Yuk Kenalan Dengan Jurusan Data Science, Jurusan Baru Yang Menjanjikan!

Yuk Kenalan Dengan Jurusan Data Science, Jurusan Baru Yang Menjanjikan!
info gambar utama

Apakah Goodmates pernah mendengar jurusan Data Science? Jurusan ini memang tergolong jurusan baru yang hadir dalam dunia pendidikan Indonesia. Akibatnya jurusan ini belum dikenal secara luas. Akan tetapi, akhir-akhir ini jurusan Data Science semakin diminati karena kebutuhan akan ilmu mengenai pengolahan data dalam dunia kerja.

Jurusan Data Science ini merupakan bidang studi yang mempelajari mengenai cara mengumpulkan, menganalisis, dan mengolah data untuk kepentingan bisnis dan perusahaan. Nah, pengolahan data ini tidak sembarang dilakukan. Pengolahan data ini didasarkan pada ilmu statistika dan menggunakan bahasa pemograman yaitu phyton dan bahasa R.

Belajar Apa di Jurusan Data Science?

Ketika kamu memutuskan untuk mengambil jurusan Data Science kamu akan mempelajari materi kuliah seputar analisis data dan pemograman computer. Beberapa mata kuliah pada Data Science yaitu Metode numeric, Sistem kecerdasan bisnis, pengantar penambangan data dengan python, basis data pemograman SQL untuk big data, teknologi big data, cloud computing dan masih banyak lagi.

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Data Science?

Dikarenakan tingginya kebutuhan terhadap ilmu pengolahan data di dalam lingkup kerja, menyebabkan data science memiliki peluang kerja yang cukup luas dan menjanjikan. Peluang karir yang paling populer yaitu data scientist. Seorang data scientist akan bertanggungjawab dalam pengumpulan, pengolahan dan analisis data yang digunakan untuk pengambilan keputusan.

Profesi lain yang berasal dari jurusan data science yaitu data analyst dan data engineer. Data analyst yaitu pekerjaan dalam bidang penelitian informasi dan penerjemahan data dengan tools analisis data. Hal ini dilakukan untuk membantu pengolahan data.

Sedangkan data engineer bekerja dalam proses pembangunan sistem infrastruktur, pengelolaan dan pengaturan proses arsitektur data pada sebuah perusahaan.

Universitas yang Sediakan Perkuliahan Data Science?

Beberapa universitas di Indonesia mulai membuka jurusan data science ini. Tak terkecuali beberapa universitas top di Indonesia.

Pada Universitas Airlangga, jurusan data science ini tergolong sangat baru. Jurusan ini memiliki empat peminatan yaitu kesehatan, sosial dan komunikasi, industry dan finansial dan bisnis. Sedangkan pada Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan pembukaan jurusan data science yang bernaung di bawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Sedangkan pada Universitas Indonesia, pembelajaran data science melalui unit kerja khusus yang memiliki unit data science center di Fmipa. Di Universitas Indonesia ini juga ditawarkan mata kuliah data science yang diajarkan pada jurusan Akuntansi.

Kamu juga bisa memilih satu kampus swasta yang cukup populer di Indonesia yaitu di Binus University. Dikampus Binus ini, para mahasiswanya akan mempelajari data science pada jurusan kambing baik dan tidak membutuhkan bimbingan dari jurusan lain.

Contoh implementasi big data di bidang industri seperti Kementrian Kesehatan Republik Indonesia menggunakan big data tentang informasi kesehatan untuk mengatasi masalah pandemi Covid-19.

 

Referensi:Rencanamu | Milenia News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini