Hari Gini Masih Yakin Tidak Punya Bakat?

Hari Gini Masih Yakin Tidak Punya Bakat?
info gambar utama

GoodMates tentu sudah tidak asing lagi dengan kata 'bakat' bukan? Namun apakah GoodMates mengetahui, apa itu bakat? Apakah bakat hanya tentang seni dan olahraga? Yuk, baca artikel ini sampai tuntas ya biar kamu tahu apa bakatmu!

Ilustrasi orang memiliki bakat menggambar | Foto: Pixabay
info gambar

Pengertian Bakat

Bakat adalah suatu kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dimana kemampuan tersebut sudah melekat dalam dirinya dan dapat digunakan untuk hal-hal tertentu dengan lebih baik dibandingkan orang lain.

Bakat yang dimiliki setiap orang pasti berbeda-beda dan proses perkembangannya dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain:

a. Struktur motorik yang baik

b. Faktor pendidikan formal - non formal yang didapatkan

c. Faktor dukungan dari lingkungan sekitar terhadap bakat seseorang

d. Minat orang tersebut untuk mengasah bakatnya

Banyak orang beranggapan bahwa bakat dan minat merupakan dua hal yang sama. Padahal, keduanya merupakan hal yang berbeda loh GoodMates! Meskipun begitu, keduanya memiliki hubungan yang erat.

Bakat merupakan potensi bawaan yang dimiliki oleh seseorang. Sedangkan minat merupakan ketertarikan seseoang terhadap suatu bidang atau aktivitas. Sedangkan minat merupakan ketertarikan seseorang terhadap suatu bidang atau aktivitas. Bakat memerlukan minat agar lebih berkembang dan minat memerlukan bakat agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Beragam Jenis Bakat

a) Bakat Umum

Potensi dasar dalam diri seseorang yang sifatnya umum/mayoritas. Contoh: mampu berbicara, berpikir, bergerak, dan sebagainya.

b) Bakat Khusus

Potensi khusus yang hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu saja.

1. Verbal

Kemampuan khusus seseorang dalam verbal yang ditunjukkan dalam bentuk konsep atau kata. Biasanya, orang ini pandai berbicara.

2. Numerikal

Kemampuan seseorang di bidang bentuk angka atau matematika. Orang yang memiliki bakat khusus ini biasanya memiliki kepandaian berhitung dan cocok untuk GoodMates yang ingin berkarir menjadi matematikawan atau akuntan.

3. Skolastik

Kemampuan khusus dalam hal yang berhubungan dengan angka dan kata, seperti kemampuan berpikir, penalaran, menciptakan hipotesis, dll. Seseorang dengan bakat skolastik memiiki kemampuan nalar, pengurutan, kerangka berpikir sebab-akibat, serta memiliki pandangan hidup yang sifatnya rasional. Bakat ini umumnya dimiliki oleh seorang akuntan, ilmuwan, dan programer.

4. Abstrak

Kemampuan khusus dalam hal membuat pola, bentuk, atau posisi-posisinya. Orang dengan bakat ini cocok untuk menjadi seorang designer.

5. Mekanik

Kemampuan seseorang dalam bentuk prinsip umum IPA, alat-alat, atau lainnya. Jika GoodMates memiliki bakat ini, GoodMates dapat menjadi seorang peenliti atau pekerja dalam bidang otomotif.

Ilustrasi orang dengan bakat mekanik | Pixabay
info gambar

6. Relasi Ruang

Kemampuan khusus dalam hal mengenai atau menceritakan pola dua dimensi maupun berpikir dalam tiga dimensi. Jenis bakat ini biasanya dimiliki oleh seorang fotografer, artis, dan arsitek.

7. Ketelitian

Kemampuan khusus seseorang dalam hal tulis-menulis, meramu, dan di bidang laboratorium.

8. Bahasa

Kemampuan khusus seseorang dalam penalaran analisis bahasa. Biasanya seseorang yang memiliki bakat ini akan menjadi seorang ahli sastra.

Faktor yang Memengaruhi Perkembangan Bakat

Conny Semawa dan Utami Munandar menegaskan bahwa bakat masih memerlukan pendidikan dan latihan agar suatu kinerja dapat dilakukan pada masa yang akan datang.

Ilustrasi anak yang memaksimalkan potensi diri | Foto: Pixabay
Ilustrasi anak yang memaksimalkan potensi diri | Foto: Pixabay

Adapun sejumlah faktor yang mempengaruhi perkembangan bakat, di antaranya:

a. Minat dan motif berprestasi

b. Keberanian dalam mengambil resiko

c. Keuletan dalam menghadapi tantangan

d. Sarana dan prasarana

e. Pola asuh orang tua

f. Lingkungan tempat tinggal

Nah, sekarang GoodMates tentu sudah paham dan tahu dong apa bakat kalian?

Jika GoodMates hanya memiliki minat tanpa bakat khusus, maka GoodMates harus berusaha lebih keras lagi untuk terus mengasah potensinya ya!

 

Referensi: Homeschooling Talenta | Satu Radar

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini