4 Aplikasi Ini Wajib Kamu Ketahui untuk Permudah Tugasmu

4 Aplikasi Ini Wajib Kamu Ketahui untuk Permudah Tugasmu
info gambar utama

Istilah tugas pasti sudah tidak asing lagi bagi kaum pelajar. Setiap saat, tugas selalu berdatangan dari para dosen. Hal ini tentu membuat mahasiswa jenuh karena tugas yang belum lama mereka terima dari dosen kini berlipat ganda dengan datangnya tugas baru. Apalagi untuk para deadliners, inilah tantangan bagi mereka karena harus mengorbankan jam tidur yang sudah berantakan lagi untuk melengkapi tugas.

Namun, di balik semua beban tugas, banyak sekali sumber yang bisa dimanfaatkan untuk memudahkan mahasiswa mengerjakan tugas di zaman canggih ini. Misalnya ketika mahasiswa memiliki tugas membuat makalah, banyak situs atau aplikasi yang menawarkan fitur tertentu untuk memastikan bahwa karya yang mereka buat tidak plagiarisme.

Nah, bagi Goodmates yang masih memperjuangkan gelar sarjana tidak perlu cemas berlebihan. Sebab, kini hadir aplikasi online yang menyediakan beragam fitur yang mampu memudahkan tugasmu yang menumpuk, lho. Mau tahu apa saja aplikasinya? Yuk, simak aplikasi yang wajib kalian ketahui sebelum lulus!

1. Paraphraser.io dan Quillbot

Mengerjakan suatu tugas yang dimana kita tidak dihalalkan untuk memperoleh skor plagiarisme yang tinggi memang bikin takut. Tetapi, ada aplikasi yang tersedia dalam web atau online yang mampu membantu untuk membuat karya kita menjadi karya yang tingkat plagiarismenya rendah,lho. Goodmates bisa menggunakan dua aplikasi yang bisa digunakan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Untuk memparafrase dalam bahasa Indonesia,kalian bisa menggunakan paraphrase.io untuk memparafrase konten tugas kalian. Sedangkan untuk tugas dalam bahasa Inggris, kalian bisa menggunakan Quillbot untuk memparafrase. Kedua aplikasi ini mempunyai fungsi yang sama,yaitu untuk memparafrase sebuah tulisan. Dalam aplikasi tersebut,kalian cukup copy paste tulisan kalian yang nanti nya  akan menghasilkan hasil teks yang berbeda dengan teks originalnya, guna menghindari plagiarisme. Walau gratis, kalian juga bisa menggunakan fitur berbayar yang mempunyai banyak fitur yang menawarkan unlimited words,menentukan gaya bahasa untuk tulisan,dan lainnya. 

2. Liner

Liner adalah sebuah aplikasi extension dari Google Chrome,atau yang bisa disebut sebagai aplikasi mini atau fitur tambahan yang bisa di unduh di chrome. Extension ini mungkin belum banyak diperbincangkan,namun aplikasi yang satu ini sangat membantu dalam mencari informasi penting dalam penelusuran kita. Liner merupakan aplikasi tambahan gratis yang memberikan pengguna nya important highlight dalam mencari sesuatu. Dalam mencari sebuah informasi dalam mesin pencari, terdapat ribuan website yang menyediakan informasi yang tidak relevan dengan apa yang kita cari. Hal ini tentu membuang banyak sekali waktu ketika kita sedang dikejar deadline. Oleh karena itu, aplikasi ini membantu kita menyaring informasi dari ribuan website yang menyediakan konten yang relevan dan terpercaya. Sangat membantu,bukan?. Bukan hanya itu, kalian juga dapat membuat anotasi dalam bentuk pdf disela sedang mencari informasi. Liner sendiri memperoleh rating 4/5 rating,lho. Wah, langsung download sih setelah ini!

3.Typoonline

Banyak tipo dalam sebuah tugas merupakan suatu hal yang menjengkelkan. Ketika terburu-buru atau kurang teliti dalam mengetik sebuah tugas membuat kita lalai akan apa yang kita tulis,dan berujung membuat tipo. Apalagi jika memang kita tidak ada waktu untuk mengecek nya satu per satu. Jalan untuk memecahkan masalah ini bisa kalian tuntaskan lho. Kalian bisa menggunakan typoonline.com untuk mengecek tulisan kalian secara otomatis. Aplikasi ini bisa diakses secara online,jadi tidak perlu lagi untuk mendownloadnya. Typoonline berfungsi untuk menggaris bawahi suku kata yang sekiranya tidak merupakan bahasa Indonesia yang baku dan benar.

4.Grammarly

Di setiap institusi pendidikan,pasti terdapat pembelajaran tentang bahasa Inggris. Bahkan, bukan hanya sebatas perguruan tinggi saja, bahasa Inggris digunakan di segala bidang. Jadi, dapat dikatakan bahwa walau kalian bukan menjalani bidang studi yang berkaitan dengan bahasa Inggris, kalian juga pasti akan menemui nya. Nah, dalam pembelajaran yang menggunakan bahasa inggris, pasti Goodmates pernah atau harus berurusan dengan grammar nya,ya nggak?. I know your pain, karena nggak gampang jika harus teliti dan menyempurnakan grammar. Tetapi, kalian pasti pernah dengar grammarly,atau mungkin melihat iklan nya dimana mana. Yup,betul. Grammarly adalah sebuah aplikasi yang bisa kalian gunakan online atau bisa menambahkan nya ke dalam extension browser kalian. Sesuai dengan namanya,aplikasi ini membantu untuk memperbaiki grammatical errors yang terdapat dalam lembar kerjamu. Kalian juga diberi tahu penggunaan grammar yang benar serta penjelasan singkat tentang eror yang kalian buat. Untuk bisa mengakses fitur premium,kalian harus berlangganan terlebih dahulu. Tapi, dengan menggunakan fitur yang gratis pun sudah cukup sekali untuk membantu dengan grammar error di lembar kerja kalian.

Nah, mulai sekarang,kalian nggak perlu bingung lagi jika mendapatkan tugas yang relevan dengan penggunaan aplikasi diatas. Kalian bisa akses aplikasi tersebut secara cuma cuma,alias gratis. Yuk,langsung cek sekarang juga kalau kalian masih menatap lembar kerja yang kosong!.Semoga rekomendasi diatas dapat memberi sebuah pencerahan untuk kalian ya,para pejuang gelar impian!

 

Referensi: Pop Mama | Glints

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini