Fakta Menarik Seputar Prodi Teknologi Pendidikan

Fakta Menarik Seputar Prodi Teknologi Pendidikan
info gambar utama

#FutureSkillsGNFI

Sebagian dari kalian pasti belum familiar dengan prodi perkuliahan yang satu ini. Mungkin orang mengira prodi perkuliahan ini akan membahas mengenai teknologi saja, namun perlu Goodmates tahu faktanya tidak seperti itu.

Teknologi pendidikan merupakan program studi yang mempelajari tentang cara meningkatkan kinerja dan memfasilitasi pembelajaran di kelas. Menurut salah satu Dosen Teknologi Pendidikan dari UNESA menyebutkan bahwa melalui teknologi kita akan dimudahkan dalam mendesain sebuah pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal.

Nah, kalian tentunya semakin penasaran bukan? Berikut beberapa fakta menarik seputar prodi Teknologi Pendidikan yang perlu kalian tahu.

Gelar Lulusan Teknologi Pendidikan

Wisuda | Foto: Pexels
info gambar

Meskipun prodi ini juga mempelajari tentang teknologi namun gelar yang akan kalian dapatkan nantinya bukanlah S.Kom. Lulusan Prodi Teknologi Pendidikan diberikan gelar akademik S.Pd. hal tersebut mengingat profil dari Teknologi Pendidikan salah satunya menciptakan pendidikan yang bermutu dan berkualitas dengan bantuan teknologi. Sebagai lulusan Teknologi Pendidikan kamu dituntut agar mahir dalam memanfaatkan teknologi dan komunikasi untuk dunia pendidikan dan proses belajar mengajar.

Mata Kuliah Teknologi Pendidikan

Kehidupan Mahasiswa | Foto: Pexels
info gambar

Karena prodi ini berfokus mempelajari tentang kurikulum dan pengembangan media belajar berbasis teknologi yang cocok bagi pendidikan. Di awal perkuliahan kamu akan mempelajari mata kuliah umum seperti pendidikan kewarganegaraan, keagamaan, pendidikan olahraga serta bahasa Indonesia (penulisan ilmiah).

Di samping mata kuliah umum kamu juga akan mendapatkan mata kuliah dasar seputar teknologi dan konsep pendidikan. Prodi ini membagi mata kuliah ke dalam 2 kategori yakni teori (konsep) dan proyek.

Contoh mata kuliah tentang teori konsep antara lain seperti : pengantar kurikulum, filsafat pendidikan, media pembelajaran, literasi digital, dan seterusnya. Sedangkan mata kuliah berbasis proyek seperti : fotografi, multimedia interaktif, animasi 2D dan 3D, media audio radio, dan seterusnya.

Prospek Kerja Lulusan Teknologi Pendidikan

Editor | Foto : Pixabay
info gambar

Setelah lulus dari prodi Teknologi Pendidikan, tentunya kamu akan mencari sebuah pekerjaan bukan? Prodi ini mungkin tidak begitu banyak penggemarnya dibanding prodi seperti teknologi informasi maupun komunikasi. Namun, siapa sangka jika peluang atau prospek kerja lulusan Teknologi Pendidikan ini tidak kalah menarik dengan prodi sejenisnya.

Nah, berikut ini beberapa rekomendasi prospek kerja yang bisa kamu pilih sesuai dengan bidang keahlianmu.

  1. Tenaga pengajar guru dan dosen
  2. Bekerja di stasiun pertelevisian
  3. Pengelola sistem pembelajaran di sekolah atau universitas
  4. Pengelola sistem di lembaga diklat
  5. Pengelola sistem di kepolisian atau TNI
  6. Produksi media dan sarana pembelajaran
  7. Pengembang pembelajaran E-learning

Hanya tersedia di beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN)!

Potret Kampus UNESA | Foto : Instagram
info gambar

Perlu Goodmates ketahui bahwa prodi Teknologi Pendidikan ini tidak banyak dijumpai di PTN, hal tersebut yang membuat prodi ini berbeda dan sedikit sulit untuk dicari. Untuk kalian yang berdomisili di Jawa Timur mungkin bisa memilih PTN Universitas Negeri Surabaya (UNESA) maupun Universitas Negeri Malang (UM) hal ini mengingat prodi tersebut sudah terakreditasi A oleh BAN-PT.

Bagaimana dengan nasib Goodmates yang berada di luar Jawa Timur? Nah, kalian tentunya tidak perlu khawatir karena masih ada rekomendasi PTN lainnya dengan prodi Teknologi Pendidikan yang sudah terakreditasi A. Berikut daftar PTN tersebut :

  • Universitas Negeri Semarang (UNNES)
  • Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
  • Universitas Negeri Jakarta (UNJ)
  • Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
  • Universitas Negeri Padang (UNP)
  • Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA)

Tentunya Goodmates sekarang sudah lebih paham mengenai prodi Teknologi Pendidikan. Nah, bagaimana menarik bukan prodi yang satu ini.

 

Referensi: Wawancara |TP Podcast | Quipper

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini