Cara Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Tanpa Ikut Les

Cara Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Tanpa Ikut Les
info gambar utama

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang paling banyak digunakan oleh penduduk dunia. Menguasai bahasa ini bermanfaat untuk komunikasi dalam segala bidang. Jangan khawatir, kini kamu bisa belajar bahasa Inggris secara otodidak tanpa mengikuti les.

Menurut studi dalam Annals of Neurology, orang yang mahir dalam dua bahasa memiliki kemampuan konsentrasi yang lebih baik daripada mereka yang hanya berbicara satu bahasa.

Lalu, bagaimana cara yang bisa yang kita lakukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris? Berikut cara belajar bahasa Inggris yang mudah, praktis, dan tanpa perlu ikut kursus.

1. Ganti Pengaturan Bahasa di Gadget ke dalam Bahasa Inggris

Ilustrasi gadget | Foto: Karolina Grabowska/Pexels
info gambar

Cara yang pertama ini merupakan langkah awal dan paling sederhana yang bisa kamu lakukan. Kamu hanya perlu mengubah pengaturan bahasa di handphone, laptop, atau tablet yang kamu miliki ke dalam bahasa Inggris. Tujuannya agar kamu semakin terbiasa dengan tulisan dalam bahasa Inggris.

2. Menonton Film dan Video Bahasa Inggris

Ilustrasi menonton film | Foto: Cottonbro/Pexels
info gambar

Siapa yang gemar menonton film atau video di youtube? Sudah saatnya kamu membiasakan diri dengan tontonan berbahasa Inggris. Ada banyak film, serial, dokumenter, video-video berbahasa Inggris yang bisa kamu pilih sesuai minat masing-masing.

Jika memang kamu tidak menonton video berbahasa Inggris, melalui platform streaming seperti Netflix, Disney+ atau lainnya, kamu bisa mengaktifkan terjemahan dalam bahasa Inggris.

Sebaliknya, jika tontonan tersebut berbahasa Inggris, kamu tinggal mematikan fitur terjemahan bahasa Indonesia yang ada. Kemudian, cobalah ulangi kembali kalimat yang kamu dengar dan usahakan pelafalan serta intonasinya sama.

Belajar dengan cara ini memungkinkan kamu melatih kemampuan mendengar, menambah kosa kata, berlatih struktur kalimat yang biasa digunakan native speaker, terbiasa dengan pronunciation, dan menambah pengetahuan.

Bagi kamu yang ingin melatih kemampuan aksen british, kamu juga bisa menonton rekomendasi film berikut ini dari Goodside.

3. Mendengarkan Musik atau Audio Bahasa Inggris

Ilustrasi mendengarkan lagu | Foto: Burst/Pexels
info gambar

Jika kamu berada di transportasi umum, melakukan aktivitas seperti menyetrika, memasak, beberes rumah, dan lainnya, kamu bisa manfaatkan momen ini untuk melatih bahasa Inggrismu. Cobalah dengarkan lagu, podcast, dan audiobook berbahasa Inggris.

Ibarat kata pepatah “Sambil menyelam minum air”, kamu jadi bisa melakukan dua aktivitas bermanfaat sekaligus. Pilih topik-topik serta lagu favoritmu, kamu bisa mengaksesnya melalui Spotify, Noice, Inspigo, Apple Podcast, dan berbagai platform lain.

Jika memungkinkan, tandai kata-kata baru yang belum kamu ketahui untuk cari tahu maknanya. Dengan begitu kamu dapat menambah kosa kata baru serta melatih kemampuan mendengarkan.

4. Gabung Komunitas atau Organisasi Bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris melalui komunitas atau organisasi bisa jadi opsi yang patut kamu coba. Pasalnya, lingkungan yang ada di komunitas atau organisasi tersebut akan sangat mendukung. kamu akan bertemu banyak orang yang memiliki tujuan yang sama yaitu bisa berbahasa Inggris dengan lancar.

Ada kalanya kita butuh bantuan orang lain untuk meningkatkan kemampuan kamu. Melalui komunitas atau organisasi ini, kamu dapatmelatihketerampilanberbicara denganbantuananggotakelompoklainnya. Kamu dan lawan bicara bisa saling memberikan feedback saat berlatih berbicara.

Terlebih lagi jika tiap komunitas atau organisasi memiliki program yang menarik, seperti bermain games bahasa Inggris, speech contest, dan masih banyak lagi.

Beberapa komunitas atau organisasi yang bisa kamu ikuti, di antaranya AISEC, Toastmasters, klub bahasa Inggris di kampus atau sekolah, dan lainnya. Selain itu, kamu juga bisabergabungdengangrupbahasaInggrismelaluijejaringsosialatauplatformdigitallainnya.

5. Berbicara di Depan Cermin

Latihan bahasa Inggris depan cermin | Foto: Pexels
info gambar

Selain berbicara saat berkendara, salah waktu yang bisa kamu gunakan untuk melatih kemampuan bahasa Inggrismu ialah saat berpakaian atau berdandan di depan cermin.

Kamu bisa memulainya dengan bercerita tentang kegiatanmu hari ini, perasaanmu, apa jenis make up, atau skincare yang kamu gunakan, serta pembahasan-pembahasan yang erat kaitannya dengan kegiatan sehari-hari.

Belajar bahasa inggris dengan cara di atas sangat mudah dan seru bukan? Saat ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, pastikan juga kamu sudah mengetahui apa yang menjadi tujuanmu. Beda tujuan, beda pula cara belajar yang harus kamu lakukan.

Referensi: EF | Detik | Katadata

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini