Serba-Serbi Jurusan Sastra Jawa yang Tidak Banyak Diketahui

Serba-Serbi Jurusan Sastra Jawa yang Tidak Banyak Diketahui
info gambar utama

Jurusan Sastra Jawa merupakan salah satu dari sekian jurusan bahasa daerah yang ada di Indonesia. Eksistensi jurusan yang satu ini sangatlah unik, sebab jurusan ini tidak hanya tumbuh di lingkungan Jawa saja melainkan daerah luar Jawa juga.

Tapi apakah Goodmates tahu, bahwa jurusan unik satu ini ternyata masih sedikit peminatnya, lho. Bahkan masih ada juga calon mahasiswa yang tidak tahu keberadaan sastra Jawa, padahal jurusan ini di setiap universitas memiliki kuota penerimaan yang cukup banyak.

Sesuai dengan namanya, Sastra Jawa memang dibuka bagi para calon mahasiswa yang ingin mempelajari lebih lanjut mengenai kebudayaan tanah Jawa. Tetapi pembelajarannya tidak hanya sampai sana. 

Lantas seperti apa ya jurusan Sastra Jawa itu? Mari kita simak serba-serbi jurusan Sastra Jawa yang tidak banyak diketahui.

Jurusan yang langka di Indonesia

Serba-serbi Jurusan Sastra Jawa | Jurnalponsel
info gambar

Goodmates tahu? Bahwasannya jurusan Sastra Jawa termasuk ke dalam jurusan yang langka. Ya, berbeda dengan jurusan umum seperti Ilmu Komunikasi, Hukum, Biologi, dan lainnya, Jurusan Sastra Jawa hanya ada di beberapa kampus saja.

Lebih kerennya lagi, Sastra Jawa tidak hanya ada kampus di Jawa Tengah dan Jawa Timur saja, melainkan ada di luar Jawa seperti di Universitas Indonesia dan Universitas Udayana. Sisanya Jurusan Sastra Jawa ada di tanah Jawa itu sendiri seperti Universitas Gadjah Mada, Universitas Sebelas Maret, dan juga Universitas Negeri Semarang.

Mata kuliah yang tidak hanya membahas kebudayaan

Berbicara mengenai Sastra Jawa memang tidak jauh dari kebudayaan Jawa itu sendiri. Tetapi apakah hanya itu yang dipelajari? Tentu saja tidak! Dikutip dari Rencanamu, ada banyak mata kuliah jurusan Sastra Jawa yang lebih dari sekedar kebudayaan Jawa. Nantinya kita akan belajar mengenai Bahasa Sanskerta, Puisi Jawa, Bahasa Jawa Kuna, Aksara Daerah dan lainnya.

Selain itu bagi kamu yang senang mempelajari kebudayaannya, Sastra Jawa akan memberikan pelajaran Pengantar Kebudayaan Jawa, Kebudayaan Indonesia, Prosa dan Drama Jawa, Kesenian Jawa, Puisi Jawa, dan lainnya.

S2-nya ada di luar negeri

Tidak hanya di Indonesia saja, ternyata ada juga jurusan Sastra Jawa di luar negeri. Bayangkan, meneruskan Sastra Jawa di negara orang? Tentu menarik, bukan?

Dilansir dari Jadi Berita, jika kamu ingin meneruskan perkuliahan Sastra Jawa di luar negeri, kamu bisa memasuki Universitas Laiden yang merupakan kampus tertua di Belanda. Tidak mau terlalu jauh? Tenang, kamu bisa meneruskannya di Australia, kok!Tepatnya di 'Australian National University'.

Prospek kerja yang tidak main-main

Stigma jurusan Sastra Jawa yang sering didengar oleh para mahasiswanya adalah menjadi dalang. Padahal ada banyak prospek kerja dari Sastra Jawa yang tidak main-main, lho.

Para lulusan Sastra Jawa dapat mencari pekerjaan sebagai ahli bahasa jawa, penerjemah, peneliti kebudayaan jawa, pemandu tur atau tour guide, bahkan sampai jadi dosen!

Bagaimana Goodmates, sudah mengenal jurusan Sastra Jawa dengan baik? Atau bahkan tertarik untuk bisa masuk? 

Referensi:  Rencanamu | Jadi Berita

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini