Mengobati Rindu, Ini Dia 5 Restoran Indonesia di Luar Negeri

Mengobati Rindu, Ini Dia 5 Restoran Indonesia di Luar Negeri
info gambar utama

Selain keindahan alamnya, Indonesia juga terkenal memiliki kuliner dengan citarasa luar biasa. Bahkan, beberapa di antaranya mendapat apresiasi sebagai makanan terenak di dunia. Sayangnya, WNI di luar negeri tidak bisa menikmatinya. Untuk mengobati hal itu, kini hadir beragam restoran khas Indonesia di luar negeri.

Tidak mengherankan jika makanan-makanan Indonesia begitu lezat, sebab setiap masakan menggunakan bumbu dari rempah-rempah khas Indonesia. Selain jadi favorit oleh penduduk dalam negeri, masakan Indonesia juga memiliki banyak penggemar di luar negeri.

Tidak hanya mengenalkan makanan Indonesia ke warga negara setempat, restoran-restoran ini juga bisa jadi obat penawar rindu atas suasana tanah air bagi WNI yang rindu pulang ke Indonesia. Simak deretan restoran tersebut berikut ini.

1. Bandung Restaurant, Uni Emirat Arab

Bandung Restaurant, salah satu restoran Indonesia di luar negeri. | Foto: instagram.com/azrulazmilperali/IDN Times
info gambar

Sedang ingin makan masakan Sunda tetapi tinggal di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab? Kamu dapat berkunjung ke restoran satu ini. Mulai dari karedok, lontong sayur, nasi timbel, empal goreng, hingga soto bandung masakan Sunda semuanya tersedia di sini.

Namun, meski ada nama Bandung di dalamnya, makanan yang tersaji bukan hanya masakan Sunda saja. Menu dari Bandung Restaurant dapat cukup variatif. Tersedia berbagai macam olahan sop, nasi goreng, hingga goreng-gorengan dan makanan khas lain, seperti pempek, ketoprak, dan juga gado-gado.

Baca juga:Suka dengan Dunia Kuliner? 3 Komunitas Ini Cocok untuk Kamu

2. Warung Kita, Korea Selatan

Warung Kita, salah satu restoran Indonesia di luar negeri. | Foto: Trazy
info gambar

Dari Uni Emirat Arab kita beralih ke Korea Selatan. Jika selama ini banyak sekali budaya asal Negeri Ginseng jadi favorit warga Indonesia, kini hadir restoran Indonesia di Korea Selatan.

Tidak hanya bisa mengobati rasa rindu para warga negara Indonesia yang bermukim di Korea Selatan, restoran satu ini sekaligus bisa mengenalkan berbagai macam makanan khas Indonesia kepada warga negara setempat.

Warung Kita yang berada di Ansan siap menyuguhkan ragam masakan Indonesia. Tersedia mulai dari nasi goreng, soto ayam, rawon, bakso, sate ayam, lele goreng, rendang, ayam sambal hijau, dan masih banyak lagi yang akan memanjakan lidah para pengunjungnya.

3. Dini’s Restaurant, Denmark

Dini's Restaurant, salah satu restoran Indonesia yang berada di luar negeri. | Foto: instagram.com/dinisrestaurant/IDN Times
info gambar

Restoran satu ini tidak hanya menyajikan makanan khas Indonesia saja, melainkan hampir berbagai macam masakan Asia. Makanan khas Jepang sushi juga ada di sini. Di restoran ini kamu bisa menemukan rendang, sate, ayam kalasan, nasi kuning, hingga martabak telur.

Menariknya, nama restoran sendiri terbuat dari nama pemiliknya, yakni Dini Banowati yang berasal dari Indonesia. Dini’s Restaurant terletak di pusat kota dan cukup mudah untuk mengaksesnya. Tepatnya, berada di pusat kota Horsens, Denmark.

Baca juga:Filosofi Bijak di Balik Kuliner Jawa

4. Warkop NYC, Amerika Serikat

Warkop NYC, salah satu restoran Indonesia yang berada di luar negeri. | Foto: iNews
info gambar

Kalau kamu sudah cukup sering menemukan warkop (warung kopi) di Indonesia, sekarang waktunya warkop untuk go international! Baru-baru ini warga dunia maya sedang ramai memperbincangkan warkop di New York, Amerika Serikat.

Sedikit berbeda dari restoran Indonesia kebanyakan, Warkop NYC yang baru buka pada 3 Maret 2022 lalu ini menyajikan mi instan legendaris, Indomie sebagai menu utamanya. Tersedia pula gorengan bakwan jagung, bakwan sayur, hingga es soda gembira.

Tidak hanya makanannya, suasana Warkop NYC juga begitu homey. Rasanya seperti membawa Indonesia ke sebuah sudut di kota New York. Bagi kamu yang sedang tinggal di New York, Warkop NYC dapat menjadi pilihan tempat berkunjung untuk mengobati rasa rindu terhadap tanah air.

Baca juga:Wisata Kuliner di Bali? Jangan Lewatkan 6 Warung Legendaris Ini

5. Hardena Waroeng Surabaya, Amerika Serikat

Hardena Waroeng Surabaya, salah satu restoran Indonesia di luar negeri | Foto: Philadelphia Neighborhoods
info gambar

Selain warkop yang sudah go international, ternyata restoran Indonesia yang mirip dengan konsep warteg (warungTegal) juga hadir di Amerika Serikat. Masih berlokasi di Negeri Paman Sam, restoran Indonesia satu ini berlokasi di Philadelphia, Pennsylvania.

Meski memiliki nama Surabaya dalam nama restorannya, Hardena Waroeng Surabaya menyediakan berbagai macam menu masakan khas Indonesia. Mulai dari rendang, lodeh, tempe orek, oseng sayur, hingga aneka seafood.

Tidak hanya makanannya yang lezat, suasananya juga terasa seperti kampung halaman sendiri. Dengan berbagai macam masakan berjajar, layaknya penataan masakan yang ada di warteg.

Referensi: Tripadvisor | ZomatoDetik | IDN Times 

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini