Hobi Travelling? Ini Sederet Komunitas Walk Tour di Kota-Kota Indonesia

Hobi Travelling? Ini Sederet Komunitas Walk Tour di Kota-Kota Indonesia
info gambar utama

Siapa bilang berwisata harus selalu menggunakan kendaraan? Kini kamu dapat menikmati cara wisata baru yang lebih sehat dan gak kalah seru. Konsep wisata sambil berjalan kaki atau dikenal walking tour belakangan semakin banyak bermunculan. Selain diajak berwisata mengenal tempat-tempat bernilai sejarah, berjalan kaki tentu memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Gak cuman itu, karena biasanya satu rute walking tour diikuti dengan beberapa orang, kamu juga bisa banget menambah teman baru. Sambil menyelam, minum air. Sudah nambah wawasan sekalian olahraga, nambah kenalan juga~ kalau kamu penasaran ingin mencoba pengalaman walking tour, simak yuk kota-kota yang mempunyai komunitas walking tour!

Ketahui komunitas walking tour, mulai dari Jakarta sampai Palembang!

ilustrasi walking tour di kawasan Kota Tua Jakarta. | Sumber: Jakarta Good Guide
info gambar

Bukan cuman sekadar jalan-jalan saja, komunitas satu ini beranggotakan para pemandu tur yang telah berlisensi dari pelatihan pemandu Dinas Pariwisata DKI Jakarta. Jakarta Good Guide dikutip dari Medcom telah berdiri sejak September 2014 silam. Berawal dari ingin membantu turis asing agar bisa menjelajah kota Jakarta dengan berjalan kaki, hingga kini warga lokal pun turut bergabung menjadi peserta.

Komunitas walking tour ini siap mengajakmu berkeliling ke tempat-tempat menarik di sudut-sudut kota Jakarta. Siapa yang bilang berwisata pasti mahal? Pasalnya Jakarta Good Guide menggunakan sistem pay as you wish. Tidak ada batasan harga tertentu jika kamu mengikuti walking tour mereka.

Dari Jakarta kita melipir ke kota-kota sebelahnya. Sudah puas berkeliling Jakarta dan ingin mencoba menjelajahi kota lainnya? Kabar baiknya, komunitas walking tour yang berada di bawah naungan PT Jakarta Gelora Gembira ini juga memiliki serial Good Guide di kota-kota lain. Di antaranya Bandung Good Guide, Jogja Good Guide,  serta Palembang Good Guide. Wah, bisa puas keliling Indonesia, nih, Goodmates.

Ke Bandung Surabaya, bolehlah naik dengan percuma~ sama-sama memiliki sistem pay as you wish walking tour, komunitas walking tour satu ini akan menawarkan pengalaman mengunjungi tempat-tempat menarik di kota Surabaya. Mulai dari Ampel, Kenjeran, Tunjungan, sampai Tugu Pahlawan, kamu akan disuguhkan beragam cerita, trivia dan fakta menarik mengenai hidden gem dari lokasi-lokasi tersebut.

Komunitas yang berada di dalam naungan Bersukaria Tour Organizer ini juga menawarkan walking tour di kota Semarang lo. Tidak hanya menawarkan pengalaman menarik menjelajahi kota Semarang, kamu juga berkesempatan mendapat wisata kuliner dari berbagai kultur dan budaya. Mulai dari kuliner Inlander, kuliner Peranakan, hingga wisata kuliner makanan-makanan khas Semarang.

Kamu tertarik dengan sejarah? Ingin mempunyai pengalaman belajar sejarah yang unik dan seru? Soerakarta Walking Tour dapat mewujudkan keinginan kamu. Komunitas walking tour ini merupakan bagian dari komunitas Laku Lampah.

Dikutip dari Kompas, awalnya komunitas ini terbentuk pada tahun 2012 dengan nama Blusukan Solo, kemudian mengganti nama menjadi Laku Lampah yang lebih memfokuskan pada jalan-jalan ke destinasi sejarah yang cukup panjang.

Pada tahun 2017, dibentuklah Soerakarta Walking Tour dengan inovasi format baru untuk mengenal beragam destinasi sejarah dengan cara yang lebih menarik, kreatif, menyenangkan dan ringan daripada Laku Lampah.

Berwisata dengan konsep walking tour dapat menjadi pilihan gaya liburan baru yang unik dan menyenangkan. Saat mengikuti walking tour, tetap ingat untuk melaksanakan protokol kesehatan dengan baik ya, Goodmates!

Referensi: Medcom | Jakarta Good Guide | Bandung Walking Tour ID | Jogja Good Guide | Instagram Palembang Good Guide | Bersukaria | Kompas | Instagram Soerakarta Walking Tour

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini