Gunung Sewu Masuk Daftar UNESCO Global Geopark Indonesia, Apa Saja Objek Wisata yang Wajib Dikunjungi?

Gunung Sewu Masuk Daftar UNESCO Global Geopark Indonesia, Apa Saja Objek Wisata yang Wajib Dikunjungi?
info gambar utama

Geopark adalah suatu daerah yang memiliki keberagaman potensi goeologi, biologi dan budaya yang tinggi. Geopark memiliki tingkatan, dari geopark nasional hingga geopark global.

Saat ini Indonesia memiliki 6 daftar UNESCO Global Geopark, salah satunya yaitu Geopark Gunung Sewu yang dikukuhkan dalam simposium di Totton City, Jepang, 19 September 2015.

Dikutip dari majalah IGYF (Indonesian Geopark Youth Forum) Geopark Gunung Sewu merupakan geopark terluas dari 6 geopark yang ada di Indonesia. Geopark Gunung Sewu membentang di tiga wilayah yaitu Gunungkidul, Yogyakarta; Wonogiri, Jawa Tengah; dan Pacitan Jawa Timur.

Geopark Gunung Sewu yang telah menjadi warisan dunia dan telah diakui oleh UNESCO Nah, kira-kira Goodmate bisa kemana aja sih kalau mau berkunjung ke Geopark Gunung Sewu? Berikut 10 destinasi menarik yang bisa Goodmate agendakan ketika berkunjung ke geopark Gunungsewu.

1. Tourist Information Center (TIC)

Sebelum ke geosite, alangkah baiknya Goodmate berkunjung ke pusat informasi terlebih dahulu untuk mendapatkan penjelasan tentang geopark dan bisa belajar sejarah tentang terbentuknya Gunung Sewu dan juga Pulau Jawa.

Goodmate bisa mengunjungi dua lokasi, yakni Tourist Information Center (TIC) yang di dalamnya ada pusat informasi Geologi kawasan Geopark Gunungsewu, di Kecamatan Patuk Gunungkidul, dan Etalase Taman Batu di Mulo, Wonosari, Gunungkidul.

Pada Etalase Taman Batu terdapat ratusan jenis bebatuan yang berasal dari kawasan Gunung Sewu UNESCO Global Geopark. Bebatuan itu berasal dari Gunungkidul, Wonogiri, Pacitan, hingga Kebumen.

2. Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Nglanggeran | Foto: Eksotisjogja.com
info gambar

Gunung Api Nglanggren adalah suatu gunung api purba yang terbentuk sekitar 0,6-70 juta tahun yang lalu, berlokasi di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, yang yang berada pada deretan Pegunungan Baturagung.

Saat ini Gunung api purba ini tersisa gunung berupa batuan yang sudah tidak aktif dengan ketinggian sekirat 700 mdpl. Goodmate yang berkunjung ke sini bisa melihat matahari terbit pada pagi hari dan sunset saat petang.

3. Gua Jomblang, Gua Pindul, Gua Kali Suci, dan Gua Cokro

Gua Pindul | Foto: Detik.com
info gambar

Gua tersebut masuk dalam area Geopark Gunung Sewu. Kegiatan wisata seperti caving dan tubing bisa dilakukan di sini. Namun, Goodmate wajib masuk gua dengan bantuan pemandu wisata demi menjamin keselamatan. Selain itu Goodmate juga bisa menikmati Pemandangan stalakmit dan stalaktit-nya juga sangat mempesona.

4. Pantai Baron, Pantia Kukup, dan Pantai Krakal

Mercusuar Pantai Baron | Foto: Nativeindonesia.com
info gambar

Pantai yang ada di Yogjakarta tersebut sering diabaikan. Seolah pantai tersebut kalah dengan ketenaran Pantai Parangtritis. Namun sebenarnya pantai-pantai tersebut juga memiliki berjuta keindahan dan keunikan salah satunya yaitu Goodmate dapat melihat keindahan Pantai Baron dari atas menara.

5. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk | Foto: Datawisata.com

Air Terjun ini memiliki beberapa keunikan, di antaranya memiliki 3 cabang aliran air. Saat debit airnya tinggi, bahkan bisa memiliki 5 cabang air terjun. Keunikan selanjutnya dari air terjun ini, air yang turun tidak langsung membentuk kolam, airnya langsung mengalir melalui bebatuan, kemudian langsung menuju Sungai Oyo.

Keberadaan Sungai Oyo yang menjadikan Wisata Air Terjun Sri Gethuk layaknya Verdon Gorge Canyon di Perancis. Sebuah sungai yang dikelilingi oleh tebing bebatuan kokoh, yang berpadu dengan warna air hijau Sungai Oyo yang tenang. Para pengunjung disediakan rakit khusus yang nyaman, menyusuri keindahan Sungai Oyo Gunung Kidul.

Geopark merupakan daerah wisata yang terbentang luas dan memiliki beberapa geosite atau objek wisata oleh karena itu wajar saja kalau Goodmates bingung di manakah letak geopark itu. Namun tenang saja Goodmates, ketika Goodmates telah mengunjungi salah satu geosite atau objek wisata yang berada dalam kawasan geopark maka Goodmates telah mengunjungi salah satu warisan dunia yang ada di Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO.

 

Referensi:Kemdikbud | Sampai JauhCNN Indonesia | Data Wisata | Native Indonesia | Tagar

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini