Tidak Hanya Minuman, Negara Ini Punya Vending Machine yang Unik

Tidak Hanya Minuman, Negara Ini Punya Vending Machine yang Unik
info gambar utama

Perkembangan teknologi banyak menghasilkan layanan yang memudahkan hidup manusia. Salah satunya adalah vending machine. Mungkin sebagian dari Goodmates lebih akrab dengan vending machine yang menjual minuman dingin. Namun, kini kehadiran vending machine tidak hanya menawarkan minuman atau makanan ringan, lho.

Melansir penjelasan oleh The Creative Adventurer, vending machine pertama di dunia telah ada sejak 251 sebelum masehi. Wah, sudah lama sekali, ya, Goodmates? Vending machine ini mengutip Logic Vending, ditemukan oleh Hero Alexandria, seorang insinyur dan matematikawan Yunani.

Ia menciptakan mesin yang menerima koin sebelum mengeluarkan air suci di kuil-kuil tempat warga beribadah. Nah, semakin banyak koin yang kamu berikan maka semakin berat massa yang dihasilkan. Sebagai gantinya, semakin banyak juga air suci yang mengalir dan dapat kamu tampung.

Mulai dari yang berisi buku, hingga buket bunga. Simak ragam macam vending machine unik di berbagai negara ini.

Jepang: Negeri 1001 vending machine

vending machine di Jepang. | Foto: catrina farrell/Unsplash
info gambar

Rasanya hampir di setiap sudut negara Jepang terdapat berbagai macam jenis vending machine. Mulai dari vending machine berisi minuman, makanan ringan hingga makanan hangat mudah ditemukan. Namun, tidak hanya itu itu, menariknya negara yang dijuluki negeri sakura ini juga menawarkan berbagai macam produk lainnya melalui vending machine.

Berdasarkan penjelasan oleh The Creative Adventurer, tren vending machine di Jepang mulai berkembang pesat pada awal tahun 1950-an dengan dispenser otomatis berisi jus yang dipasang di dalam gedung perkantoran. Mesin ini dapat mengeluarkan secangkir jus dengan harga 10 yen.

Terdapat berbagai macam alasan mengapa vending machine (mesin penjual otomatis) begitu populer di Jepang. Salah satu alasannya karena biaya lahan yang tinggi pada banyak kota besar dengan penduduk yang banyak. 

Vending machine menjadi pilihan terbaik karena berukuran kecil, tidak banyak memakan lahan, dan dapat menghemat biaya untuk tenaga kerja sebab tidak perlu mempekerjakan kasir, melainkan hanya satu hingga dua orang karyawan untuk mengganti dan memasok stok.

Nah, jika vending machine yang menyediakan minuman dan makanan sudah terlalu mainstream, Jepang memiliki vending machine yang menawarkan pakaian. Lebih tepatnya Shibuya 109 T-shirt vending machine yang memiliki beragam kaos suvenir grafis dengan desain yang cukup mengesankan.

Ingin mengunjungi kekasih dan lupa membeli bunga? Atau mendadak teringat Hari Ibu dan tidak sempat membelikan bunga? Tenang saja karena Jepang memiliki vending machine yang menjual bunga!

Vending machine ini memiliki berbagai macam ukuran bunga dan selalu diganti setiap hari sehingga terjaga kesegarannya. Bukan hanya sekadar setangkai bunga saja, kamu bisa mendapatkan karangan bunga yang cukup masuk ke dalam sebuah vas kaca.

Akhir-akhir ini kadang hujan turun secara tiba-tiba tanpa bisa kita prediksi. Mungkin kamu lupa untuk menyediakan payung. Tetapi tenang saja kalau kamu sedang di Jepang, sebab Jepang memiliki vending machine yang menjual payung.

Mengingat pandemi COVID-19 yang masih terus berlanjut hingga kini, Jepang juga memfasilitasi kebutuhan barang-barang yang diperlukan bagi masyarakatnya untuk memproteksi diri dari virus COVID-19.

Salah satunya melalui vending machine yang menyediakan masker medis dan PCR Testing Kit. Menggunakan PCR Covid Testing Kit, kamu dapat melakukan swab mandiri dan mengirimkannya untuk dianalisis.

Bahan makanan di rumah sudah habis tapi sedang tidak ingin berbelanja di pasar? Jepang memiliki vending machine yang menawarkan sayur-sayuran, telur ayam dan beras. Mulai dari selada hingga ubi, vending machine ini memiliki beragam jenis sayur-mayur sesuai seleramu.

Buku hingga popok, vending machine unik ada di Taiwan

vending machine buku di Taiwan. | Foto: ISABEL'S ADVENTURES
info gambar

Sedang bosan menunggu kereta atau lupa membawa buku sebagai teman perjalanan? Tenang saja karena vending machine satu ini menawarkan berbagai macam buku dalam bahasa Cina dan bahasa Inggris untuk kamu pinjam.

Biasanya saat berpergian ke suatu tempat, banyak orang ingin membeli oleh-oleh untuk kenang-kenangan. Seperti souvenir gantungan kunci atau tempelan magnet kulkas.

Kalau kamu tidak sempat mengunjungi pusat perbelanjaan, vending machine yang berada di stasiun-stasiun Taiwan ini menyediakan berbagai macam jenis suvenir gantungan kunci. Begitu pula di bandara terdapat vending machine yang menawarkan berbagai macam jenis aksesoris travel dan kunci bagasi yang tentu akan sangat diperlukan saat bepergian.

Nah, yang satu ini mungkin jarang sekali ada ya Goodmates. Pernah terbayang bagaimana kalau popok dijual melalui vending machine? Faktanya memang ada. Vending machine yang berada di salah satu pusat perbelanjaan Taiwan ini menyediakan popok dengan berbagai macam ukuran.

Biasanya saat berbelanja online melalui e-commerce, kita hanya bisa membaca ulasan. Namun, bagaimana jadinya kalau kita bisa mencoba beberapa sampel produk agar lebih yakin untuk membelinya?

Taiwan memiliki Shopee vending machine yang menyediakan berbagai macam sampel produk mulai dari makanan ringan hingga sabun. Shopee merupakan salah satu e-commerce yang cukup terkenal di Asia.

Vending machine di Singapura menjual kue ulang tahun

vending machine toko kelontong di Singapura. | Foto: OurStore.sg
info gambar

Kini kamu enggak perlu harus mampir dulu ke toko kue untuk memesan kue ulang tahun atau untuk perayaan lainnya. Pasalnya, vending machine Petite Bakehouse yang berlokasi di Singapura ini menyediakan berbagai macam jenis kue yang dapat kamu pilih sesuai selera. Kelebihan lainnya, karena merupakan vending machine, kamu dapat membeli kue kapan saja selama 24/7!

Jangan salah, meski berupa vending machine, kue yang dijajakan bukan berupa cupcake saja, lo. Ada juga kue-kue yang berukuran besar dan penuh. Kamu juga dapat menemukan berbagai rasa kue kering sebagai makanan ringan.

Toko kelontong yang buka selama 24/7 mungkin terhitung jarang. Namun, kehadiran vending machine ini mungkin menjadi sebuah inovasi baru. Vending machine oleh OurStore.sg ini menyediakan bahan belanjaan mulai dari makanan, minuman, hingga deterjen dan tinta printer. Kelebihan lainnya, kamu tak perlu mengantri di kasir untuk melakukan pembayaran.

Enggak cuma minimarket yang disulap jadi vending machine, binatu juga ada! Vending machine milik WashBox24 ini melayani mencuci, dry cleaning, menyetrika, bahkan juga untuk mencuci tas dan sepatu.

Nah, itulah tiga vending machine di negara-negara yang bisa Goodmates kunjungi. Gimana Goodmates? Vending machine mana yang menurut kamu paling unik dan bikin penasaran ingin dicoba?

Referensi: Logic Vending | The Creative Adventurer | Shout Singapore | Taiwan Eater | Goody Feed | Eat Book Singapore | Middle Class Singapore

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini