Solusi Baca Buku Saat Puasa Supaya Tidak Bikin Ngantuk

Solusi Baca Buku Saat Puasa Supaya Tidak Bikin Ngantuk
info gambar utama

Ada banyak kegiatan dan hobi yang bisa kita pilih untuk menghabiskan waktu saat berpuasa. Membaca buku menjadi salah satu hobi dengan banyak penggemar. Meski begitu, ada tantangan tersendiri di balik hobi membaca saat berpuasa, yaitu rasa kantuk yang sering tidak tertahankan.

Sebenarnya, membaca sendiri merupakan aktivitas menenangkan yang memang berpotensi membuat seseorang mengantuk meski tidak berpuasa. Terlebih, jika Goodmates membaca buku setelah menjalani hari yang melelahkan, rasa kantuk akan lebih mudah menyerang.

Saat berpuasa, energi jadi lebih terforsir dan seringkali membuat tubuh jadi lemas. Hobi membaca juga jadi lebih menantang karena kita cenderung lebih mudah mengantuk. Akan tetapi, hal itu bisa kita akali! Berikut lima solusi atasi rasa kantuk saat baca buku.

1. Baca Buku Tanpa Posisi Nyaman

Baca buku dengan duduk tegak akan mencegah rasa kantuk | Foto: cottonbro/Pexels
info gambar

Membaca buku sambil rebahan di kasur atau sofa yang empuk terdengar sangat nyaman dan menyenangkan. Namun, Goodmates justru akan semakin mengantuk jika membaca buku dengan posisi yang terlalu nyaman. Otak akan berpikir bahwa ini sudah waktunya untuk tidur sehingga Goodmates akan cepat mengantuk.

Untuk mengatasinya, Goodmates bisa membaca buku dengan posisi yang “kurang” nyaman, seperti duduk di kursi dengan posisi punggung yang tegak. Wah, selain mengurangi risiko mengantuk, ini juga bisa membantu memperbaiki postur tubuh, lo!

Baca juga:Trashion, Konsep Sustainable Fashion Berbahan Dasar Sampah

2. Sering Menggerakkan Tubuh

Aktif bergerak selama berpuasa bisa jadi solusi mencegah kantuk saat baca buku | Foto: Mikhail Nilov/Pexels
info gambar

Kita sering berpikir bahwa penyebab rasa lemas dan kantuk saat puasa adalah karena tidak ada makanan yang kita konsumsi. Padahal, ada faktor lain yang menyebabkan hal itu, seperti kurangnya gerak tubuh.

Terlebih saat pandemi, banyak orang berkegiatan di depan layar gadget tanpa harus banyak menggerakkan tubuh. Oleh karena itu, agar Goodmates tidak mudah mengantuk saat membaca atau melakukan aktivitas lain.

Goodmates harus sering menggerakkan tubuh, seperti berolahraga ringan, membersihkan rumah, atau yoga. Bila memungkinkan, Goodmates bisa membaca buku sembari berjalan di atas treadmill.

Baca juga: Unik! Google Punya Fitur Baru Khusus Bulan Ramadan

3. Pastikan Waktu Tidur Terpenuhi

Mengatur pola tidur saat berpuasa penting untuk membuat kita tidak mudah mengantuk dalam aktivitas keseharian | Foto: Craig Adderley/Pexels
info gambar

Kata lain dari mengantuk adalah kurang tidur. Maka, solusi yang terpenting dari masalah ini adalah tidur yang cukup di malam sebelumnya.

Selama berpuasa, Goodmates bisa mengatur pola tidur agar mencukupi asupan energi yang Goodmates butuhkan. Tujuannya untuk menjalani segala aktivitas harian, termasuk menjalankan hobi membaca buku.

Usahakan untuk tidur lebih awal agar Goodmates bisa bangun di jam sahur dan tidak tidur setelahnya. Hal tersebut penting karena tidur setelah sahur akan membuat Goodmates bangun kesiangan dan menurunkan semangat untuk beraktivitas.

4. Menandai Bagian Penting Bacaan

Aktif menandai bagian penting dalam buku bisa mencegah kantuk | Foto: Karolina Grabowska/Pexels
info gambar

Saat membaca buku nonfiksi seperti buku self development atau buku keagamaan, Goodmates akan sering menemukan hal penting yang ingin Goodmates ingat selalu.

Nah, Goodmates bisa “lebih aktif” saat membaca dengan menandai bagian-bagian yang penting menggunakan highlighter atau sticker penanda.

Menjadi lebih aktif saat membaca seperti itu juga bisa membantu mengatasi rasa kantuk. Bukan hanya membaca, otak Goodmates juga akan sibuk memikirkan warna highlight yang cocok sehingga tidak mudah mengantuk.

Baca juga: Ide Kegiatan Sosial Komunitas Selama Bulan Suci Ramadan

5. Membaca Sedikit Demi Sedikit

Alokasikan waktu untuk membaca sedikit demi sedikit | Foto: JESHOOTS.com/Pexels
info gambar

Jangan memaksakan diri untuk membaca keseluruhan buku atau belasan bab meskipun buku tersebut sangat menyenangkan. Beri jeda tertentu setiap lima belas hingga dua puluh menit sekali agar pikiran Goodmates tidak jenuh dan nantinya berujung pada kantuk.

Goodmates bisa mengalokasikan waktu atau target khusus untuk membaca selama bulan puasa, seperti membaca lima belas menit sehari atau satu bab per hari. Dengan begitu, aktivitas membaca menjadi lebih nyaman dan tidak menjadi beban.

Itulah beberapa solusi yang bisa Goodmates terapkan agar kegiatan membaca buku saat berpuasa menjadi lebih bermanfaat dan enggak bikin ngantuk. Selamat mencoba, Goodmates!

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini