Berinovasi Bersama AK UPN Radio di Era Digital

Berinovasi Bersama AK UPN Radio di Era Digital
info gambar utama

#FutureSkillsGNFI

Radio merupakan salah satu media dalam berkomunikasi. Kehadiran radio sendiri pertama kali hadir di Indonesia jauh sebelum Indonesia merdeka. Kehadiran radio sudah ada sejak jaman kekuasaan Hindia Belanda. Pada masa tersebut, kehadiran radio cukup meluas dalam bidang informasi sehingga sampai di desa-desa pun radio dapat didengarkan. Kehadiran radio di Indonesia beragam baik itu dari radio pemerintah seperti RRI maupun radio-radio non pemerintahan.

Dari masa ke masa, bukan hanya radio saja yang mengalami perkembangan pesat. Berbagai media pun mulai bermunculan dan berkembang sangat pesat entah itu media cetak maupun media elektronik. Televisi salah satu nya yang menjadi media yang hadir setelah radio dan kini pun berkembang. Namun, perkembangan ini mulai di rasa sangat berdampak semenjak kehadiran internet.

Dahulu masyarakat membutuhkan media cetak seperti koran dan majalah untuk mendapatkan informasi melalui membaca. Masyarakat juga membutuhkan radio untuk dapat mendengar langsung informasi secara audio.

Semua itu mulai bergeser seiring dengan kehadiran internet. Internet kini menyajikan suatu hal yang berbeda dari media-media informasi lainnya mulai menguasai kedudukan. Hal ini dibuktikan banyak nya perusahaan-perusahaan media yang tutup salah termasuk perusahaan di bidang radio.

Namun melihat perkembangan ini, banyak pula dari perusahaan radio yang akhirnya mulai berkembang memanfaatkan era digital ini sebagai sarana menyampaikan berita.

Radio Berkembang Di Era Digital

Muhammad Luthfi Abdurrahaman atau yang kerap di sapa Bung Upik sebagai general manager AK UPN Radio berpendapat bahwa kehadiran radio dapat mempertahankan eksistensi dan bahkan berkembang dikarenakan mampu mengikuti perkembangan.

Radio yang merupakan media mainstream ini memiliki ciri khas yang tidak dimiliki media lain sebab melalui media radio dapat menghasilkan suatu hubungan akrab dengan audience melalui modal audionya.

“Banyak orang masih banyak mendengarkan radio karena merasa mereka punya teman, yaitu announcer dari program yang dibawakan. Apalagi perbedaan radio dulu dan sekarang cukup berbeda karena radio sekarang lebih interaktif," ujar Bung Upik.

Seperti di masa saat ini di dalam radio, audience dapat langsung callannouncer untuk request lagu atau bahkan menanggapi perbincangan melalui sosial media. Keunggulan radio yang dipadukan dengan perkembangan digital dapat dijadikan sebagai inovasi baru sehingga eksistensi nya masih dapat bertahan.

Radio Kampus Turut Mengisi Dunia Informasi

Salah satu kegiatan pembuatan podcast |Foto : Dokumentasi pribadi AK UPN Radio
info gambar

Kehadiran radio kampus juga turut mengisi warna dalam menyampaikan informasi. AK UPN Radio salah satunya, yang menjadi radio kampus dari UPN “Veteran” Jawa Timur. Dari segi penyampaiannya yang beralaskan anak muda ini membuat AK UPN Radio bisa bertahan dan mengembangkan inovasi nya di bidang radio.

AK UPN Radio juga memanfaatkan media sosial untuk membuat branding nya. Instagram, Tiktok, Spotify, Twitter, dan YouTube untuk membuat live report, konten podcast, ataupun konten menarik lainnya sedangkan untuk mendengarkan program siaran mereka di listen2myradio.

“Radio harus mampu beradaptasi dan mengembangkan sayap nya ke era digital. Di era digital ini dapat di manfaatkan untuk membuat konten dan membuat sebuah karya," ucap Bung Upik.

AK UPN Radio Sebagai Radio Kampus Mengembangkan Sayap

Kepengurusan AK UPN Radio tahun 2021-202 | Foto : Dokumentasi pribadi AK UPN Radio

Kepengurusan AK UPN Radio tahun 2021-202 | Foto : Dokumentasi pribadi AK UPN Radio

AK UPN Radio yang merupakan radio campus ini sudah hadir sejak 23 April 1997. Kehadirannya sejak dulu sampai sekarang terus menghasilkan output yang berbeda namun tetap dalam ranah radio.

Di masa saat ini,AK UPN Radio memiliki media sosial, yaitu dengan nama @akupnradio di Instagram. Lalu TikTok bernama @akupnradio, Spotify AKRAB, dan YouTube AK UPN Radio. Selain itu, audience dapat mendengarkan beragam program mereka di https://akupnradi.listen2 myradio.com setiap hari Senin sampai dengan Jumat.

Bukan hanya di sosial media saja mereka berinovasi, AK UPN Radio juga turut membuat banyak event untuk kalangan eksternal dan menerima kerja sama dengan pihak luar.

Kalau kamu tertarik melihat konten-konten AK UPN Radio bisa menggunjungi semua kanal yang mereka punyai!. Atau kamu tertarik menjalin kerja sama? Bisa langsung menghubungi public relations eksternal mereka yang tercantum di linktree Instagram mereka loh!

 

Referensi: Wawancara

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini