Mengulik Asyiknya Beberapa Kegiatan Dalam Gerakan Pramuka

Mengulik Asyiknya Beberapa Kegiatan Dalam Gerakan Pramuka
info gambar utama

#FutureSkillsGNFI

Pramuka atau yang kerap dijabarkan sebagai Praja Muda Karana merupakan organisasi yang tidak asing bagi para kalangan pelajar di Indonesia. Praja Muda Karana memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya. Organisasi tersebut sudah mulai bisa diikuti pada saat para pelajar menginjak pendidikan bangku sekolah dasar.

Yap, pramuka memiliki keidentikan tersendiri diantaranya memiliki warna khas yaitu warna cokelat. Gerakan pramuka sendiri merupakan organisasi pendidikan nonformal yang didirikan oleh berdiri sejak 14 Agustus 1961.

Pramuka merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka, yang meliputi; Pramuka Siaga (7–10 tahun), Pramuka Penggalang (11–15 tahun), Pramuka Penegak (16–20 tahun) dan Pramuka Pandega (21-25 tahun).

Kepramukaan merupakan pendidikan di luar lingkungan sekolah yang didalamnya membentuk kegiatan menarik dan mengasyikkan yang dilakukan di alam terbuka. Selain itu dengan adanya kegiatan tersebut dalam membangun pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur seseorang

Ilustrasi guru pramuka | Foto : Sukardi/Suaramerdeka.com
info gambar

Menurut Safira pembina pramuka di salah satu Sekolah Menengah Pertama di Jakarta kegiatan pramuka merupakan hal yang dapat mengasah skills, kemampuan, kreativitas, ketelitian, emosional, serta keaktifan dalam bersosialisasi. Kegiatan tersebut sangat cocok untuk melatih jiwa sosial dalam kehidupan sehari-hari.

Safira mulai menggeluti bidang gerakan pramuka pada 2018. Ia sejak kecil memang menyukai kegiatan yang berhubungan dengan alam terbuka. Maka dari itu, Safira memiliki minat serta kegigihan untuk mengeksplor kegiatan pramuka di alam terbuka.

“Kesejukan dan keindahan alam terbuka membuat saya benar-benar terpaku untuk menyelami gerakan pramuka bersama anak-anak,” ujar Safira.

Kendati demikian, Safira terkadang merasa kewalahan untuk membina anak didiknya. Pasalnya hal tersebut anak didiknya memiliki semangat dan antusias yang tinggi untuk mengeksplor alam terbuka.

Safira awalnya hanya mengemban tugas kepramukaan pada satu sekolah saja. Namun seiring berjalannya waktu Safira mendapat panggilan untuk bertugas ke sekolah-sekolah lainnya. Terkadang Safira juga kerap mengisi kegiatan seminar maupun workshop mengenai kepramukaan.

Melonjaknya permintaan untuk mengisi kegiatan sebagai pembina membuat Safira merasa bahagia dan bersemangat, karena baginya hal tersebut bagai sebuah peribahasa, sambil menyelam minum air.

Ilustrasi berkemah | Foto : WowKeren
info gambar

Saat ini, kegiatan kepramukaan semakin diminati oleh para pelajar karena dalam hal tersebut mencakup kegiatan layaknya lomba dan berkemah.

Berkemah merupakan kegiatan rekreasi yang dilakukan di alam terbuka. Kegiatan ini umumnya dilakukan untuk beristirahat dari ramainya hiruk pikuk perkotaan untuk menikmati keindahan dan kesejukan alam. Berkemah biasanya dilakukan dengan menginap di lokasi perkemahan, dengan menggunakan sebuah tenda.

Terdapat 7 (tujuh) kegiatan yang biasanya dilakukan dalam perkemahan pramuka, diantaranya yaitu :

1. Upacara Hari Pramuka

Upacara dilaksanakan pada saat acara akan baru dimulai. Dengan adanya upacara, menandakan bahwa acara perkemahan sudah dimulai.

2. Senam Pagi Bersama

Senam pagi merupakan salah satu kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh peserta perkemahan. Biasanya, terdapat penilaian kekompakan untuk setiap regu dalam melakukan senam pagi.

3. Jelajah Alam

Biasanya jelajah alam dilakukan pada pagi hari dan siang hari di keesokan harinya. Setiap regu memiliki perwakilan masing-masing untuk ditugaskan menjelajahi alam. Nantinya dalam kegiatan ini akan menemui beberapa titik pos yang mana hal tersebut mendapatkan kuis atau tantangan untuk memecahkan teka-teki, sandi semaphore, dan beberapa kuis lainnya.

4. Upacara Api Unggun

Upacara api unggun menjadi acara yang paling ditunggu oleh seluruh peserta. Kegiatan ini biasanya dilakukan setelah sholat isya berjamaah bagi yang muslim. Semua anggota diwajibkan untuk menikmati acara tersebut dengan khidmat.

5. Hasta Karya

Dalam kegiatan ini seluruh anggota akan diasah keterampilannya untuk membuat kerajinan tangan hasil karyanya sendiri.

6. Perlombaan

Ada banyak jenis lomba yang diadakan, mulai dari lomba senam, memasak, melukis dan menyanyi. Setiap regu memiliki penilaian yang berbeda-beda, bagi yang memperoleh nilai terbaik akan mendapatkan piala serta sertifikat penghargaan.

7. Jelajah Malam

Saat seluruh peserta sudah tertidur, biasanya tengah malam akan dibangunkan secara serentak. Tak sedikit anggota yang mengalami ketakutan dalam mengikuti kegiatan ini, karena dilakukan pada tengah malam dan disertai dengan udara yang sangat dingin.

Nah, itu dia Goodmates beberapa kegiatan kepramukaan yang cukup mengasyikkan, menarik bukan? Kalau di sekolah Goodmates ada kegiatan tersebut jangan diabaikan ya, yuk mulai aktif untuk berpartisipasi kegiatan kepramukaan yang menjelajahi alam terbuka di Indonesia!

 

Referensi: Pramuka | Daihatsu | Wikipedia

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini