Kuliah Gratis di Kanada dengan Beasiswa S1, Patut Kamu Coba!

Kuliah Gratis di Kanada dengan Beasiswa S1, Patut Kamu Coba!
info gambar utama

Kanada menjadi salah satu negara yang populer sebagai tujuan melanjutkan studi. Berbekal beasiswa dan standar pendidikannya yang bagus, Kanada memiliki biaya hidup terjangkau dan keberagaman penduduk yang menjadikan negara ini ramah bagi pendatang.

Mengutip dari situs idp, Kanada mempunyai 7 perguruan tinggi yang masuk ke dalam peringkat 200 besar dunia menurut QS World University Rankings 2020. Sebut saja, University of British Columbia, University of Toronto, University of Alberta, University of Waterloo, dan masih banyak lagi.

Kuliah di Kanada secara gratis bukan sebuah hal yang mustahil, lo. Banyak sekali beasiswa S1 yang tersedia. Untuk itu, GoodSide sudah merangkum sejumlah beasiswa di Kanada yang patut kamu coba.

Beasiswa International Major Entrance Scholarship (IMES)

Kampus British Columbia | Foto: Holcim foundation
info gambar

University of British Columbia (UBC) di Kanada menawarkan beasiswa bagi pelajar internasional. Program bernama International Major Entrance Scholarship (IMES) akan menanggung biaya perkuliahan maksimal sebesar USD25.000 atau sekitar Rp356 juta per tahun.

Terdapat sejumlah persiapan yang harus kamu perhatikan apabila ingin mendaftar beasiswa satu ini. Hal utama, sudah pasti kamu harus mengantongi izin belajar di Kanada dari kedutaan dan sudah resmi menjadi mahasiswa UBC. Selanjutnya, memenuhi persyaratan standar bahasa Inggris sekaligus menunjukkan prestasi akademik yang unggul.

Baca juga:Ingin Kuliah ke Thailand? Simak Beasiswa S2 dan S3 Berikut

Apabila tertarik, kamu harus memperhatikan 4 jenis jalur beasiswa ini dengan menyesuaikan latar belakang calon penerima.

  1. Karen McKellin International Leader of Tomorrow Award untuk pelajar berprestasi akademik, mempunyai keterampilan kepemimpinan, serta terlibat langsung dalam pengabdian masyarakat.
  2. Donald A. Wehrung International Student Award bagi siswa berprestasi dari wilayah miskin atau terdampak perang.
  3. International Impact Award kepada pelajar yang menyatakan komitmen dan solusi terkait isu keadilan sosial, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, perubahan iklim, kesetaraan dan inklusivitas, hingga kebebasan berpendapat.
  4. Vantage One Excellence Award untuk siswa internasional berprestasi yang belum memenuhi standar penerimaan Bahasa Inggris untuk penerimaan langsung UBC.

Beasiswa Lester B. Pearson International Scholarship Program

Mahasiswa di Universitas Toronto | Foto: School News
info gambar

Beralih ke University of Toronto, terdapat beasiswa Lester B. Pearson khusus untuk siswa/i internasional yang bisa kamu coba. Beasiswa S1 ini merupakan beasiswa penuh mencakup biaya pendidikan (tuitionfee), tunjangan buku, dan biaya tidak terduga (insidental). Tidak lupa juga dengan akomodasi tempat tinggal penuh selama empat tahun di Kota Toronto, Kanada.

Kalau ingin mengajukan beasiswa Lester B. Pearson, kamu harus mendapatkan nominasi terlebih dahulu dari sekolah asalmu. Pihak sekolah akan melengkapi formulir nominasi, lalu mengajukan nama siswa sebagai nominee agar bisa memperoleh beasiswa.

Baca juga:Daftar 7 Beasiswa S1 Dalam Negeri yang Patut Kamu Coba

Adapun kriteria penting lain yang wajib terpenuhi, yakni sertifikasi kemampuan bahasa Inggris. Lebih rinci, kamu harus memiliki skor TOEFL iBT dengan minimal total 100 (plus minimal skor 22 untuk Writing); IELTS minimal. 6.5 (dengan masing-masing nilai di atas 6.0); atau sertifikat bahasa yang setara.

Beasiswa Humber International Entrance

Potret Humber College | Foto: Scholarship Positions
info gambar

Humber College yang berlokasi di Ontario bisa menjadi pilihan studi yang tepat buat kamu jika ingin berkuliah di Kanada. Kampus yang satu ini tidak hanya menawarkan kualitas pendidikan berstandar internasional, tetapi juga menyediakan program beasiswa. Salah satunya Humber International Entrance Scholarship.

Beasiswa Humber mencakup biaya pendidikan dan beasiswa tambahan masing-masing senilai $5.000 serta $1.000. Untuk beasiswa kuliah penuh dan tunjangan $5.000, kamu dapat melakukan perpanjangan setiap tahunnya dengan syarat mempertahankan nilai minimal 75 persen. Di sisi lain, tunjangan sebesar $ 1.000 hanya bisa kamu terima sebanyak satu kali.

Baca juga:Menilik Perbedaan Antara UIN, IAIN, dan STAIN

Syarat untuk memperoleh beasiswa ini hampir sama dengan yang lain. Antara lain salinan resmi ijazah SMA, transkrip nilai, prestasi akademik, sampai surat bukti kemahiran berbahasa Inggris (TOEFL/IELTS).

Pengajuan beasiswa baru boleh kamu lakukan setelah mendaftar dan resmi bergabung ke dalam Humber College. Sebagai catatan, beasiswa Humber International Entrance ini bersifat parsial, artinya biaya hidup, akomodasi, serta kebutuhan lain masih perlu kamu biayai sendiri.

Nah, itulah beberapa rekomendasi beasiswa S1 Kanada yang dapat kamu coba. Sebelum mendaftar, persiapkan diri sebaik mungkin agar beasiswa yang kamu inginkan bisa kamu dapatkan.

Referensi: Okezone.com | Ruangguru

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini