Tingkatkan Rasa Percaya Diri dengan 3 Tips Berikut

Tingkatkan Rasa Percaya Diri dengan 3 Tips Berikut
info gambar utama

Kepercayaan diri adalah suatu hal yang mungkin terlihat kecil tapi sebenarnya sangat penting untuk dimiliki seseorang. Percaya diri adalah salah satu hal yang bisa mengantarkan seseorang menuju kesuksesan.

Pernahkah kamu melihat presentasi Jeff Bezos atau Elon Musk? Mereka melakukan presentasi dengan sangat optimis, hal itulah yang menjadi salah satu bekal kesuksesan mereka.

Tidak hanya dalam hal presentasi saja, percaya diri juga sangat diperlukan dalam berbagai hal lainnya. Maka dari itu, sangat penting bagi seseorang untuk memiliki rasa percaya diri yang kuat.

Untuk itu, kali ini kita akan membahas beberapa tips untuk membangun rasa percaya diri. Selengkapnya, bisa kamu cek di bawah ini.

Jangan takut untuk tidak disukai 

Salah satu hal yang membuat seseorang tidak percaya diri, adalah perasaan dimana dia takut jika apa yang dilakukannya tidak disukai orang. Salah satu takut jika kita membuat kesalahan dan kesalahan itu akan terus diingat oleh orang lain.

Percayalah, tidak semua kesalahan kita akan membekas pada ingatan orang lain dalam waktu yang lama. Tidak seperti yang ditakutkan, bahwa orang lain akan mengingat-ngingat kesalahan kita, justru pada kenyataannya mereka tidak akan benar-benar mengingat hal tersebut.

Maka dari itu, jangan jadikan “ketakutan untuk berbuat salah” ini menjadi penghalang untuk melakukan sesuatu. Lagipula, jika memang orang lain benar-benar mengingat kesalahan kita, kita masih bisa memperbaikinya kok.

Perbanyak membaca

Tidak diragukan lagi bahwa membaca adalah salah jalan utama untuk memperbanyak pengetahuan. Pengetahuan yang luas adalah salah satu fondasi bagi seseorang untuk tampil lebih percaya diri. 

Dengan pengetahuan yang luas, kamu akan menjadi lebih siap dalam berargumen di depan publik. Mulai dari buku tentang politik, sosial budaya, sejarah, hingga buku tentang olahraga sekalipun, semuanya bisa kamu baca untuk membuatmu menjadi seseorang yang lebih matang dan berani tampil di depan publik.

Selalu berani untuk mencoba hal baru

Ilustrasi│Japheth Mast/Unsplash
info gambar

Selalu berani untuk mencoba hal baru, khususnya mencoba hal baru yang sebelumnya adalah hal yang kamu takutkan, dapat membantu menumbuhkan rasa percaya diri kamu. Keberanian untuk mencoba hal baru inilah yang akhirnya akan membiasakanmu menjadi orang yang lebih percaya diri.

Terlebih lagi jika kamu berani mencoba hal baru yang sebelumnya adalah hal yang kamu takutkan, atau bisa juga dibilang mencoba untuk keluar dari “zona nyaman”. Hal yang kamu takutkan untuk melakukan hal baru, tidak semuanya akan terjadi, atau bahkan sama sekali tidak akan terjadi.

Pada akhirnya kamu hanya akan merasa, “Oh, ternyata hanya seperti ini”. Setelah kamu mencapai titik itu, secara alami kamu akan berubah menjadi orang yang lebih percaya diri, dan berani untuk melakukan hal baru lebih banyak lagi.

Referensi: IncSuccesCNN Indonesia

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini