Istilah yang Wajib Kamu Ketahui Saat Pertama Kali Bekerja! Apa Aja Sih?

Istilah yang Wajib Kamu Ketahui Saat Pertama Kali Bekerja! Apa Aja Sih?
info gambar utama

Memasuki dunia kerja yang sesungguhnya tentu menjadi sebuah pengalaman yang mendebarkan bagi para fresh graduate atau mereka yang sama sekali belum pernah bekerja.

Nggak cuma sekedar memiliki latar belakang pendidikan dan keahlian dasar unruk dijadikan pegangan dalam memulai petualanganmu di dunia kerja sesungguhnya, kamu juga wajib untuk tau beragam macam istilah yang biasa digunakan di suatu perusahaan.

Ada beberapa istilah nihGoodmates, yang perlu kamu ketahui saat memasuki dunia kerja professional. Pahami dan jangan sampai salah mengartikannya, ya!

1. Curriculum Vitae & Resume, Apa Bedanya?

Ilustrasi curriculum vitae & resume
Ilustrasi curriculum vitae & resume | Pexels.com/Cottonbro

Meski sekilas terlihat sama, tetapi istilah keduanya punya arti yang berbeda. Curriculum Vitae atau CV biasanya berisi informasi pribadi lebih rinci seperti data diri, latar belakang pendidikan hingga pengalaman bekerja dan pencapaian apa yang pernah didapat.

Sementara Resume adalah CV dengan format lebih ringkas yang berisi informasi pribadi beserta pengalaman kerja ataupun pengalaman organisasi yang pernah diikuti, juga disertai penjelasan mengenai tujuan karir kamu di suatu perusahaan. Resume biasanya bersifat fleksibel dan lebih kasual dibandingkan CV. Jadi, jangan sampai salah memahami, ya!

2. Probation

Ilustrasi probation
Ilustrasi probation | Pexels.com/RODNAEProductions

Probation atau masa percobaan adalah waktu uji coba untuk karyawan baru beradaptasi terhadap pekerjaan dan lingkungan kantor. Biasanya masa percobaan ini berlangsung selama 3 bulan, 6 bulan, atau bahkan 1 tahun, tergantung kebijakan masing-masing perusahaan. Jika kinerjamu dirasa sesuai standarisasi dan ekspektasi atasan, besar kemungkinan masa probation itu akan berakhir dan posisimu naik level ke jenjang selanjutnya.

Pastikan pada saat probation untuk selalu tunjukkan performa terbaikmu ya, Goodmates. Buktikan jika kamu punya potensi besar untuk jadi bagian penting suatu perusahaan.

3. Standard Operational Procedures (SOP)

Ilustrasi standard operational procedures
Ilustrasi standard operational procedures | Pexels.com/BurhanNaeem

SOP merupakan peraturan tertulis atau prosedur standar operasional yang wajib diikuti setiap karyawan dalam suatu perusahaan. SOP juga seringkali menjadi patokan standarisasi yang harus dipahami untuk kedisiplinan para pekerja. Selain itu, penerapan SOP dalam bidang professional diharapkan mampu menciptakan konsistensi dalam bekerja dan kualitas pekerjaan yang dihasilkan.

4. Minutes of Meeting (MoM)

Ilustrasi minutes of meeting
Ilustrasi minutes of meeting | Pexels.com/ArtemPodrez

Penggunaan istilah ini biasanya mengarah pada catatan yang dilakukan selama berjalannya rapat. MoM biasanya berisi keseluruhan berita acara saat meeting seperti para anggota yang hadir, pembahasan yang diulas, serta kesimpulan hasil rapat.

MoM ini juga berfungsi sebagai catatan resmi yang bersifat dokumentasi untuk para anggota yang datang maupun yang berhalangan hadir. Yang harus diingat, poin-poin yang dicatat dalam MoM sebaiknya harus akurat dan terperinci.

5. Key Performance Indicators (KPI)

Ilustrasi key performance indicators
info gambar

KPI bisa dibilang tolak ukur atau indikator yang menentukan penilaian seorang karyawan berdasarkan tugas-tugas yang telah dikerjakan. Performa para pekerja bisa dinilai sejauh mana ia bisa mencapai target dan sesuai atas apa yang diberikan atasan. Jika KPI-mu sudah sesuai atau bahkan bisa mencapai di atas standarisasi perusahaan, siap-siap saja kamu bisa mendapatkan promosi dan naik jabatan loh, Goodmates!

Selain beberapa istilah tadi, masih banyak istilah lainnya dalam dunia kerja yang harus kamu pahami loh, Goodmates. Semoga ini bisa membantu kamu dalam dunia kerja ya!

Untuk tau lebih banyak seputar informasi lowongan pekerjaan ter-update, kamu bisa cek Instagram @workerspediadan channel Youtube Workerspedia. Disana kamu akan menemukan informasi seputar dunia kerja yang sangat bermanfaat.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini