Mengenal Forum Anak Bersama Putra Bengu

Mengenal Forum Anak Bersama Putra Bengu
info gambar utama

#FutureSkillsGNFI

Anak adalah masa depan bangsa. Tidak ada argumen yang bisa menentang hal ini. Sebagai penerus masa depan bangsa, sudah sepantasnya anak memperoleh hak mereka secara adil dan menyeluruh.

Sejak awal, anak sudah pantas menerima asupan gizi yang sesuai untuk tumbuh kembangnya, lengkap dengan pendampingan dan bimbingan dari orang dewasa karena pada dasarnya, kualitas sumber daya manusia di Indonesia harus didahului oleh SDM yang sehat dan kuat. Tidak lupa , pendidikan karakter pada anak perlu ditanamkan sejak dini.

Anak adalah masa depan bangsa. Dengan mempersiapkan anak sebaik mungkin, maka kita telah menjamin kualitas SDM Indonesia sebagai SDM yang bermutu. Untuk itu, kita perlu lebih sadar akan isu anak yang ada di sekitar kita.

Apakah anak-anak di sekitar kita mengalami kekerasan? Apakah mereka mendapatkan akses pendidikan yang layak? Apakah sudah terpenuhi hak mereka?

Di sinilah peran Forum Anak muncul. Forum Anak (FA) adalah organisasi anak yang dibina oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak (Kemen PPPA), untuk menjembatani komunikasi dan interaksi antara pemerintah dengan anak-anak di seluruh Indonesia dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak.

Forum ini membantu anak menjadi agen pelopor dan pelapor, dan bersama dengan Kemen PPPA membantu anak mencari solusi terkait permasalahan dan isu yang berkembang di masyarakat. Dilansir dari situs resmi Kemen PPPA, anggota forum anak bersama sama menjadi pepolor dengan memulai aksi/kontribusi positif sebagai agen perubahan.

Dalam forum, anak juga dituntun sebagai agen pelapor, yaitu mereka diharapkan dapat melaporkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pemenuhan hak anak melalui berbagai macam saluran yang telah disediakan negara.

Pada dasarnya, forum anak terbentuk sebagai wadah bagi anak-anak menuangkan gagasan dan pemikiran mereka megenai isu anak yang terjadi saat ini. Untuk itu, Forum Anak NTT berniat memaksimalkan peran forum anak sebaik-baiknya.

Ketua Forum Anak Kota Kupang Putra Alfa N. Bengu mengaku jika forum anak kota Kupang sudah berjalan dengan baik. Putra mengaku jika Forum Anak Kota Kupang sering mengadakan kerja sama dengan Forum Anak Kecamatan dan Forum Anak Kelurahan di Kota Kupang.

Putra Bengu Bersama Duta Anak Kota Kupang Periode 2021 dan 2022
info gambar

Anak laki-laki yang kerap disapa Putra ini memaparkan bahwa “Forum Anak (FA) merupakan wadah partisipasi bagi anak dalam rentang usia dibawah 18 tahun, termasuk anak di dalam kandungan. Secara otomatis setiap anak bisa terlibat dalam kegiatan FA di kelurahan asing-masing. Setiap kelurahan memiliki 15 pengurus FA yang diperoleh melalui seleksi.”

Sebagai Ketua forum Anak, Putra sering kali disibukkan dengan berbagai kegiatan yang menyita waktunya. Ada banyak tanggung jawab yang mesti ia emban dalam menjalankan tugasnya sebagai ketua FA.

Putra mengaku, ia kerap membantu merencanakan dan berpartisipasi dalam kegiatan sosialisasi mengenai isu anak. Ia berpendapat bahwa target audience penyuluhannyanya adalah anak sehingga perlu narasumber yang juga seorang anak. Hal ini perlu karena di antara mereka akan ada rasa terhubung dan saling memahami. Sosialisasi yang Putra ikuti biasanya diselenggarakan dengan bekerja sama dengan pihak dari Kemen PPPA Provinsi NTT.

Tidak hanya itu, Pemerintah Kota Kupang juga melibatkan anak-anak dalam peran pembangunan dan kebijakan atau program pemerintah. Diakui Putra, selama ini, beberapa forum anak di kelurahan sudah diberikan kesempatan untuk aktif terlibat dalam musrembang di kelurahan dan kecamatan. Partisipasi ini dilakukan untuk menyuarakan apa yang menjadi kebutuhan anak-anak.

Nah, itu dia Foodmates penjelasan tentang Forum Anak bersama Putra Bengu. Putra selaku ketua forum anak kota Kupang mengajak kita semua untuk lebih peduli dengan isu anak yang ada disekitar kita. Harapannya, kita bukanlah pribadi malas mengetahui dan mampu ikut berperan dalam penanganan masalah anak yang ada.

Apakah kalian tertarik untuk menjadi bagian dari forum ini?

 

Referensi: Wawancara | Forum Anak

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini