juga berguna sebagai sarana diplomasi untuk mempromosikan kerja sama dan kekompakan, serta saling pengertian dan saling percaya antara Angkatan Laut ASEAN.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

AH
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini