Jurusan Seribu Umat, Mari Lebih dekat dengan Ilmu Komunikasi

Jurusan Seribu Umat, Mari Lebih dekat dengan Ilmu Komunikasi
info gambar utama

Ilmu Komunikasi merupakan salah satu jurusan yang menduduki rangking empat  jurusan paling banyak diminati pada 2021. Bisa dikatakan jurusan ini merupakan jurusan yang eksis dari waktu ke waktu.

Tidak mengherankan, banyak perusahaan yang saat ini mencari lulusan Ilmu Komunikasi sebagai salah satu karyawannya di bidang tertentu. Maka dari itu, jurusan Ilmu Komunikasi menjadi jurusan dengan prospek kerja yang menjanjikan.

Namun, apakah Goodmates tahu? Bahwasannya masih banyak orang-orang yang merasa bingung dengan jurusan Ilmu Komunikasi itu sendiri. Apakah jurusan ini hanya mempelajari cara berbicara yang benar? Apakah hanya orang-orang yang pandai berbicara yang bisa masuk? Jika Goodmates merupakan salah satu yang masih bingung, yuk kita kenalan dengan jurusan Ilmu Komunikasi!

Apa itu komunikasi?

Apa itu komunikasi? | Unsplash - Volodymyr Hryshchenko
info gambar

Secara umum, komunikasi dikatakan sebagai proses penyampaian pesan dari komunikator (orang yang membawa pesan) kepada komunikan (orang yang mendengar pesan).  Tidak hanya berbicara secara langsung, ada banyak bentuk komunikasi yang perlu diketahui, yaitu komunikasi verbal dan non-verbal.

Sementara komunikasi non-verbal yang biasanya menggunakan body language. Memang tidak semua orang mengerti sebab bahasa tubuh yang seringnya memiliki makna ganda atau ambigu seperti tersenyum, mengedipkan mata pada berbagai situasi, menjabat tangan, meremas tangan, dan lain-lain.

Dalam kehidupan sosial, komunikasi merupakan hal yang sangat penting. Komunikasi menjadi garda terdepan dalam menyeimbangkan interaksi sosial. 

Apa yang dipelajari mahasiswa Ilmu Komunikasi?

Pelajaran mahasiswa Ilmu Komunikasi | Unsplash - Dom Fou
info gambar

Memang benar memasuki Ilmu Komunikasi artinya mempelajari bagaimana cara berkomunikasi. Namun, harus diketahui pasalnya komunikasi tidaklah sesederhana berbicara dengan orang lain.

Pada semester awal, mahasiswa akan diajarkan pengantar atau dasar dari ilmu komunikasi itu sendiri. Dimulai dari sejarah, filsafat, komponen komunikasi, faktor terjadi komunikasi, media komunikasi, bentuk komunikasi, dan lain-lain.

Semester selanjutnya, mahasiswa akan mulai diajarkan mengenai dasar dari bentuk pekerjaan yang berada dalam ranah komunikasi seperti dasar jurnalistik, dasar humas, dan dasar manajemen komunikasi.

Tidak hanya sekadar teori, mahasiswa akan diajarkan cara praktek misalnya cara menjadi Master of Ceremony,  DJ Radio, wartawan, news anchor, fotografer, video editing, dan praktek komunikasi lainnya.

Setiap semester mata kuliah yang diajarkan akan semakin berat bobotnya berdasarkan keputusan fakultas di universitas masing-masing. Bisa dikatakan bahwa, setiap universitas juga memiliki bahasan pembelajaran masing-masing.

Bahkan, saat ini ada banyak universitas yang mulai mengajarkan tentang pemasaran digital dengan komunikasi, media sosial, dan lainnya. Hal itu mengikuti zaman teknologi yang sekarang sudah menggunakan internet tidak hanya sebagai sumber informasi, tetapi juga promosi.

Prospek kerja jurusan Ilmu Komunikasi

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi | Unsplash - Wahid Khene
info gambar

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa jurusan Ilmu Komunikasi merupakan jurusan dengan prospek kerja yang menjanjikan terlebih lagi pada era digital ini. Banyak instansi seperti instansi pemerintah dan juga swasta seperti start up yang membutuhkan lulusan Ilmu Komunikasi.

Dikutip dari Katadata, prospek kerja yang bisa dicoba oleh lulusan ilmu komunikasi di antaranya Public Relations atau Humas, Perencana Acara (Event Planner atau Event Organization), Dosen, Perencana Media (Media Planner), hingga Social Media Manager.

Tidak berhenti sampai sana, ada pekerjaan lain yang bisa Goodmates coba seperti wartawan, video editor, content creator, script writer, content writer, editor koran atau majalah, news anchor, cameraman, produksi televisi, presenter, dan lainnya.

Siapa yang bisa masuk jurusan Ilmu Komunikasi?

Pertanyaan umum ini sering ditanyakan oleh banyak calon mahasiswa saat mendengar Ilmu Komunikasi. Bahkan ada juga orang yang tidak percaya diri untuk masuk jurusan ini karena tidak pandai berbicara.

Padahal itu semua salah, lho! Kamu tidak perlu menjadi sosok yang pandai berbicara hanya untuk masuk Ilmu Komunikasi. Sama seperti jurusan lainnya, orang yang bisa masuk Ilmu Komunikasi adalah orang yang dapat memenuhi kualifikasi kampus.

Justru dengan masuk Ilmu Komunikasi, kamu akan terbiasa berinteraksi dengan banyak orang sebab kebanyakan agenda perkuliahan mahasiswa Ilmu Komunikasi dilakukan secara berkelompok.

Referensi:Detik | Katadata

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini