Manfaat Tak Terduga Arang Aktif untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Tak Terduga Arang Aktif untuk Kesehatan dan Kecantikan
info gambar utama

Arang aktif atau activated charcoal menjadi salah satu bahan alami yang punya banyak manfaat. Bahkan, dalam beberapa pembahasan dunia kesehatan, banyak klaim tentang manfaat arang aktif untuk membersihkan racun dan zat berbahaya.

Sebagian orang mungkin belum sadar bahwa arang aktif memiliki manfaat, baik bagi kesehatan atau pun kecantikan. Arang aktif berbeda dengan benda untuk membuat bara api.

Membuat arang aktif biasanya dengan cara memanaskan bahan alami, seperti kayu, batok kelapa, hingga biji zaitun hingga menghasilkan bubuk arang. Adapun proses pemanasannya berfungsi untuk mengubah struktur internalnya.

Hal paling umum yang bisa kamu temukan di masyarakat adalah pemanfaatan arang aktif untuk pemutih gigi hingga deodoran. Dalam kemasan, biasanya tercantum tulisan berbahan activated charcoal. Lalu, apa saja manfaat arang aktif? 

1. Mengatasi Keracunan

Manfaat arang aktif untuk mengatasi keracunan | Foto: Unsplash
info gambar

Arang aktif adalah bahan alami yang bisa untuk mengatasi masalah keracunan. Sejak zaman dahulu, arang ini memang banyak untuk mengobati pasien-pasien yang mengalami keracunan, terutama racun yang tidak sengaja tertelan seperti makanan.

Baca juga:Mengenal Lerak, Bahan Alami Pengganti Deterjen

Hal ini karena tekstur arang aktif memiliki muatan negatif sehingga mampu menarik dan mengikat molekul bermuatan positif termasuk racun hingga gas. Arang juga tidak akan tertinggal dalam tubuh sehingga akan keluar bersamaan dengan urin dan feses.

Meski demikian, tidak semua racun bisa kamu tangani dengan arang aktif. Ada beberapa jenis racun yang tidak bisa teratasi, seperti keracunan alkohol, sianida, litium, zat besi, bensin, hingga cairan pembersih.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat arang aktif | Foto: Pixabay
info gambar

Dalam sebuah penelitian menunjukan bahwa arang aktif bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Terbukti, arang aktif mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL)

Akan tetapi, klaim ini perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas arang aktif dalam menurunkan kadar kolesterol pada tubuh.

3. Mengatasi Bau Badan

Manfaat arang aktif | Foto: Unsplash
info gambar

Sebagian dari kamu pasti pernah melihat kandungan activated charcoal pada kemasan deodorant. Ya, arang aktif memang dapat mengatasi bau badan. Maka dari itu, banyak produk deodorant menggunakan bahan arang aktif.

Baca juga: Anti Goreng! Ini Deretan Makanan Rebus yang Menyehatkan

Zat aktif dalam arang dapat menyerap bau dan aroma tak sedap, salah satunya pada area ketiak. Selain itu, arang aktif juga mampu mengendalikan kelembapan area di sekitarnya.

4. Memutihkan Gigi

Illustrasi manfaat arang aktif | Foto: Unsplash
info gambar

Dalam berbagai produk pasta gigi, arang aktif juga sering menjadi bahan yang ada di dalamnya. Hal ini karena arang aktif dapat menyerap plak dan zat lain yang bisa memicu munculnya noda pada gigi.

Arang aktif pada pasta gigi juga mampu melawan bakteri, virus, jamur, dan racun. Meski demikian, khasiat arang aktif untuk memutihkan gigi masih berdasarkan klaim dan laporan masyarakat bukan berdasarkan riset kesehatan.

5. Mencerahkan Kulit 

Manfaat arang aktif | Foto: Unsplash
info gambar

Tak hany baik untuk kesehatan, arang ini juga berguna untuk bahan masker wajah. Penggunaan masker wajah yang mengandung arang aktif mampu membuat kulit wajah tampak lebih cerah dan terbebas dari jerawat.

Kandungan senyawa aktif dalam arang mampu mengurangi produksi minyak dan mengangkat kotoran pada pori-pori. Dengan demikian, penggunaan masker arang aktif cocok buat kamu yang ingin membuat wajah bersih dan lebih cerah.

Baca juga:Tidak Hanya QWERTY, Ternyata Keyboard Ada Banyak Jenisnya

Perhatikan Penggunaan Arang Aktif

Illustrasi manfaat arang aktif | Foto: Unsplash
info gambar

Bagi sebagian orang, mengonsumsi arang aktif dapat memicu efek samping seperti rasa mual, muntah, perut terasa tidak nyaman, sembelit, hingga diare. Pemakaian arang aktif pada kulit secara berlebihan juga dapat memicu kulit kering dan kemerahan.

Oleh karena itu, jika kamu ingin menggunakan arang aktif untuk kesehatan dan kecantikan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter agar terhindar dari hal-hal yang tidak kamu inginkan.

Patut kamu perhatikan pula bahwa arang aktif bukanlah arang seperti biasa. Arang jenis ini telah melalui proses aktivasi dengan suhu tinggi. Meskipun terbuat dari bahan yang serupa, arang biasa berpotensi mengandung bahan beracun untuk tubuh.

Bagi umat Islam, perlu juga memperhatikan bahan dari arang aktif hingga proses pembuatannya. Mengingat ada beberapa informasi mengenai arang aktif yang terbuat dari bahan tidak halal. Maka, kamu perlu untuk memastikannya terlebih dahulu.

Referensi: Hello Sehat | Alodokter | Sehatq

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini