Melihat Perkembangan Pembangunan Masjid Futuristik Karya Ridwan Kamil di Gaza

Melihat Perkembangan Pembangunan Masjid Futuristik Karya Ridwan Kamil di Gaza
info gambar utama

Warga Palestina di Gaza sudah mulai melihat wujud dari Masjid Syaikh Ajlin yang dirancang Ridwan Kamil, karena kini progres masjid berlantai tiga tersebut sudah mencapai 80 persen.

Keberadaan Masjid Syaikh Ajilin merupakan hal yang sangat berharga bagi warga Gaza, setelah masjid sebelumnya hancur karena serangan tentara Israel pada 2014 lalu.

Foto: Instagram @sheraze_aliya_gaza)
info gambar

Masjid ini memang dirancang khusus oleh Ridwan Kamil, dengan mengusung konsep keseimbangan hubungan antara seorang muslim dengan Illahi, manusia, dan alam, desain masjid Syaikh Ajlin ini dipilih oleh warga setempat.

Konsep itu, kata Ridwan Kamil, direpresentasikan lewat tiga bangunan utama masjid yang didesain dengan gaya futuristik dan menyerupai bentuk bambu runcing. Struktur tertinggi di tengah, yaitu habluminallah.

Sementara, di kiri dan kanan ada hablumminannas dan hablumminalalam. Maknanya, yakni kehidupan manusia harus seimbang dalam hubungan pada Allah, manusia, dan alam.

Desain Masjid Syeikh 'Ajlin Gaza, Palestina yang dibuat Ridwan Kamil.(Dokumentasi Ridwan Kamil)
info gambar
Desain Masjid Syeikh 'Ajlin Gaza, Palestina yang dibuat Ridwan Kamil (Dokumentasi Ridwan Kamil)
info gambar

Para pemuka agama dan masyarakat Gaza pun memilih desain masjid yang tak memiliki kubah. Emil mengatakan, masyarakat Gaza memilih desain yang futuristik karena ingin memberi kesan ada kemajuan zaman.

Masjid futuristis ini dibangun megah di tepi laut Mediterania, dan akan memiliki tiga lantai yang rencananya akan difungsikan juga untuk madrasah bagi warga setempat. Masjid Syaikh Ajilin sekaligus menjadi simbol merajut dan memperkuar hubungan antara Palestina dan Indonesia.

“Kalau masjid ini selesai, harapan warga Gaza bisa beribadah kembali dengan nyaman terwujud lewat pembangunan Masjid Syaikh Ajilin. Saya titip atas nama kemanusian dan ukhuwah Islamiyah kita bantu sedekah infak langsung dan digital untuk menggenapkan kemuliaan seluruh pembangunan ini,” kata Ridwan Kamil dikutip dari kompas.com.

Sumber: Republika | Kompas | Liputan 6

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

AH
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini