Terapkan Filosofi Kaizen, Produktivitas ala Orang Jepang

Terapkan Filosofi Kaizen, Produktivitas ala Orang Jepang
info gambar utama

Salah satu penyebab seseorang tidak produktif adalah sifat malas. Malas adalah penyakit yang sulit dicegah melalui perantara diri sendiri, loh! Sifat malas berarti suka menunda pekerjaan.

Jika tidak segera kita cegah dengan mengubah pola hidup, akibatnya hidup kita akan tidak berkembang. Bahkan, sifat malas semakin parah. Bagi Goodmates yang masih suka menunda pekerjaan, coba mulai mengubah pola hidup, yuk!

Ada banyak hal yang mudah dilakukan loh, Goodmates, termasuk menggunakan teknik kaizen ala orang Jepang. Mungkin Goodmates belum banyak tahu mengenai teknik ini. Jadi, simak pembahasannya sampai habis, ya!

Apa itu Teknik Kaizen?

Teknik Kaizen | Foto : celebrities.id
info gambar

Teknik kaizen adalah cara kerja dengan melakukan perbaikan terus menerus. Metode Kaizen berpijak pada prinsip bahwa tidak ada yang terbaik, tetapi lebih baik adalah sebuah kewajiban. Metode kaizen adalah budaya kerja yang memungkinkan adanya perubahan-perubahan kecil dengan intensitas tinggi.

Teknik ini bertujuan agar kamu terus berkembang dan berubah ke arah yang lebih baik. Caranya, dengan mengerjakan tugas kecil dalam waktu yang singkat tanpa distraksi apapun. Coba lakukan terus menerus dengan menambah tingkat kesulitan dan intensitasnya seiring berjalannya waktu.

Selain itu, teknik ini dirancang untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam menyelesaikan suatu hal sekecil apapun itu. Tentu jika kamu bisa menyelesaikannya nanti akan merasa ketagihan. Jika dilakukan dengan konsisten, kamu jadi terbiasa melakukan sesuatu tanpa merasa terbebani. Kamu juga akan lebih produktif.

Teknik ini dikenalkan oleh Masaaki Imai melalui bukunya Kaizen: The Key to Japan’s Competitive Success. Jadi, kaizen itu perubahan dalam hidup yang dilakukan secara bertahap dan perlahan tapi diulang setiap harinya secara konsisten

"Workout setiap hari tetapi cuma 10 menit?"

Kegiatan olaharaga termasuk produktif jika dilakukan secara rutin setiap hari, waktu yang sebentar tidaklah masalah. Ini tentu hal yang wajar. Dengan rutin berolahraga, maka pasti akan merasakan kesenangan serta kepuasan tersendiri karena mampu melaksanakan kegiatan produktif yang dimulai dari hal kecil.

Namun, memulai kegiatan produktif jangan hanya dilakukan sebentar, tetapi dilakukan setiap hari dengan jangka waktu yang panjang agar sudah terbiasa menjalani hari-hari yang produktif.

Prinsip Produktif dengan Teknik Kaizen

1. Membuat Standar Sukses ala Diri Sendiri

Prinsip produktif menggunakan teknik kaizen adalah membuat standar sukses ala diri sendiri dengan mengukur kemampuan diri sendiri. Cara, buatlah target keinginan kita. Misalnya, kamu ingin mengerjakan soal matematika sebanyak 20 soal per hari. Kegiatan ini harus kamu targetkan setiap harinya agar mampu mengukur kemampuan diri sendiri serta membuat hidup menjadi tertata lebih produktif.

2. Membuat To Do List!

Membuat catatan to do list merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat, karena dengan begitu kita mampu membuat target keinginan kita agar dapat tercapai. karena seseorang yang membuat to do list, biasanya menjadi lebih rajin atau bersemangat untuk menaklukkan wishlist tersebut agar segera terconteng.

Produktif dengan Teknik Kaizen

1. Tentukan Target Sederhana

Menentukan target sederhana adalah cara yang sederhana untuk memulai hidup produktif, dengan mencatat target yang ingin dicapai membuat bersemangat untuk memulai. Contoh sederhana, menargetkan diri agar bisa mengerjakan 10 soal matematika per hari.

2. Atur Waktu

Memberikan peringatan kepada diri sendiri agar selalu on time. Contoh sederhananya,  mengerjakan tugas kuliah tepat waktu atau tidak menundanya. Setelah tugas selesai, baru dapat mengerjakan pekerjaan yang lain. Untuk menjadi orang yang produktif, harus bisa mengatur waktu dengan baik.

3. Lakukan Kegiatan Berulang Kali

Hidup produktif itu pasti selalu melakukan kegiatan yang berulang kali, seperti olahraga. Lakukankan olahraga secara rutin agar aktivitas kosong kamu tidak sia-sia. Dengan olahraga secara rutin, pasti akan menimbulkan kesenangan pada diri sendiri karena mampu memulai mengubah pola hidup lebih baik dan lebih produktif.

Hal yang sangat dibutuhkan untuk kamu Goodmates. Jika sudah berhasil melakukan teknik ini, alangkah baiknya untuk memberikan penghargaan untuk diri sendiri seperti me time, berbelanja, melakukan hobi, ataupun kegiatan yang membuat kamu bahagia dari sibuknya sebagai seorang produktif. Dengan memberikan penghargaan, kamu bisa merasakan bahwa hidup kamu sudah jauh lebih baik dari sebelumnya.

 

Referensi : Campuspedia | Kompas | Celebrities

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini