Rekomendasi 5 Situs dan Aplikasi Alternatif Bagi Para Pejuang Skripsi

Rekomendasi 5 Situs dan Aplikasi Alternatif Bagi Para Pejuang Skripsi
info gambar utama

#FutureSkillsGNFI

Bagi mahasiswa semester akhir, skripsi merupakan hal wajib yang harus dibuat sebagai syarat kelulusan dari jenjang S1. Banyak mahasiswa yang mengalami kendala selama proses mengerjakan skripsi. Skripsi menjadi sesuatu yang cukup menakutkan bagi mahasiswa akhir.

Skripsi dibuat melalui prosedur yang kompleks dan ilmiah. Tantangan yang ditempuh para pejuang skripsi pun beragam. Dimulai dari dilema mencari judul penelitian, jurnal yang berbayar, sulitnya mencari referensi, terdeterksi plagiasi, dan lainnya.

Proses yang menguras banyak waktu dan tenaga dalam memperoleh data penelitian terkadang memberikan tekanan besar bagi pejuang skripsi. Namun saat ini sudah banyak situs hingga alternatif yang dapat membantu GoodMates dalam menggarap skripsi agar lebih efisien lho!.

Tentunya GoodMates juga pasti ingin menghemat waktu dan biaya selama skripsian. Untuk itu bagi GoodMates yang sedang menggarap skripsi, rekomendasi situs dan web berikut ini akan membantu GoodMates dalam mengerjakannya.

1. Sci-Hub

Situs Sci-Hub Ι Medium
info gambar

Sci-Hub ialah mesin pencari yang memiliki 88 juta jurnal hingga artikel ilmiah yang dapat diunduh secara gratis. Banyak perdebatan yang muncul tentang keberadaan Sci-Hub di dunia akademik. Namun, terlepas dari kontroversinya banyak para peneliti seperti mahasiswa dalam mengerjakan skripsinya yang terbantu dengan menggunakan Sci-Hub.

Cara mengakses Sci-Hub sangat mudah. GoodMates bisa membuka situs sci-hub.se , Salin URL atau Digital Object Identifier System (DOI) jurnal yang diinginkan, kemudian tempel di kotal pencarian Sci-Hub, terakhir klik open untuk mendownload jurnal. File jurnal yang awalnya berbayar akan terdownload secara gratis. Selain melalui situs, Sci-Hub dapat diakses melalui Telegram.

2. Online Doc Translator

Ilustrasi Onlinedoctranslator Ι Pixabay
info gambar

Bagi GoodMates yang memiliki kendala dalam menerjemaahkan jurnal internasional dalam mengerjakan skripsi, Online Doc Translator adalah solusinya. GoodMates bisa menerjemaahakan sebuah file pdf sekaligus tanpa perlu menyalin teks atau menerjemaahkannya secara manual. Hal ini tentunya sangat efisien bagi pejuang skripsi.

 Menerjemaahkan dokumen seperti jurnal dengan menggunakan Online Doc Translator tidak mengubah bentuk layout dari jurnal tersebut. Jadi GoodMates tidak perlu khawatir karena layout jurnal akan berantakan.

GoodMates bisa membuka situs www.onlinedoctranslator.com, kemudian klik Terjemaahkan sekarang, lalu klik Upload File jurnal yang diinginkan, pilih bahasa Indonesia, tunggu proses terjemaah dokumen selesai, dan kemudian klik opsi download.

3. Open Knowledge Maps

View Open Knowledge Maps
info gambar

Saat menggarap skripsi tak jarang GoodMates kebingungan mengenai topik penelitian yang akan diajukan. Maka dari itu, GoodMates memerlukan banyak referensi untuk mempersempit lingkup penelitian.

Open Knowledge Maps dapat membantu GoodMates untuk mendapatkan gambaran umum tentang topik penelitian, memberikan visualisasi terkait topik, memudahkan mengidentifikasi jurnal atau artikel yang relevan dan berguna bagi penelitian.

Penggunaanya tidak sulit. Goodmates cukup mengakses situs https://openknowledgemaps.org/ , lalu memasukan kata kunci dari penelitian, kemudian sistem akan mencari dokumen yang relevan terkait topik penelitian. Open Knowledge Maps juga menampilkan pemetaan visual sesuai topik.

4. Tesaurus

Pixabay
info gambar

Tesaurus masih terdengar asing dan belum banyak yang tahu tentang manfaatnya. Tesaurus memuat kata-kata namun memiliki fungsi berbeda dari kamus. Isi dari Tesaurus meliputi sinonim dari kata yang GoodMates cari.

Bagi pejuang skripsi, GoodMates bisa menggunakan Tesaurus sebagai alat untuk parafrase skripsi. Hal tersebut juga bermanfaat untuk menambah perbendaharaan kata.

5. iPusnas

Ilustrasi iPusnas Ι Pixabay
info gambar

Aplikasi iPusnas menyediakan akses bagi masyarakat untuk membaca buku melalui perpustakaan online. GoodMates bisa mengunduhnya di Play store dan meminjamnya dengan mudah.

Membuat skripsi membutuhkan banyak referensi baik dari jurnal maupun buku. iPusnas merupakan alternatif hemat bagi GoodMates yang ingin mencari buku untuk referensi.

Itulah beberapa situs dan aplikasi bagi GoodMates yang sedang mengerjakan skripsi. Dengan situs tersebut kamu bisa lebih efektif dalam menggarap skripsi.

Sumber : Tirto.id Ι Liputan6 Ι Cakap

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini