5 Kampus di Indonesia Ini Punya Unit Kegiatan Mahasiswa Unik

5 Kampus di Indonesia Ini Punya Unit Kegiatan Mahasiswa Unik
info gambar utama

Goodmates yang sedang duduk di bangku kuliah mungkin sudah tak asing dengan Unit Kegiatan Mahasiswa atau UKM. Selain dituntut untuk aktif secara akademis, menjadi mahasiswa juga baik bila aktif secara non-akademis. Salah satunya dengan bergabung bersama UKM yang ada di kampus.

Kamu dapat bergabung dengan UKM yang sesuai minat atau tujuan yang kamu punyai. Bergabung dengan UKM dapat memberikan beberapa manfaat. Di antaranya dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan berdiplomasi, menambah teman dan relasi, menambah ilmu dan wawasan, tempat belajar berorganisasi.

Salah satu cara positif untuk mengisi waktu luang, media untuk mengembangkan keahlian pada bidang tertentu dan sebagai tempat untuk mencari prestasi non-akademis. Nah, berikut ini terdapat kampus-kampus yang memiliki berbagai UKM unik. Mungkin kamu tertarik bergabung pada salah satunya?

Unit Berkuda - Universitas Gadjah Mada

Ilustrasi kegiatan UKM Unit Berkuda Universitas Gadjah Mada | Sumber: Universitas Gadjah Mada
info gambar

Kamu suka berkuda? Atau penasaran ingin belajar cara berkuda yang baik dan benar? Dengan semboyan ‘horse for the horseless’, UKM Unit Berkuda hadir untuk memberikan kesempatan berkuda bagi semua orang dari berbagai kalangan. UKM yang telah berdiri sejak 14 Agustus 1989 ini memiliki enam divisi dalam organisasinya.

Dilansir dari Kumparan, selama tahap seleksi, pendaftar Unit Berkuda akan diberi waktu tiga minggu untuk datang ke kandang. Gunanya mengenal dan merawat kuda seperti memandikan, memberikan makan hingga membersihkan kandang. Kegiatan lainnya adalah latihan rutin yang dilaksanakan setiap hari Selasa sampai Minggu.

Gateball - Universitas Udayana

ilustrasi kegiatan olahraga gateball. | Sumber: Bali Gateball Community
info gambar

Universitas Udayana memiliki salah satu UKM yang unik dan jarang ditemukan pada kampus lainnya di Indonesia. Kamu yang pecinta olahraga mungkin bakalan suka sama UKM satu ini. UKM yang telah berdiri sejak 28 Juni 1995 ini siap menampung aspirasi dari para anggota dan mahasiswa pecinta olahraga gateball.

Gateball dikutip dari Indosport merupakan olahraga yang dimodifikasi dari permainan croquet (permainan bola kayu) yang menggunakan palu untuk memukul bola. Gateball pertama kali dikenalkan di Jepang sebelum menyebar ke berbagai negara termasuk Indonesia. Karena bisa dimainkan oleh semua orang, olahraga ini juga disebut olahraga tanpa batas (barrier free sport).

Klub Mode UI - Universitas Indonesia

UI Fashion Week, salah satu kegiatan dari UKM Klub Mode UI. | Sumber: Mavemagz
info gambar

Fashion enthusiast mari merapat! Kalau kamu punya ketertarikan pada bidang fesyen, makeup dan fotografi. Mungkin UKM yang satu ini akan cocok mewadahi minat kamu. Pasalnya UKM yang telah berdiri sejak tahun 2018 ini memiliki beragam kegiatan menarik.

Di antaranya ada acara Fashion Week UI juga Fashion Entrepreneurs Week. Tidak hanya untuk penggemar fesyen saja, pada Fashion Entrepreneurs Week (FEW) ini merupakan sebuah webinar dengan tema bisnis fesyen untuk membantu mahasiswa dan masyarakat mendapatkan informasi dari para ahli di bidang bisnis fesyen. 

Balon Kata - Telkom University

ilustrasi menggambar komik. | Sumber: IStockphoto/Tirto.id
info gambar

Punya hobi membaca komik? Ingin belajar cara membuat komik? Mungkin kamu akan suka UKM satu ini. Mengutip penjelasan oleh Cicil Blog, UKM Balon Kata bergerak pada bidang komik serta segala kegiatan yang bersangkutan dengan komik misalnya pembuatan comic strip.

Nama UKM ini juga terinspirasi dari komik, lho. Komik memiliki ciri khas ketika karakternya berbicara maka percakapannya akan ditulis dalam balon-balon percakapan. Dari situlah nama UKM Balon Kata berasal.

Beberapa kegiatan rutin yang mereka punya di antaranya kelas dan mentoring. Kegiatan ini akan memberikan kesempatan bagi para anggota UKM untuk dibina dan diberikan materi terkait proses membuat komik dengan baik.

Airlangga Bridge Club - Universitas Airlangga

ilustrasi kartu bridge. | Sumber: Amanda Jones/Unsplash
info gambar

Goodmates suka bermain kartu? Atau ingin belajar cara bermain kartu seperti pemain profesional? UKM yang satu ini dapat mewadahi minat kamu tersebut. Dilansir dari situs resminya, UKM Bridge telah berdiri cukup lama yaitu sejak 30 Maret 1982.

Bukan sekadar bermain kartu, UKM yang langka keberadaannya ini memiliki visi dan misi untuk mengangkat harkat dan martabat Universitas Airlangga melalui prestasi dari cabang olahpikir bridge. Selain itu, UKM Bridge juga ingin meningkatkan minat kalangan muda untuk turut serta memajukan olahraga bridge.

Itu dia beberapa UKM unik yang terdapat di universitas-universitas Indonesia. Kalau di kampus kamu ada UKM unik apa nih, Goodmates?

Referensi: Cicil | Universitas Airlangga | Instagram Klub Mode UI | Indosport | Universitas Gadjah Mada | Kumparan | Unjkita | Ruangguru | Student Day 2021 BEM Udayana

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini