Cek 5 Akun Instagram Bermanfaat untuk Tingkatkan Hard Skill

Cek 5 Akun Instagram Bermanfaat untuk Tingkatkan Hard Skill
info gambar utama

#FutureSkillsGNFI

Bagi Goodmates yang baru lulus dari bangku SMA atau perkuliahan dan ingin segera mendapatkan pekerjaan, salah satu hal yang harus kamu lakukan adalah dengan memiliki hard skill. Tentu saja yang dibutuhkan oleh recruiter perusahaan yang kalian tuju.

Mengutip glints, hard skill merupakan kelompok kemampuan yang memiliki ciri khas tertentu. Cirinya yang paling khas adalah mudah ternilai. Hard skill biasanya dapat kita pelajari melalui pengajaran sekolah, pelatihan, membaca buku, dan lain-lain.

Intinya, hard skill itu merupakan tolok ukur sejauh mana kemampuan kita untuk mengerjakan sesuatu bidang pekerjaan. Tujuannya agar nantinya Goodmates bisa lebih mudah untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Berikut 5 rekomendasi akun instagram untuk mengasah hard skill yang bisa membantu Goodmates.

1. Digital Talent Scholarship Kominfo

Kominfo
info gambar

Bagi kamu yang ingin mempunyai hard skill dan berkarier dalam dunia digital, wajib untuk mengikuti pelatihan gratis ini. Platform ini dibuat oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang bekerja sama dengan banyak mitra pelatihan. Di antaranya ada Gojek, Bukalapak, AWS, Alibaba, Microsoft Indonesia, Progate, dan masih banyak lagi.

Melansir dari situs resmi dari digitalent kominfo, program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing, serta produktivitas. Tak hanya itu, kita juga akan belajar profesionalisme SDM bidang teknologi informasi dan komunikasi bagi angkatan kerja muda Indonesia, masyarakat umum, dan aparatur sipil negara.

Program DTS secara garis besar terbagi menjadi delapan akademi, yaitu:

  • Fresh Graduate Academy (FGA)
  • Vocational School Graduate Academy (VSGA) 
  • Thematic Academy (TA)
  • Professional Academy (ProA)
  • Government Transformation Academy (GTA)
  • Digital Entrepreneurship Academy (DEA)
  • Digital Leadership Academy (DLA)
  • Talent Scouting Academy (TSA)

Untuk mengikuti pelatihan dari masing-masing akademi ini, kalian wajib untuk mengisi formulir pendaftaran pada website digitalent kominfo. Selanjutnya, apabila kamu lolos administrasi, akan melakukan tes substansi untuk menentukan lolos mengikuti pelatihan yang tersedia atau tidak.

Informasi lebih lanjut mengenai tema pelatihan dan jadwal pelatihan, kamu bisa follow instagramnya, yaitu @digitalent.kominfo.

Baca juga: Menambah Jaringan Pertemanan Melalui Kampus Merdeka

2. Revou

Revou
info gambar

Selanjutnya untuk kamu yang ingin menguasai tentang digital marketing, data analytics, dan juga product management, kamu bisa untuk mengikuti free short mini course dari Revou ini.

Mini course terlaksana selama seminggu dengan berbagai narasumber yang ahli di bidangnya. Kegiatannya sangat insightfull dan akan mendapatkan sertifikat.

Tidak hanya mendengarkan penjelasan dari narasumber saja, kamu juga akan mendapatkan case study untuk bisa mengerjakannya sebagai bahan portofolio. Untuk info lebih lanjut, kamu bisa follow instagramnya, yaitu @revou_id.

Baca juga: Melihat Komunitas Mahasiswa Kece Ikatan Alumni PIMNAS

3. Harisenin.com

Harisenin
info gambar

Selanjutnya ada harisenin.com, sebuah platform edukasi yang memberikan informasi seputar cara mengatur keuangan dan kesehatan mental di lingkungan kerja. Selain itu, terdapat program pelatihan gratis di sini.

Program tersebut bernama mini school yang terdiri dari banyak tema. Di antaranya Auditor & financial analyst, digital marketing, human resources, english for professional, graphic & motion designer, serta masih banyak lagi. Untuk info lebih lanjut, kamu bisa follow instagramnya yaitu @harisenincom.

4. Jurist Wanna Be

Jurist wanna be
info gambar

Untuk kamu yang berasal dari mahasiswa atau lulusan dari jurusan hukum, kamu wajib untuk follow akun ini, yaitu @juristwannabe. Akun ini selalu memberikan informasi terkini seputar pelatihan hukum gratis atau berbayar.

Kamu akan mempelajari pelatihan legal opinion, legal corporate, legal due diligence. dan masih banyak lagi. Tidak ketinggalan info juga, ada webinar terkait isu hukum yang sedang menjadi topik pembicaraan dan juga seputar lowongan kerja bidang hukum.

Baca juga:Solusi Baca Buku Saat Puasa Supaya Tidak Bikin Ngantuk

5. Sangsang Univ Indonesia

Sangsang Univ
info gambar

Terakhir da sangsang Univ Indonesia. Pada akun instagramnya @sangsangunivid kamu bisa mengikuti berbagai macam kelas online via zoom secara gratis. Mulai dari kelas video editing, kelas bahasa korea dari tingkat dasar hingga lanjutan, creative writing class, data processing dan masih banyak lainnya.

Pada kelas ini, tidak ada batasan umur. Semua boleh belajar dan ikut lebih dari satu kelas asalkan berkomitmen untuk hadir.

Itulah 5 akun instagram rekomendasi untuk meningkatkan hard skill kamu guna menunjang karier pekerjaan yang kamu tuju. Jadi, untuk kamu yang sudah lulus tapi belum memiliki pengalaman yang cukup, jangan khawatir! Teruslah berusaha untuk meningkatkan skill hingga mendapatkan pekerjaan yang terbaik pada waktunya.

Referensi: Glints | Digital Scholarship Kominfo | harisenin

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini