Tidak Hanya QWERTY, Ternyata Keyboard Ada Banyak Jenisnya

Tidak Hanya QWERTY, Ternyata Keyboard Ada Banyak Jenisnya
info gambar utama

Keyboard merupakan barang wajib untuk menunjang pekerjaan sehari-hari. Selain QWERTY yang sering kita gunakan, ternyata papan ketik alias keyboard mempunyai berbagai jenis, lo!

Ada keyboard yang berdesain unik berdasarkan konektornya, ada yang dari segi peletakkan hurufnya, sampai komponen yang berubah di dalamnya. Penasaran apa saja aneka keyboard yang eksis? Berikut GoodSide rangkum jenis-jenis keyboard.

1. Keyboard QWERTY

Keyboard QWERTY | Foto: Clay Banks/Unsplash
info gambar

Siapa yang tidak kenal dengan QWERTY? Papan ketik sejuta umat ini sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Keyboard ini pertama kali tercipta pada tahun 1878 oleh Christopher Latham Sholes, bersama ketiga rekannya Samuel W. Soule, Carlos Glidden, dan John Pratt.

Sampai sekarang, keyboard QWERTY masih bisa kita jumpai baik dalam komputer, laptop, maupun smartphone. Awalnya, urutan huruf pada keyboard ini masih bersifat alfabetis, jauh berbeda seperti sekarang. Sang pencipta, Sholes, lantas membongkarnya beberapa kali sampai mendapatkan format ‘QWERTY’ yang memudahkan pengguna dalam mengetik.

Baca juga: Bikin Produktif! Ini Dia 3 Rekomendasi Paket Keyboard dan Mouse di Bawah Rp300 Ribu

2. Keyboard Dvorak

Tampilan keyboard dvorak | Foto: Dvorak
info gambar

Pada tahun 1932, seorang profesor dan psikolog asal AS Dr. August Dvorak merancang papan ketik yang bertujuan untuk menitikberatkan beban mengetik pada salah satu tangan. 

Keyboard dvorak mempunyai desain sedemikian rupa supaya tangan kanan memegang beban lebih banyak daripada tangan kiri. Sebaliknya, keyboard QWERTY membebankan tangan kiri lebih besar ketimbang tangan kanan.

Kegunaan keyboard yang satu ini untuk membuat 70 persen ketukan jatuh pada home row sehingga bisa mengurangi kelelahan selama pengetikan. Adapun hasil uji coba penggunaan keyboard dvorak memberikan hasil lebih efisien sekitar 10 sampai 15 persen daripada QWERTY.

3. Keyboard Klockenberg

Keyboard Klockenberg | Foto: Nesabamedia
info gambar

Untuk menyempurnakan keyboard QWERTY, lahirlah jenis papan ketik Klockenberg yang memisahkan kedua sisi keyboard di bagian kiri dan kanan. Kedua bagian tersebut terpisah dengan sudut sebesar 15 derajat dan mengarah miring ke bawah. Tombolnya pun terasa lebih tipis apabila tersentuh.

Desain utama dari jenis keyboard ini sendiri untuk mengurangi beban otot pada jari, tangan, serta bahu pengguna. Meski begitu, dua bagian terpisah dari keyboard Klockenberg membuatnya kurang efisien karena memakan banyak tempat.

Baca juga: 5 Tips Menggunakan Laptop Agar Tetap Awet

4. Keyboard Chord

Ilustrasi keyboard chord | Foto: piano
info gambar

Sewaktu mendengar kata ‘chord’, apa yang terlintas di benakmu? Apakah chord untuk alat musik piano? Keyboard chord berisikan empat hingga lima tombol saja.

Fungsinya juga terbilang cukup unik. Kamu harus menekan beberapa tombol secara bersamaan saat ingin memasukkan huruf lainnya. Namun, keyboard ini terlalu menyulitkan penggunanya sehingga tidak cukup populer.

5. Keyboard Maltron

Keyboard Maltron | Foto: Tisu Coding
info gambar

Bentuk fisik keyboard ini jelas berbeda jauh ketimbang keyboard pada umumnya. Maltron mempunyai bentuk agak cekung ke dalam supaya jari-jari pemakainya tidak berada dalam posisi lurus.

Perusahaan PCD Maltron Ltd selaku penciptanya mengklaim bahwa bentuk keyboard yang berbeda tersebut bisa meningkatkan kecepatan mengetik. Selain itu, mereka juga menjamin kenyamanan pada jari tangan pengguna sewaktu mengetik sehingga terbebas dari RSI (Repetive Stress Injuries).

6. Keyboard Numeric

Keyboard numeric | Foto: Toko Komputer
info gambar

Sesuai namanya, numeric merupakan satu dari sekian jenis keyboard yang biasanya menjadi ‘teman akrab’ mereka yang berkutat dengan angka. Kamu dapat menemukannya di sejumlah toko perbelanjaan maupun grosir dalam proses input kode barang.

Baca juga: Ragam Ide Dekorasi Kamar Kos Agar Lebih Estetik

Papan ketik ini hanya terdiri atas angka dan arrow key (tombol panah) saja. Dengan begitu, keyboard numeric pun menjadi andalan untuk memasukkan angka atau bilangan dalam jumlah besar, mengingat tata letak tombolnya yang mudah terjangkau oleh tangan.

Apabila indikator num lock menyala, keyboard tersebut akan berfungsi sebagai angka. Lalu, jika num lock mati, keyboard bertugas sebagai arrow key.

7. Keyboard One-Handed

Keyboard One Handed | Foto: Razer.com
info gambar

Hampir mirip dari segi komponen, keyboard satu tangan yang satu ini memang hadir khusus untuk para gamers. Keunggulan dari keyboard one-handed adalah respon ketikkan yang tinggi dan tidak memakan banyak ruang pada meja.

Buat kamu yang suka bermain game, tidak ada salahnya untuk mencoba jenis keyboard satuini. Harganya pun lumayan bersahabat dan masih berada di bawah keyboard mekanikal umumnya.

Itulah sederet jenis keyboard yang perlu kamu ketahui. Jika ingin memilih keyboard, pastikan sesuai dengan kebutuhan supaya fungsinya tepat.

Referensi Tokopedia Pricebook | Acer ID

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini