Anti Goreng! Ini Deretan Makanan Rebus yang Menyehatkan

Anti Goreng! Ini Deretan Makanan Rebus yang Menyehatkan
info gambar utama

Makanan rebus mungkin tidak lebih populer daripada makanan goreng. Jika kamu salah satu yang suka makanan goreng, coba perhatikan apakah pengolahannya cocok dengan mengolah makanan tersebut.

Pasalnya, ada beberapa jenis makanan yang memang tidak cocok pengolahannya apabila dengan cara menggoreng. Ada beberapa makanan yang justru lebih sehat jika kamu mengolahnya dengan cara merebus dan citarasanya tidak kalah enak.

Di sisi lain, akhir-akhir ini permasalahan langkanya dan meningkatnya harga minyak goreng di Indonesia menjadi perdebatan sendiri di kalangan masyarakat. Hal itu membuat makanan rebus bisa menjadi salah satu cara alternatif untuk kamu lakukan saat ini. Meski tidak semua jenis makanan bisa melalui proses rebus.

Namun, ada beberapa makanan yang justru lebih sehat jika mengolahnya dengan cara merebus. Hal ini karena merebus makanan akan membuat senyawa komplek dalam makanan pecah ke dalam senyawa sederhana sehingga tubuh lebih mudah mencerna.

Apabila kamu merasa bosan dengan jenis makanan yang pengolahan dengan cara goreng, kamu bisa coba merebusnya. Berikut deretan bahan makanan yang lebih sehat jika melalui proses rebus.

1. Kentang

Kentang untuk makanan rebus | Foto: Unsplash
info gambar

Jika kamu suka kentang goreng, sebaiknya hentikan kebiasaan itu. Kentang goreng memiliki kandungan lemak dan kalori yang besar. Kamu bisa merebus kentang untuk membuatnya lebih menyehatkan dan rasanya pun tidak kalah lezat.

Baca juga:Hati-Hati! Ada Bahaya di Balik Penggunaan Sedotan Besi

Ahli gizi menunjukan bahwa kentang rebus adalah salah satu cara terbaik untuk mengisi perut. Hal ini karena kentang rebus lebih mengenyangkan daripada kentang goreng. Maka, mengonsumsi kentang rebus tidak perlu khawatir memikirkan penambahan berat badan.

2. Udang

Udang untuk makanan rebus | Foto: Unsplash
info gambar

Jenis seafood satu ini juga termasuk salah satu makanan yang ternyata lebih menyehatkan jika mengolahnya dengan cara merebus. Pasalnya, memanaskan udang secara berlebihan akan menghancurkan kandungan mineral laut halus yang terdapat di dalamnya.

Kamu bisa mengolah udang dengan cara menambahkannya pada sup, kari, atau salad agar rasanya tidak kalah lezat daripada udang goreng.

3. Telur

Telur untuk makanan rebus | Foto: Unsplash
info gambar

Apakah kamu termasuk orang-orang yang suka makanan olahan telur goreng, seperti omlet atau martabak telur? Jika iya, kamu harus menyadari bahwa makanan tersebut tidak sepenuhnya menyehatkan untuk kamu konsumsi secara berlebihan.

Bukan tanpa sebab, hal Itu karena telur lebih menyehatkan jika kamu merebusnya. Protein dari telur rebus sangat bagus bagi kesehatan karena dapat membantu menjaga kestabilan gula darah.

Baca juga:Waspadai Bahaya Terlalu Sering Memakai Celana Jeans Ketat

4. Jagung

Jagung untuk makanan rebus | Foto: Unsplash
info gambar

Popcorn adalah makanan yang enak dan banyak orang mengonsumsinya. Terlebih, popcorn menjadi salah satu makanan yang selalu menemani kegiatan sehari-hari, seperti mengerjakan tugas, bermain, hingga menonton.

Akan tetapi, jagung ternyata lebih sehat jika kamu merebusnya. Jagung rebus memiliki kandungan vitamin B yang baik bagi kesehatan dan menyediakan mineral penting bagi tubuh, seperti seng, magnesium, tembaga, besi, dan mangan.

5. Kacang Hijau

Kacang hijau untuk makanan rebus | Foto: Unsplash
info gambar

Terakhir ada kacang hijau rebus yang memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Kacang hijau rebus mempunyai sekitar empat gram serat dan sebagian berserat larut. Serat larut dapat membantu menurunkan LDL atau kolesterol jahat dan kadar kolesterol total.

Kacang hijau rebus juga dapat mendukung kesehatan jantung, dengan menurunkan tekanan darah serta mengurangi peradangan.

Manfaat Makanan Rebus

Illustrasi makanan rebus | Foto: Pexels
info gambar

Seperti penjelasan di atas, makanan rebus pada dasarnya lebih menyehatkan daripada makanan goreng. Sayangnya, tidak semua orang suka dengan makanan rebus. Padahal, makanan rebus memiliki segudang manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Baca juga:Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Agar Tetap Sehat

Makanan rebus bagus bagi kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan karena mengandung kalori lebih sedikit. Selain itu, makanan rebus juga lebih mudah tercerna oleh tubuh.

Tak hanya itu, makanan rebus bisa untuk mempercantik kulit, membantu pertumbuhan rambut, mencegah dan mengobati batu ginjal, hingga mengobati radang lambung. Mulai saat ini, sebaiknya kamu mencoba untuk mengonsumsi makanan rebus. Meskipun bagi sebagian orang tidak lebih enak daripada makanan goreng, makanan rebus memberikan manfaat yang jauh lebih baik bagi kesehatan tubuh.

Referensi: Antara | Suara | IDN Times

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini