Ingin Belajar Anatomi Manusia? Kunjungilah 2 Museum Kedokteran di Jakarta Ini!

Ingin Belajar Anatomi Manusia? Kunjungilah 2 Museum Kedokteran di Jakarta Ini!
info gambar utama

Siapa bilang museum hanya menampilkan koleksi sejarah dan seni saja? Selain sejarah dan seni, ternyata ada pula museum yang menampilkan koleksi anatomi tubuh manusia. Yap, ternyata ada 2 museum kedokteran di Jakarta.

Walau koleksi yang ditampilkan berupa anatomi tubuh manusia, kedua museum kedokteran ini tidak menyeramkan, loh. Tata pamer dan pencahayaan yang bagus serta tampilan modern membuatnya jauh dari kesan horor.

Jika GoodMates ingin belajar tentang tubuh manusia, sepertinya harus merencanakan kunjungan untuk melihat koleksi anatomi tubuh manusia di sini. Pastinya, akan menyenangkan karena muncul rasa kagum terhadap tubuh pemberian Yang Kuasa. Tertarik? Yuk, GoodSide beritahu!

  1. iMuseum IMERI FKUI
Indonesia Museum of Health and Medicine (iMuseum) IMERI FKUI I Sumber : iMuseum
info gambar

iMuseum merupakan singkatan dari Indonesia Museum of Health and Medicine. iMuseum terletak di Jalan Salemba Raya No. 6, tepatnya berada di Lantai Lobby Gedung IMERI Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

iMuseum telah diresmikan pada 14 September 2017. Sejak saat itu, museum ini mulai melayani masyarakat umum yang ingin berkunjung sekaligus belajar tentang kedokteran, kesehatan, dan tubuh manusia. iMuseum memberikan kesan modern dan futuristis, sangat jauh dari kesan horor. Pencahayaan yang terang dan suasana warna hijau tosca melekat sebagai identitas museum ini. Terdapat 6 area di iMuseum, yaitu area lobi, etalase, edutainment, kesehatan, spesimen, dan sejarah pendidikan kedokteran di Indonesia.

GoodMates harus masuk ke area spesimen untuk dapat melihat koleksi anatomi tubuh manusia di iMuseum. Namun, GoodMates harus membuat janji terlebih dahulu untuk masuk ke area tersebut. Di area spesimen, koleksi anatomi tubuh manusia terdiri atas 6 bagian, yaitu embriologi, anggota gerak, kepala leher, otak dan medula spinalis, torak, serta abdomen pelvis.

Jika GoodMates ingin masuk ke area spesimen, paling seru bersama dengan teman-teman, keluarga, atau komunitas, karena akan ada dokter ahli yang menemani GoodMates belajar tentang anatomi tubuh manusia. Wah, serasa menjadi mahasiswa kedokteran, nih!

2. Museum Anatomi FKIK UNIKA ATMA JAYA

Museum anatomi FKIK Unika Atma Jaya I Sumber : liburananak
info gambar

Museum anatomi ini berada dalam lingkungan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Katolik Atma Jaya. Museum ini terletak di Jalan Pluit Raya No. 6, tepatnya Gedung Clara Asisi FKIK Unika Atma Jaya lantai 2. Museum ini diresmikan pada 5 Juni 1995.

Apa yang dilihat di museum anatomi FKIK Unika Atma jaya? Sepertinya namanya, pengunjung akan melihat koleksi anatomi tubuh manusia di museum ini. Begitu masuk ke museum anatomi ini, GoodMates akan langsung melihat koleksi embrio, baik dalam bentuk model peraga maupun spesimen embrio. Terdapat koleksi lain juga, mulai dari spesimen kepala hingga kaki. Selain koleksi spesimen basah, ada koleksi spesimen kering di museum anatomi ini. Koleksi spesimen basah berarti pengawetan menggunakan cairan formalin, sedangkan koleksi spesimen kering berarti menggunakan metode plastinasi.

Di sini, GoodMates akan semakin paham tentang tubuh manusia. Tidak hanya dari koleksi spesimen, tetapi akan ada bantuan penjelasan melalui berbagai video yang ditampilkan di museum anatomi.

Itulah 2 museum kedokteran berlokasi di Jakarta yang wajib GoodMates kunjungi untuk belajar tentang tubuh manusia. Sebelum berkunjung ke kedua museum kedokteran tersebut, sebaiknya GoodMates mencari tahu lebih dahulu jam buka museumnya, ya. Selamat berkunjung dan belajar, GoodMates!

 

Referensi: IMERI FKUI Museum Anatomi Atmajaya

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini