5 Julukan Mahasiswa yang Sering Ditemukan di Kampus

5 Julukan Mahasiswa yang Sering Ditemukan di Kampus
info gambar utama

Berbeda dengan jenjang pendidikan sekolah seperti SD, SMP maupun SMA, bangku perguruan tinggi dikenal dengan kebebasannya dalam menentukan pilihan. Dianggap telah dewasa, peraturan jenjang perkuliahan pun menjadi lebih longgar bila dibandingkan dengan sekolahan. Jadi Goodmates tidak perlu memikirkan tentang gaya rambut, gaya pakaian, dan gaya belajar.

Eits-eits, perlu di garis bawahi walaupun kampus dianggap sebagai ranah pendidikan yang lebih bebas, bukan berarti mereka tidak memiliki peraturan, ya. Ada beberapa peraturan universitas yang memang berbeda dengan sekolahan. Goodmates perlu tahu juga seperti apa peraturan yang ada di kampus kamu.

Adanya kebebasan dalam lingkup perkuliahan mendukung para mahasiswa bebas mengekspresikan diri, baik dalam sosial maupun dalam pelajaran. Lucunya lagi, dengan adanya kebebasan ini membentuk julukan-julukan yang sudah tidak asing lagi di kampus.

Jika Goodmates merupakan mahasiswa mungkin sudah tidak asing dengan julukan-julukan ini, tetapi untuk para calon mahasiswa? Nampaknya kamu wajib tahu julukan-julukan ini. Julukan apa saja, ya? Goodmates bisa menebak julukannya? Berikut informasinya.

Serba-serbi julukan mahasiswa

Julukan Mahasiswa | Unsplash - Kaleidoco
info gambar

Walau tidak dikeluarkan secara resmi oleh pihak universitas, julukan-julukan yang diberikan pada mahasiswa ini cukup populer, lo. Jadi kamu pun dapat memberikan julukan tersebut kepada kawan sebaya sesuai dengan ciri-ciri julukan yang ada.

Ciri-ciri? Ya, julukan mahasiswa ini terbentuk berdasarkan ciri-ciri yang melekat pada setiap personal mahasiswa itu sendiri. Penasaran dengan julukan dan ciri-cirinya? Berikut kita simak informasinya.

1. Kupu-kupu

Julukan ini sudah tidak lagi asing dan bahkan cukup mendominasi seisi kampus. Kupu-kupu singkatan dari 'kuliah-pulang', artinya mahasiswa yang satu ini benar-benar pergi ke kampus hanya untuk belajar dan pulang setelah jadwalnya selesai.

Biasanya mahasiswa tipe ini tidak begitu tertarik dengan organisasi atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang telah disediakan oleh pihak kampus. Namun, bukan berarti mereka yang tidak aktif di kampus ini tidak aktif di luar. Ada banyak mahasiswa penyandang julukan ini yang mungkin aktif dengan organisasi luar atau mungkin sudah bekerja di sebuah instansi. 

2. Kura-kura

Julukan ini merupakan kebalikan dari Kupu-kupu. Kura-kura atau yang bisa kamu sebut mahasiswa yang kerjanya 'kuliah-rapat', alias mahasiswa ini merupakan sosok yang super aktif baik di organisasi maupun UKM kampus.

Selain disebut Kura-kura, mahasiswa ini juga disebut sebagai 'Budak Proker' yang artinya selalu sibuk menyiapkan program kerja untuk keberlangsungan organisasi atau UKM yang diikutinya. Pokoknya, pantang pulang sebelum selesai.

3. Kuda atau Kucu

'Mengambil kesempatan dalam kesempitan', penggal kata tadi sangat mendeskripsikan kubu yang satu ini. Kuda atau 'kuliah-dagang' atau juga Kucu yang artinya 'kuliah-cuan', walau namanya berbeda tetapi mereka memiliki tujuan yang sama, kok. 

Apa lagi kalau bukan menghasilkan uang alias cuan? Biasanya tipe mahasiswa seperti ini bisa kamu temukan di pelataran kampus, kantin, bahkan kelas sekalipun asal ramai. Sebab semakin banyak orang peluang untuk mendapatkan uang juga akan semakin banyak.

Bagi para 'Budak Proker', julukan Kuda ini juga bisa diartikan sebagai kuliah-danus yang artinya kuliah dan juga menjajakan produk yang termasuk ke dalam modal atau dana usaha untuk menjalankan sebuah project. Kebanyakan produk yang dijajakan adalah makanan ringan.

4. Kunang-kunang

Pada awalnya julukan ini hanya memiliki satu arti yaitu 'kuliah-nangkring' alias nongkrong. Namun seiring berjalan waktu, kini Kunang-kunang juga memiliki arti lain yaitu 'kuliah-nangis'.

Mungkin, Goodmates sudah menebak seperti apa karakter mahasiswa 'kuliah-nangkring' ini, biasanya kamu akan temukan mereka di kantin atau cafe entah untuk mengerjakan tugas atau sekedar ngobrol biasa. 

Tetapi untuk 'kuliah-nangis' bisa kamu temukan di sekitar, sebab semua mahasiswa bisa mengalami ini terutama jika sedang mengerjakan banyak tugas kampus atau mahasiswa akhir yang tengah mengerjakan tugas akhir.

5. Mahasiswa Ambis

Kalau yang satu ini pasti sudah bisa Goodmates tebak mahasiswa seperti apa yang menyandang julukan ini, bukan? Betul, mahasiswa ambis atau mahasiswa ambisius biasanya energik saat berhadapan dengan mata kuliah ataupun organisasi.

Tidak jarang juga mahasiswa ambis ini menjadi bahan pembicaraan sebab keaktifan entah dalam menjawab pertanyaan dosen, atau juga mengikuti banyak organisasi tanpa merasa lelah sedikitpun.

Biasanya juga mahasiswa ini sering dibutuhkan oleh seisi kelas sebab mereka dapat membantu mahasiswa yang lain untuk mendongkrak nilai sehingga bisa selamat dari yang namanya tinggal kelas atau mengulang kelas.

Bagaimana nih, Goodmates? Setelah mengenal julukan-julukan di atas, apakah kamu sudah menemukan julukan yang sekiranya cocok untuk kamu?

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini