Menanamkan Pentingnya Program Adiwiyata Sekolah Melalui Organisasi Green Generation

Menanamkan Pentingnya Program Adiwiyata Sekolah Melalui Organisasi Green Generation
info gambar utama

GoodMates tau nggak sih tentang Green Generation (GG)?

Green Generation (GG) merupakan suatu organisasi yang berbasis lingkungan hidup sebagai wadah berkumpulnya generasi muda Indonesia. Sesuai dengan visi GG Indonesia, organisasi ini bertujuan untuk mewujudkan generasi yang peduli dan berbudaya lingkungan. GG merupakan sebuah organisasi yang terlibat aktif dalam usaha pembangunan lingkungan hidup secara berkelanjutan. Generasi muda sebagai penerus dan pelurus bangsa menjadi fokus dalam organisasi ini.

 

Green Generation ada di beberapa kabupaten Indonesia

Green Generation (GG) ini tersebar hampir di seluruh kabupaten dan provinsi yang ada di Indonesia. Di kabupaten GoodMates udah ada Green Generation (GG) belum, nih?

 

Salah satu Green Generation (GG) teraktif ada di Balikpapan, Kalimantan Timur. Green Generation (GG) Balikpapan telah berdiri sejak 22 Agustus 2009 di Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur, dengan tujuan utama mewujudkan generasi muda yang peduli dan berbudaya lingkungan menuju Indonesia Hijau.

Pembentukan GG disambut baik di Kalimantan Timur karena selain dapat mendukung program Adiwiyata, GG dapat membuat pelajar terhindar dari hal-hal yang negatif. Kegiatan GG serupa dengan duta-duta lingkungan yang bertugas untuk menggerakkan pelajar lainnya. Kegiatan ini mensosialisasikan terkait pentingnya kelestarian lingkungan baik di sekolah masing-masing maupun di lingkungan sekitar tempat tinggalnya.

 

Green Generation Menanamkan Pentingnya Program Adiwiyata di Sekolah

Resta Aulia Fatya sebagai Putri Generasi Hijau Tahun 2018 Kota Balikpapan, Kalimantan Timur menyatakan bahwa green generation adalah organisasi yang tepat sebagai sarana menanamkan pentingnya program adiwiyata di sekolah. Resta sebagai bagian dari Green Generation menjalankan tugasnya sesuai dengan  visi dari GG, yakni untuk membangun kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan. 

 

Bentuk kesadaran menjaga lingkungan ini sejalan dengan program adiwiyata. Apa sih Adiwiyata itu?

Adiwiyata dapat diartikan sebagai tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita dan menuju kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan .

Nah, dalam menanamkan program adiwiyata pada sekolahan, green generation hadir untuk mensosialisasikan bagaimana peranan penting program tersebut. Manfaat adanya program adiwiyata, antara lain penghematan dan pengurangan konsumsi dari berbagai sumber daya dan energi, menciptakan kebersamaan warga sekolah dan kondisi belajar mengajar yang lebih nyaman dan kondusif, serta meningkatkan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui kegiatan pengendalian pencemaran, pengendalian kerusakan dan pelestarian fungsi lingkungan di sekolah.

 

Manfaat-manfaat di atas bisa dicapai menurut Resta melalui penanaman program adiwiyata yang disosialisasikannya setiap datang ke sekolahan. Dimulai dari membangun pemahaman bersama mengenai cara sederhana untuk mendukung gerakan go green dan adiwiyata, memberikan informasi terkait lingkungan hidup guna membentuk perubahan perilaku warga sekolah ke arah yang lebih positif dalam menjaga lingkungan dan juga mengimplementasikannya dengan cara kegiatan penghijauan.

 

Contoh kegiatan penghijauan yang dapat dilaksanakan di sekolah, antara lain jumat bersih berupa program kebersihan lingkungan sekitar sekolah, baik dengan menanam, memelihara, membersihkan, dan mengolah limbah, yang dilakukan oleh para siswa secara bergiliran sesuai dengan jadwal kelas. 

Kemudian, dengan melakukan penghematan sumber energi seperti air dan listrik dengan melalui pembiasaan melalui pemberian tulisan untuk penghematan air dan listrik pada setiap tempat penggunaan air dan listrik.

 

Dengan beberapa penerapan kegiatan tersebut, diharapkan bisa menanamkan program adiwiyata pada masyarakat sekolah yang sesuai dengan tujuan Resta (Putri Generasi Hijau Tahun 2018 Kota Balikpapan) sebagai perwakilan anak muda organisasi Green Generation. Serta, program ini diharapkan dapat disebarluaskan di Indonesia agar masyarakat lebih aware terhadap isu green generation. Yuk, sebarkan semangat go green dengan melalui program adiwiyata di sekolahmu, GoodMates!

 

Penulis : Faiza Nur Widyani

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini