Mengenal Sendkebaikan, Komunitas Berbagi di Kota Makassar

Mengenal Sendkebaikan, Komunitas Berbagi di Kota Makassar
info gambar utama

 

 

 

 
  

 

 

Akun Instragram Komunitas SendKebaikan | Foto : Akun Instragram SendKebaikan

 

Mengenal lebih dekat mengenai Komunitas SendKebaikan Wilayah Kota Makassar. Komunitas SendKebaikan ini merupakan komunitas yang bergerak untuk berbagi terhadap masyarakat setiap hari jum’at. Bersedekah dengan memberikan sebagian harta bagi yang membutuhkan merupakan kegiatan mulia. Para aktivis Komunitas SendKebaikan melakukan kegiatan rutin setiap Jum’at dengan berbagi makan gratis untuk para masyarakat pra sejahtera di beberapa titik di Pusat Kota Makassar.

Komunitas SendKebaikan ini dibentuk oleh beberapa Founder yang merupakan Mahasiswa aktif dari Universitas yang berbeda di Kota Makassar. Imam Dedikasi Malik Nur salah satu dari Founder Komunitas SendKebaikan mengatakan bahwa Komunitas ini berawal dari “keresahan akibat dampak dari pandemik, yang akhirnya kami berinisiatif melakukan kegiatan berbagi makanan seperti Nasi Paket setiap hari Jum’at, hingga berbuah suatu kesepakatan untuk membentuk suatu komunitas dengan nama SendKebaikan. Melalui SendKebaikan kami berharap mampu menjadi wadah yang berkhidmat kepada masyarakat yang diharapkan mampu menebar sejuta kebaikan”.

 

Berbagi Paket Nasi | Foto : Akun Instagram SendKebaikan

 

Alasan itulah yang melatarbelakangi hadirnya gerakan berbagi di hari Jum’at melalui Komunitas SendKebaikan yaitu memberikan kebahagiaan dengan menebar Paket Nasi. Semua ini kami hadirkan untuk membantu masyarakat ppra sejahtera yang keseharian aktifitasnya kebanyakan di jalanan. Manfaat yang juga kita dapatkan dalam kegiatan ini adalah menumbuhkan semangat berbagi pada hari Jum’at.

Komunitas SendKebaikan ini dibentuk atas dasar Visi “Menjadi wadah yang berkhidmat kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan dalam rangka menebar sejuta kebaikan, melalui pendekatan kemanusiaan” dan dengan Misi “ Bergerak aktif dan positif dalam menyikapi fenomena sosial, Memberikan wadah pengabdian dan kerelawanan bagi anak bangsa, Mewujudkan organisasi yang sistematis secara professional, adaptif, kredibel dan berkelanjutan”. Para relawan yang bergerak aktif dalam Komunitas SendKebaikan ini merupakan para Mahasiswa dari berbagai Universitas yang ada di Kota Makassar yang aktif dalam kegiatan kerelawanan. Komunitas SendKebaikan ini didirikan pada tanggal 18 Juli 2020. Selain berbagiPaket Nasi Komunitas ini juga memiliki program dalam bidang pendidikan dengan

membentuk kelompok belajar melalui taman baca yang dibangun.

 

Kegiatan Taman Baca | Foto : Akun Instagram SendKebaikan

 

Paket Nasi yang di sebar di beberapa titik di Kota Makassar yang menjadi target utama dalam SendKebaikan ini adalah masyarakat yang sedang berjuang mengais rezeki di jalanan, seperti tukang becak, pengepul plastik, sopir angkutan umum, dan lain-lain.

 
  

 

Pengumpulan Donasi | Foto : Akun Instagram SendKebaikan

 

Lambat laun, komunitas ini mulai menyebarkan informasi Open Donasi bagi para donatut, berbagi kepada masyarakat yang ada di jalanan dan masyarakat yang membutuhkan. Para aktivis Komunitas SendKebaikan untuk menyebarkan kebaikan menerima tanggapan positif dari berbagai pihak dnegan berdonasi melalui transfer atau bertemu langsung bersama para

 

pengurus dari Komunitas SendKebaikan. Harapannya Komunitas SendKebaikan menjadi wadah untuk berbagi terhadap sesama, melalui komunitas ini bisa muncul rasa kepedulian terhadap sesama. Menjadi Komunitas yang dapat diterima dan dipercaya oleh masyarakat dalam menyalurkan donasi dan berbagi kepada masyarakat pra sejahtera. Mari mengenal lebih dekat Komunitas SendKebaikan melalui Akun Instagram @sendkebaikan.id atau melalui URL

https://instagram.com/sendkebaikan.id?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Referensi : Wawancara bersama Imam Dedikasi Malik Nur salah satu Founder SendKebaikan

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini