Ingin Mahir Membuat Podcast? Kenali Komunitas Podcast Campus

Ingin Mahir Membuat Podcast? Kenali Komunitas Podcast Campus
info gambar utama

Beberapa waktu belakangan, konten berjenis podcast banyak digandrungi. Mulai dari kalangan anak muda hingga orang dewasa, banyak yang menjadi penggemar juga pembuat dari jenis konten audio satu ini.

Fakta menariknya, podcast sudah memiliki padanan kata dalam bahasa Indonesia. Meski masih banyak yang belum familiar, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia podcast disebut juga sebagai siniar.

Kini podcast hadir dengan topik yang beragam. Mulai dari isu sosial, tentang kehidupan, hiburan yang banyak diselipkan cerita jenaka, hingga bergenre horror juga ada, lo.

Enggak heran kalau penikmat podcast cukup banyak sebab pendengar dapat menyesuaikan dengan topik kesukaannya. Kalau kamu tertarik ingin belajar memproduksi podcast juga, mungkin kamu ingin bergabung dengan komunitas satu ini!

Komunitas podcast pertama dan terbesar di Indonesia

Komunitas Podcast Campus. | Foto: Podcast Campus Digital Creative
info gambar

Podcast Campus Digital Creative merupakan komunitas yang menghimpun para anak muda untuk bisa berkarya dalam dunia podcast. Komunitas yang telah berdiri sejak tahun 2019 ini disebut-sebut sebagai komunitas terbesar dan pertama di Indonesia.

Memiliki fokus kepada mahasiswa dan siswa di seluruh Indonesia, komunitas ini mempunyai visi untuk dapat memajukan industri podcast di tanah air. Tujuannya, agar lebih berkualitas dengan cara menciptakan beragam channel podcast yang diisi konten berkualitas tinggi.

Bagi Goodmates yang masih duduk di bangku perkuliahan atau sekolah menengah atas, ini merupakan sebuah kesempatan bagus untuk memperkaya ilmu dan pengalaman. Sebab, dilansir dari instagram @podcastcampus, bergabung dengan komunitas Podcast Campus tidak hanya belajar cara membuat podcast dari tahapan pra-produksi.

Mulai dari menyusun ide hingga proses produksi dan publikasi, terdapat pula kegiatan lainnya yang dapat menambah wawasan seperti event seputar podcast atau bootcamp session.

Jangan lupakan juga relasi yang dapat kamu peroleh, gak menutup kemungkinan kamu dapat berkenalan dengan para podcaster nasional yang sudah ahli dalam bidang podcast. Biasanya, terdapat beberapa posisi yang dibuka saat pendaftaran. Kamu dapat menyesuaikan pilihan sesuai minat dan bakat yang kamu punya.

Selain bisa mewujudkan impian menjadi seorang podcaster handal, komunitas ini juga memberi kesempatan bagi kamu untuk mengeksplorasi kemampuan lainnya. Misalnya, ingin belajar bagaimana cara menentukan topik podcast dan membangun script agar lebih menarik? Kamu bisa bergabung dengan posisi program director.

Sesuai visi dan misi yang ingin diwujudkan, hingga kini Podcast Campus sudah memiliki banyak member komunitas dari berbagai kampus di Indonesia. Mulai dari Universitas Padjadjaran, Institut Pertanian Bogor, Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Airlangga, Universitas Udayana dan Universitas Sebelas Maret.

Jika yang tadi diperuntukan untuk Goodmates yang sedang menempuh perguruan tinggi, untuk kamu yang masih duduk di bangku sekolah menengah atas juga memiliki kesempatan kok untuk mengenal dunia podcast sejak dini.

Setelah sukses dengan Podcast Campus, komunitas ini memperlebar sayap dengan melahirkan komunitas yang khusus diperuntukan untuk murid kelas 10 dan kelas 11 SMA dengan nama Podcast School.

Melansir dari instagram @podcastschool_, sesuai dengan tujuannya, komunitas ini juga menyuguhkan berbagai macam informasi yang dibutuhkan untuk siswa sekolah menengah atas. Mulai dari seputar jalur pendaftaran masuk kuliah sampai kiat-kiat memilih jurusan kuliah.

Kalau Goodmates tertarik ingin bergabung bersama komunitas ini, kamu dapat terus memantau akun Instagram dari @podcastcampus atau @podcastschool_ untuk mengetahui kapan dan kampus mana saja yang sedang membuka pendaftaran.

Kamu juga dapat mengunjungi situs resmi mereka di podcastcampus.com untuk lebih mengenal deskripsi kerja setiap posisi agar sesuai dengan minat dan bakat yang kamu punya. Selamat mencoba, Goodmates!

Referensi: Podcast Campus Digital Creative | Instagram @podcastcampus

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini