Luis Milla ke Persib, Sepak Bola Indonesia Semakin Ramai oleh Pelatih Kelas Dunia

Luis Milla ke Persib, Sepak Bola Indonesia Semakin Ramai oleh Pelatih Kelas Dunia
info gambar utama

Bergabungnya Luis Milla dengan Persib Bandung sebagai pelatih membuat sepak bola Indonesia kini semakin ramai oleh pelatih kelas dunia. Kedatangan Luis Milla menyusul pelatih top lain untuk berkiprah di Indonesia.

Persib resmi memperkenalkan Luis Milla sebagai pelatih baru mereka di Graha Persib, Senin (22/8). Luis Milla dikontrak selama dua tahun untuk menggantikan Robert Rene Alberts yang hengkang beberapa waktu lalu.

Luis Milla bukan sosok asing di sepak bola Indonesia. Sebelum gabung Persib, pelatih asal Spanyol itu pernah melatih Timnas Indonesia pada 2017 hinga 2018. Meski masa kepelatihannya tidak berlangsung lama, keberadaannya di Timnas Indonesia sulit dilupakan suporter karena kemampuannya untuk menghadirkan gaya permainan yang apik.

"Ini sebuah kehormatan buat saya. Persib adalah klub sepakbola profesional yang memiliki visi dan misi mengembangkan tim secara jangka panjang, di mana hal tersebut sesuai dengan filosofi saya,” ujar Luis Milla seperti dilansir laman resmi Persib.

“Saya harus menjawab kepercayaan besar dari Persib dengan kerja keras dan membangun kerja sama tim yang solid dari semua lini. Tentu saja hal ini harus mendapatkan dukungan dari seluruh anggota tim, manajemen, fans, dan juga publik,” pungkasnya.

Kedatangan Luis Milla bukan hanya membawa angin segar bagi pendukung Persib, namun juga sepak bola Indonesia secara keseluruhan. Sebab, ini berarti sepak bola Indonesia semakin ramai oleh pelatih berkelas dunia.

Luis Milla dan Deretan Pelatih Berkelas Dunia

Luis Milla adalah pelatih berkelas dunia karena pengalaman dan prestasinya di kancah internasional. Tercatat, pria berusia 56 tahun itu pernah membawa timnas usia muda Spanyol menjadi runner-up Piala Eropa U-19 2010 dan Piala Eropa U-21 2011. Ia juga pernah melatih klub Liga Spanyol, Getafe dan Real Zaragoza.

Di Indonesia, ada pelatih lain dengan pengalaman ciamik seperti Luis Milla yang juga berkiprah di Liga 1. Rival Persib, yakni Persija punya Thomas Doll sebagai pelatihnya. Thomas Doll yang direkrut Persija untuk melatih mulai musim 2022-2023 punya pengalaman membesut sejumlah klub top Jerman.

Beberapa klub top yang pernah dilatih Thomas Doll di antaranya Hamburger SV, Borussia Dortmund, dan Hannover 96 yang seluruhnya adalah kontestan Liga Jerman. Sebelum ke Persija, ia melatih klub Siprus, APOEL Nicosia.

Selain Thomas Doll, ada pula Bernardo Tavares di PSM Makassar. Tavares pernah bekerja untuk klub-klub top Portugal mulai dari Benfica, Porto, dan Sporting CP.

Jangan lupakan juga pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Ia sebelumnya adalah pelatih Timnas Korea Selatan yang mendampingi tim di ajang Piala Dunia. Salah satu bukti kualitasnya yang berkelas dunia adalah keberhasilan membawa Korsel mengalahkan Jerman 0-2 di ajang Piala Dunia 2018.



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini