Susah Hemat Saat di Kantor? Lakukan Hal Ini Demi Jaga Budget!

Susah Hemat Saat di Kantor? Lakukan Hal Ini Demi Jaga Budget!
info gambar utama

Kebutuhan pokok sehari-hari semakin lama semakin banyak yang harus dipenuhi. Namun, terkadang kita sebagai manusia suka lost control dalam menggunakan uang, sehingga kesulitan untuk berhemat atau menabung. Beberapa orang berpikir bahwa sulit rasanya menyisihkan uang setiap bulan, lantaran dibutuhkannya dana untuk membayar beberapa kebutuhan, seperti bayar cicilan, self reward, akomodasi, entertain, kebutuhan sehari-hari dan lain-lain.

Memang tidaklah mudah menjaga arus pengeluaran keuangan agar tetap stabil, namun kamu bisa kok untuk menabung atau menghemat dengan menentukan skala prioritas. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar bisa menghemat dan mengatur finansial kamu :

  1. Bawa Bekal Setiap Hari
Ilustrasi bawa bekal setiap hari
Ilustrasi bawa bekal setiap hari | Pexels.com/Karolina Grabowska

Cara ini merupakan yang paling umum dilakukan untuk menghemat pengeluaran sehari-hari. Dengan membawa bekal dari rumah, kamu tak perlu mengeluarkan uang Rp25 - Rp50 ribu hanya untuk makan siang. Karena, kamu bisa belanja kebutuhan bulanan dan memasak sendiri di rumah. Masak yang simpel saja sudah cukup, asal mengandung protein dan vitamin, serta mengenyangkan.

Dengan membawa bekal ke kantor, kamu akan tahu nutrisi dari makanan yang kamu konsumsi, sedangkan kalau kamu membeli makanan di luar, kamu tidak bisa mengontrol nutrisi pada makananmu. Di sisi lain, cost yang dikeluarkan untuk makan siang bisa dialokasikan ke tabungan atau investasi.

  1. Membawa Camilan dari Rumah
Ilustrasi membawa camilan dari rumah
Ilustrasi membawa camilan dari rumah | Pexels.com/RobertoHund

Selain bekal makan siang, kamu juga bisa membawa camilan dari rumah. Hal kedua yang tidak bisa lepas dari seorang karyawan ketika di tengah hari setelah jam makan siang biasanya adalah merasa lapar. Ini menjadi sebuah kebiasaan dan tanpa disadari kamu jajan camilan dengan rekan kantor kamu. Misalnya, dalam sehari kamu jajan camilan Rp10 - Rp15 ribu. Maka, jika dihitung selama sebulan, itu bisa mengeluarkan Rp300 - Rp450 ribu.

Nah, untuk mengakalinya, kamu bisa membeli beberapa camilan sekaligus ketika awal bulan. Tentu saja kamu bisa memilih camilan yang tidak cepat kadaluwarsa.

  1. Jangan Buka Aplikasi Makanan Online
Ilustrasi jangan buka aplikasi makanan online
info gambar

Bagian satu ini cukup berbahaya. Apalagi jika terjadi di jam-jam kerja yang rasanya ingin sekali makan camilan. Nah, biasanya sih berawal dari iseng. Namun, lama kelamaan justru keisengan tersebut menjadi hasrat untuk membeli. Apalagi kalau ada voucher discount dengan minimal pembelian produk. Wah, mulai dari scroll, bisa berujung check out menu dan beli. Jika ini menjadi sebuah rutinitas di siang hari, ini bisa menguras kantong yang cukup banyak.

  1. Memesan Setengah Porsi atau Sharing
Ilustrasi memesan satu porsi atau sharing
Ilustrasi memesan satu porsi atau sharing | Pexels.com/fauxels

Sebenarnya, untuk jajan atau membeli makan siang di luar sih tidak salah. Namun, sebisa mungkin hal ini tidak dilakukan setiap hari. Nah, jika kamu ingin jajan di luar, misalnya saja di warteg atau rumah makan, kamu bisa memilih menu setengah porsi. Seperti yang kita ketahui kalau porsi di rumah makan atau warteg itu sangatlah banyak, maka kamu bisa memesan setengahnya. Atau, kamu bisa membawa nasi dari rumah dan membeli lauk di warteg dan mengajak teman untuk sharing. Tentu ini akan jauh lebih menghemat biaya, bukan?

  1. Patungan Jajan Camilan
Ilustrasi patungan jajan cemilan
Ilustrasi patungan jajan cemilan | Pexels.com/YanKrukov

Hal satu ini biasanya dilakukan oleh beberapa karyawan ketika menuju jam-jam ngemil. Sangat disarankan untuk tidak membeli makanan seorang diri, dan lebih baik membeli makanan dengan sistem patungan bersama rekan kerja lainnya yang juga ingin jajan. Biasanya, untuk jajanan yang dibeli adalah gorengan atau camilan manis. Per orang akan diminta kisaran Rp5 ribu - Rp10 ribu dan dari total uang tersebut bisa dapat jajanan yang lumayan banyak.

Nah, jika kamu memang merasa sangat sulit sekali dalam menyimpan uang atau menghemat, kini saatnya kamu melakukannya dengan menerapkan beberapa cara yang sudah kami bagikan, Goodmates!

Dengan mencatat semua pengeluaran, kamu bisa menjadi lebih hemat. Belajar untuk lebih hemat di kantor memang tidaklah mudah dan membutuhkan proses. Tapi, jika memang diniatkan, niscaya akan berhasil kok! Goodluck ya, Goodmates!

Untuk tau lebih banyak seputar informasi lowongan pekerjaan ter-update, kamu bisa cek Instagram @workerspediadan channel Youtube Workerspedia. Di sana kamu akan menemukan informasi seputar dunia kerja yang sangat bermanfaat.

 

Referensi: Glints | Suara

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini