Komunitas Guna Bangsa, Berkendara Sambil Berbagi Buku

Komunitas Guna Bangsa, Berkendara Sambil Berbagi Buku
info gambar utama

Bagi sebagian orang, komunitas motor mungkin identik dengan geng motor yang terkesan sangar dan arogan. Namun, stigma negatif komunitas motor tersebut tidak berlaku untuk Komunitas Vespa Guna Bangsa.

Komunitas Guna Bangsa sendiri adalah sebuah komunitas pecinta motor, yang sering melakukan touring sambil berbagi buku untuk anak-anak. Hampir setiap tahunnya, komunitas ini rutin melakukan kegiatan berbagi buku ini.

Guna Bangsa didominasi oleh para pengendara motor vespa. Namun, tidak menutup kesempatan bagi pengendara motor pabrikan lain untuk bergabung dengan Guna Bangsa.

Dalam wawancara bersama detikoto pada tahun 2016, salah satu anggota Guna Bangsa menjelaskan bahwa mereka tidak ingin hanya menjadi komunitas yang suka touring saja. Mereka ingin menjadi sebuah komunitas yang suka touring, tapi disisi lain juga bermanfaat untuk masyarakat.

Ride and Share

Pada tahun 2016, dalam memperingati hari jadi keempatnya, Guna Bangsa melakukan touring sambil berbagi buku untuk anak dari Jakarta ke Belitung. Kegiatan ini bertajuk “Ride and Share” dan diikuti oleh enam anggota Guna Bangsa.

Pada Ride and Share tahun 2016 ini, Guna Bangsa menyumbangkan sejumlah 600 buku untuk anak-anak. Buku-buku ini terdiri dari buku pelajaran untuk anak-anak, hingga buku iqro’. Buku-buku ini juga dibagikan ke SD yang dihampiri Guna Bangsa.

Seperti namanya, Ride and Share mencerminkan ride sebagai hobi para anggota Guna Bangsa dan share yang menunjukkan pentingnya berbagi kepada sesama. Selain berbagi buku, dalam agenda ini mereka juga mengajarkan tentang pentingnya budaya literasi kepada anak-anak.

Ride and Share 2021

Ilustrasi│Ben White/Unsplash
info gambar

Pada tahun 2021, Guna Bangsa kembali menggelar agenda Ride and Share yang ketiga. Dilansir dari Kompas, Ride and Share kali ini memiliki rute Jakarta-Magelang-Malang-Banyuwangi-Bali-Lombok-Sumbawa. Ride and Share tahun 2021 kemarin dilaksanakan pada 12 hingga 23 November, serta bekerja sama dengan beberapa pihak yang mendukung kegiatan sosial tersebut.

Sama seperti Ride and Share sebelumnya, Guna Bangsa juga membawa sejumlah buku yang akan dibagikan kepada anak-anak. Bahkan tidak hanya buku, kali ini mereka juga membawa mainan yang juga akan dibagikan.

Kali ini, Guna Bangsa membawa sejumlah 3 ribu buku. Mulai dari buku pelajaran hingga buku agama seperti Al-Quran dan iqro’ yang akan dibagikan kepada anak-anak. Ride and Share yang mengagendakan perjalanan dari Jakarta ke Sumbawa ini diikuti oleh enam anggota Guna Bangsa. Melalui kegiatan ini, Guna Bangsa tetap dapat melaksanakan hobi mereka berkeliling Indonesia, tetapi juga tetap memberikan manfaat kepada masyarakat. 

Guna Bangsa ingin menginspirasi komunitas-komunitas lain di luar sana untuk terus mendukung pertumbuhan dan pendidikan anak. Mereka juga menyadarkan pentingnya berbagi dengan sesama.

Referensi: KompasMotorPlusDetikOto

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini