Daftar Bisnis Syariah yang Bisa Dilakukan Semua Orang

Daftar Bisnis Syariah yang Bisa Dilakukan Semua Orang
info gambar utama

Seperti yang kita ketahui, mayoritas penduduk Indonesia adalah pemeluk agama Islam, dengan begitu bisnis syariah memiliki kemungkinan untuk memberikan banyak keuntungan bagi para pendirinya.

Bisnis syariah ini juga memberikan banyak peluang yang sangat menggiurkan bagi para pebisnis, baik secara online atau offline.

Meski terlihat menggiurkan, bisnis syariah Anda akan berakhir sia-sia jika tidak memiliki wawasan tentang memisahkan keuangan pribadi dan bisnis yang merupakan salah satu hal fundamental yang harus pebisnis miliki.

Lantas, apa saja bisnis syariah yang bisa semua orang lakukan? Berikut ini beberapa daftarnya!

#1 Travel Umroh dan Haji

Daftar bisnis syariah yang pertama adalah travel umroh dan haji. Bisnis syariah yang satu ini memberikan keuntungan yang besar, karena negara Indonesia memiliki slot yang cukup banyak untuk memberangkatkan ratusan ribu jemaah haji dan umroh di setiap tahunnya. 

Hal tersebut terbukti dengan Indonesia yang berhasil menempati posisi kedua sebagai negara dengan jamaah haji dan umroh terbanyak di dunia dengan total jamaah sebanyak 256,6 ribu per tahun. 

Dengan jumlah jamaah yang mencapai ratusan ribu, bisnis ini tentu memberikan banyak peluang keuntungan yang signifikan.

#2 Paket Wisata Halal ke Luar Negeri

Daftar bisnis syariah yang kedua adalah paket wisata halal ke luar negeri. Kebanyakan orang-orang yang ingin berlibur ke luar negeri, akan memilih paket wisata halal, mempertimbangkan kemudahan dalam ibadah dan menemukan makanan yang halal. 

Sebagaimana yang kita ketahui, pada bagian benua Eropa dan negara-negara lainnya, rentan akan makanan dan minuman yang haram untuk umat Islam konsumsi.

#3 Paket Wisata Halal dan Religi Domestik

Bisnis syariah paket wisata halal dan religi domestik cenderung sangat mudah berkembang di Indonesia, karena negara Indonesia memiliki masyarakat yang mayoritasnya beragama Islam.

Saat mendirikan usaha wisata halal, Finansialku merekomendasikan para pebisnis untuk membuat paket wisata religi, misalnya wisata napak tilas Wali Songo, wisata masjid Indonesia, atau paket wisata edukasi anak-anak menuju tempat industri halal yang ada di Indonesia.

#4 Membuat Sekolah Berbasis Islam

Bisnis syariah yang bisa Anda lakukan adalah mendirikan sebuah sekolah berbasis Islam, yang memberikan konsep pendidikan berdasarkan kitab Al-Quran, dan As-Sunnah. 

Sekolah berbasis Islam memasukkan kurikulum pembelajaran mengenai perkembangan ajaran Islam, budaya, dan peradaban Islam dari generasi ke generasi kepada anak-anak.

Dengan banyaknya umat Islam di Indonesia yang menginginkan anak-anaknya menempuh pendidikan di sekolah berbasis Islam, membuat bisnis syariah ini memberikan peluang keuntungan yang signifikan.

#5 Mendirikan Pondok Pesantren

Bisnis syariah selanjutnya yang bisa Anda lakukan dengan mudah adalah mendirikan pondok pesantren, bisnis ini berpotensi memberikan keuntungan yang cukup banyak, pasalnya sebagian orang tua muslim di Indonesia menginginkan anak-anaknya untuk bersekolah di pondok pesantren, baik modern maupun tradisional.

Tidak hanya sebagai bagian dari bisnis syariah, membangun pondok pesantren juga bisa kita kategorikan dalam ibadah atau amal kebaikan untuk orang lain. Terlebih lagi jika pondok pesantren yang Anda dirikan tidak memungut biaya apa pun.

#6 Kelas Menghafal Al-Quran

Daftar bisnis syariah yang keenam adalah kelas menghafal Al-Quran. Sebagian besar orang tua muslim tentunya punya keinginan yang sama untuk menjadikan anaknya sebagai seorang hafidz Al-Quran.

Selain menjadikannya sebagai bagian dari bisnis syariah, membangun kelas menghafal Al-Quran juga bisa kita kategorikan sebagai ibadah atau amal kebaikan untuk orang lain.

#7 Bisnis Makanan Halal

Zaman sekarang sudah terdapat berbagai produk makanan enak yang tersedia di pasaran, namun kebanyakan produk makanan enak yang ada di pasaran belum memiliki sertifikat halal, membuat muslim di Indonesia sangsi untuk mengonsumsi.

Anda bisa memanfaatkan celah ini untuk menciptakan makanan yang halal. Ingat, makanan yang akan Anda jual harus lulus uji BPOM dan MUI terlebih dahulu agar mendapatkan sertifikasi halal.

#8 Hotel dan Penginapan Syariah

Pada umumnya, ketika melakukan perjalanan jauh, orang-orang akan menyewa penginapan atau hotel untuk beristirahat sejenak. Kini sudah terdapat berbagai hotel dan penginapan dalam konsep syariah.

Hotel dan penginapan yang menganut konsep syariah biasanya akan menyajikan makanan yang halal.

Bisnis syariah yang satu ini ideal untuk dibangun di kawasan perkotaan serta di daerah yang dekat dengan tempat-tempat wisata.

#9 Membuat Lembaga Filantropi

Daftar bisnis syariah yang terakhir adalah membuat lembaga filantropi, yang merupakan sebuah bisnis syariah yang bergerak di bidang kemanusiaan dan dakwah.

Bisnis syariah yang satu ini mendapatkan keuntungan dari sumbangan berbentuk sedekah maupun zakat, yang telah menjadi hak untuk para amil.

Zaman sekarang sudah terdapat berbagai lembaga filantropi yang tersebar di seluruh daerah Indonesia.

 

Referensi:Finansialku

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini